1. Lifestyle
  2. Yuk Simak! Ini Tips Ciptakan Healthy Relationship dengan Pasangan
Lifestyle

Yuk Simak! Ini Tips Ciptakan Healthy Relationship dengan Pasangan

Yuk Simak! Ini Tips Ciptakan Healthy Relationship dengan Pasangan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Healthy relationship tidak melulu terlihat sama bagi setiap pasangan, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Singkatnya, healthy relationship adalah istilah yang luas karena apa yang membuat suatu hubungan bisa berkembang, bergantung pada kebutuhan orang-orang yang menjalaninya.

Seorang terapis di Berkeley, California, Lindsey Antin mengungkapkan bahwa satu hal yang dimiliki oleh hubungan yang sehat adalah kemampuan beradaptasi dengan keadaan dan fakta bahwa kita selalu berubah dan melalui fase berbeda dalam hidup.

Meski begitu, healthy relationship juga terkadang membutuhkan sedikit usaha ekstra. Melansir Healthshots, berikut ini beberapa tips untuk memastikan segala sesuatunya tetap pada jalur yang benar.

Komunikasi Terbuka

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Healthy relationship biasanya akan membicarakan hal-hal yang terjadi dalam hidup mereka, seperti kesuksesan, kegagalan, dan segala sesuatu yang terjadi di antara mereka. Seseorang harus memiliki rasa nyaman membicarakan masalah apa pun yang dialami dengan pasangan mereka.

Sekalipun memiliki pendapat berbeda, pasangan yang baik biasanya akan mendengarkan tanpa menghakimi dan kemudian membagikan sudut pandang mereka.

Rasa Percaya

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Kepercayaan melibatkan kejujuran dan integritas, hubungan yang sehat tidak akan menyimpan rahasia satu sama lain. Hingga saat sedang tidak bersama, tidak perlu memiliki rasa khawatir yang berlebih.

Namun, kepercayaan lebih dari sekadar meyakini bahwa mereka tidak akan menipu atau berbohong di belakang. Hal ini juga berarti bahwa pasangan memiliki rasa aman dan nyaman bersama dan tahu bahwa pasangan tidak akan menyakini secara fisik mau pun emosional.

Follow our
media updates!

Individualitas

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Hubungan yang sehat digambarkan sebagai hubungan yang saling bergantung. Saling ketergantungan berarti pasangan mengandalkan satu sama lain untuk saling mendukung namun tetap mempertahankan identitas sebagai individu yang unik.

Dengan kata lain, pasangan akan mengetahui bahwa dirinya akan  mendapatkan persetujuan dan cinta dari pasangan, namun harga diri tidak bergantung pada mereka.

Kerja Sama

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Hubungan yang sehat dapat dianggap sebagai sebuah tim. Setiap pasangan akan bekerja sama dan saling mendukung satu sama lain, bahkan ketika sedang tidak sependapat atau memiliki tujuan yang tidak persis sama.

Resolusi Konflik

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Bahkan dalam hubungan yang sehat, seseorang kadang-kadang akan mengalami perselisihan dan merasa frustrasi atau marah satu sama lain dari waktu ke waktu. Hal tersebut sangatlah wajar terjadi, namun bukan berarti hubungan tidak sehat.

Yang penting adalah bagaimana seseorang mengatasi konflik. Jika terdapat membicarakan perbedaan dengan sopan, jujur, dan penuh hormat, maka berada di dalam hubungan yang benar.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel