1. Entertainment
  2. Yuk Disimak! Cara Olah dan Hilangkan Amis Daging Kurban Ala Nicky Tirta
Entertainment

Yuk Disimak! Cara Olah dan Hilangkan Amis Daging Kurban Ala Nicky Tirta

Yuk Disimak! Cara Olah dan Hilangkan Amis Daging Kurban Ala Nicky Tirta

Nicky Tirta. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Saat Hari Raya Idul Adha, biasanya masyarakat akan mendapatkan daging kambingg atau sapi hasil dari hewan kurban yang disembelih.

Biasanya daging kurban yang didapat diolah dengan cara dibakar atau disate, dibuat menjadi rendang, gulai, dendeng, atau tongseng.

Namun, Nicky Tirta memiliki cara yang berbeda dalam megolah daging kurban. Aktor yang kini juga merupakan seorang chef itu mengolah daging kurban menjadi bakso.

“Kalau aku biasanya aku giling, dijadiin bakso. Ya memang agak sedikit ribet sih, tapi bakso sendiri kalo udah mateng bisa di-frozen (dibekukan),” tutur Nicky Tirta saat ditemui media di kawasan Jakarta Pusat, pada Selasa (27/6/2023).

Selain mengolah daging kurban berbeda dari yang biasanya, Nicky Tirta juga membeberkan cara jitu untuk menghilangkan amis pada daging, terutama pada daging kambing yaitu dengan menyampurkan parutan nanas muda pada daging.

Tidak hanya menghilangkan amis, Nicky Tirta menyebut bahwa parutan nanas muda dapat membuat daging menjadi lebih cepat empuk saat diolah.

“Untuk ngempukin dan hilangin amis bisa pakai parutan nanas muda. Yang enggak terlalu muda juga masih bisa sih, karena dia mengandung enzim yang bisa membuat mengurai serat jadi lebih empuk plus bisa kurangin aromanya amisnya,” ungkap Nicky Tirta.

“Itu utamanya untuk hilangin kambing ya, kalau sapi enggak begitu terlalu,” sambungnya.

Lebih lanjut Nicky Tirta juga menambahkan cara penyimpanan daging kurban yang tidak bisa dilakukan sembarangan.

Untuk lebih higienis, Nicky Tirta menyarankan daging kurban tidak disimpan secara bersamaan dengan beberapa item lainnya yang bisa merusak aroma. Menyimpan daging kurban dengan item lain juga bisa sebabkan bakteri menempel.

Usahakan untuk memisahkan antara daging kurban dengan sayuran dan buah. Ia juga menyarankan untuk menutup daging kurban dengan plastik wrap agar tetap higienis.

“Penyimpanannya juga harus higienis, kalau bisa tidak dijadikan satu dengan beberapa item lain yang mungkin merusak aroma atau mungkin bisa terkena bakteri yang merusak. Kalau aku di kulkas aku wrap dulu, terus aku pisahin tuh antara daging dengan sayuran atau buah,” kata Nicky Tirta.

Tidak hanya itu, untuk daging kurban yang akan dimasak dalam waktu yang lama diusahakan untuk meletakkannya pada freezer khusus daging. Namun, jika daging akan dimasak esok hari, bisa diletakkan di freezer biasa.

“Kalau masaknya masih lama pasti di freezer yang emang khusus daging.  Kalau untuk kebutuhan rumah tangga kalau besoknya mau langsung dimasak, mungkin bisa ditaruh di freezer biasa. Kalau kira-kira buat dipotong sore gitu biasa gak apa-apa, cuma di wrap dulu kalau aku,” tandas Nicky Tirta.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel