Ladiestory.id - Menyambut tingginya antusiasme masyarakat Indonesia, terutama umat Muslim dalam menjalankan bulan Ramadan pertama usai pandemi, Reckitt Indonesia melalui merek Dettol mengajak partisipasi masyarakat dalam kampanye
Keluarga Sehat, Indonesia Kuat.
Bertempat di kantor Dewan Masjid Indonesia (DMI), peluncuran kampanye ini menghadirkan Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum DMI, dan dr. Muhammad Adib Khumaidi, SpOT, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).
Melalui kampanye ini, Dettol menekankan pentingnya kebiasaan sederhana yaitu cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum berwudu dalam masjid untuk kebersihan dan kesucian diri sekaligus terhindar dari penularan bakteri, kuman, dan virus
yang mengancam.
Pada saat bulan Ramadan, khususnya usai pandemi, masjid tidak hanya akan menjadi tempat ibadah tetapi juga tempat berinteraksi umat Muslim selama satu bulan penuh, mulai dari ibadah sholat subuh hingga itikaf di malam hari.
Dari kegiatan dan interaksi tersebut, banyak momentum yang berpotensi menyebarkan virus dan kuman, seperti buka puasa bersama, bersilaturahmi, hingga beribadah di masjid.
Melalui pandemi COVID-19 kita belajar bahwa kebiasaan cuci tangan pakai sabun sebelum melakukan kegiatan dapat secara efektif memutus rantai penyebaran kuman.
Data Center for Disease Control (CDC) menyebutkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah berbagai penyakit seperti diare, tipes bahkan E-Coli hingga menyebarkan infeksi kuman atau bakteri kepada orang lain. Karenanya, kebiasan baik ini perlu dilakukan secara konsisten, termasuk saat sebelum wudu.
“Masyarakat Indonesia sangat menanti-nantikan momentum kembali ke masjid saat bulan puasa pertama usai pandemi berakhir, bertemu sesama jemaah untuk beribadah, menyantap buka puasa bersama, dan bercengkerama dengan satu sama lain. Di bulan baik ini, kita tentu ingin berbagi kebaikan, bukan bakteri, kuman, dan virus. Oleh karena itu, kami menginisiasi Keluarga Sehat Indonesia Kuat, untuk mengedukasi masyarakat tentang praktik kebersihan diri sederhana yang dapat mereka lakukan seraya beribadah. Dengan kebersihan diri yang lengkap, Dettol berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan jarang sakit,” ungkap Marketing Director, Rahul Bibhuti pada acara.
Rahul juga menjabarkan Keluarga Sehat, Indonesia Kuat berfokus pada perilaku kebersihan diri manusia yang berinteraksi dan berkegiatan di tempat ibadah, karena mulai dari keluarga yang sehat, dapat mewujudkan Indonesia yang kuat.
“Di dalam agama kita, kebersihan itu nomor satu. Sebelum solat, kita wudu. Wudu pada dasarnya adalah kebersihan dan kebersihan adalah bagian daripada iman. Di acara Keluarga Sehat Indonesia Kuat, yang diupayakan adalah adalah bagaimana kebersihan itu selalu menjadi tatanan hidup, kebutuhan pokok kita semuanya. Kita juga sudah memulai membantu masjid menjaga kebersihan memasuki bulan Ramadan, tidak hanya bersih tampak mata tapi juga bersih dari bakteri," ujar Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, dalam pembukaannya.
"Dettol juga membantu menyediakan hal ini, agar saat masuk masjid, masjidnya bersih, jemaahnya bersih. Itulah tujuan kita semua. Mudah-mudahan pada Ramadan ini, hati bersih, badan bersih, masjid bersih, pikiran bersih. Insya Allah kita akan mendapatkan ibadah yang baik dengan seperti itu," sambungnya.