1. Beauty
  2. Wajib Coba! Ini 5 Vitamin Penting Untuk Pertumbuhan Rambut
Beauty

Wajib Coba! Ini 5 Vitamin Penting Untuk Pertumbuhan Rambut

Wajib Coba! Ini 5 Vitamin Penting Untuk Pertumbuhan Rambut

Ilustrasi Rambut Sehat. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Rambut rontok merupakan salah satu permasalahan yang paling banyak dialami oleh perempuan. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor genetika, ketidakseimbangan hormon, stres, dan kekurangan nutrisi. 

Di antara faktor-faktor tersebut, kekurangan vitamin sangat berperan penting dalam kerontokan rambut, termasuk pertumbuhan sel. Asupan vitamin yang seimbang dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Selain menggunakan sampo dan kondisioner yang tepat, fokuslah pada vitamin untuk pertumbuhan rambut. Namun, perlu diketahui, terlalu banyak mengonsumsi vitamin juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Melansir Healthshots, disebutkan bahwa semua jenis vitamin penting untuk kesehatan. Berikut ini beberapa jenis vitamin yang dapat membantu mengatasi masalah kerontokan pada rambut.

Vitamin A

Ilustrasi Vitamin A. (Canva)

 

Vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel, penglihatan, dan fungsi kekebalan tubuh, tetapi kelebihan vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok. 

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, perempuan berusia 19 hingga 64 tahun membutuhkan 600 mikrogram vitamin A dalam sehari. Untuk itu, ikuti jumlah yang disarankan untuk kondisi rambut yang sehat.

Vitamin C

Vitamin C. (Canva)

 

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dan mineral yang berperan penting untuk kesehatan rambut. Kekurangan zat besi atau anemia, dapat menyebabkan rambut rontok. Asupan vitamin C yang diperoleh melalui buah jeruk dan tomat, dipercaya mampu membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menurut Harvard Health Publishing, suplemen vitamin C dapat membantu seseorang yang mengalami kerontokan rambut serta kekurangan zat besi.

Vitamin D

Vitamin D. (Canva)

 

Kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan kerontokan rambut. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology, disebutkan bahwa kadar vitamin D yang rendah ditemukan terkait dengan kerontokan rambut pada wanita.

Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin B3. (Canva)

 

Vitamin B3 berperan sebagai koenzim dalam banyak reaksi metabolisme, dan kekurangannya dapat menyebabkan sirkulasi kulit kepala yang buruk, sehingga memengaruhi pertumbuhan rambut. Menurut NHS, perempuan membutuhkan 13,2 mg vitamin B3 sehari.

Biotin

Biotin. (Freepik.com)

 

Biotin sangat berperan penting untuk produksi keratin, yang merupakan protein utama pada rambut. Kekurangan biotin, baik karena gen atau didapat, dapat menyebabkan rambut rontok parah, dan suplementasi dapat membantu pertumbuhan rambut.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Skin Appendage Disorders, bagi orang yang kekurangan biotin, mengonsumsi suplemen tersebut dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel