1. Beauty
  2. Wajahmu Muncul Kerutan? Setop 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Penuaan Dini Ini, Yuk!
Beauty

Wajahmu Muncul Kerutan? Setop 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Penuaan Dini Ini, Yuk!

Wajahmu Muncul Kerutan? Setop 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Penuaan Dini Ini, Yuk!

Siapa sih, Ladies, wanita yang ingin memiliki wajah dengan tanda penuaan dini yang muncul di sana-sini padahal usia masih 20-an? Hampir semua wanita sepertinya enggan dan memilih untuk merawat kulitnya agar tetap terlihat awet muda di usia berapa pun, meski harus merogoh kocek lebih dalam. Masalahnya, segala upaya dalam merawat kesehatan dan kecantikan wajah dengan harga termahal pun akan percuma, jika kamu masih saja melakukan 5 kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penuaan dini ini. Lantas, apa saja sih kebiasaan buruk yang mestinya kita hindari? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Terlalu sering marah, sedih, dan berpikir negatif

Terlalu sering marah, sedih, dan berpikir negatif
sumber: freepik.com

 

Ternyata, penuaan dini bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk kita yang mudah marah lho, Ladies. Selain itu, terlalu sering bersedih juga bisa membuat otot wajah menjadi kendur ditambah pikiran negatif yang kerap membuat kita sulit untuk merasa bahagia. Padahal, perasaan bahagia bisa membuat wajah kita tampak lebih muda dan membuat kita lebih sedikit berisiko terkena penyakit jantung, nyeri sendi dan otot, serta tekanan darah tinggi. Rasa marah, sedih, dan pikiran negatif akan mempercepat proses penuaan dini di wajahmu. Sebab, ketika kamu marah, otot-otot di sekitar wajah akan menegang, lalu ketika kamu bersedih, otot-otot yang tadinya menegang itu akan berubah menjadi kendur, mengikuti pola dalam gerakan wajahmu.

2. Aktif merokok dan terlalu sering minum alkohol

Aktif merokok dan minum alkohol
sumber: freepik

 

Seperti yang dilansir dari laman American Fitness Professionals Association (AFPA), kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penuaan dini berikutnya adalah merokok dan minum alkohol. Ketika merokok, kita kerap mengembang kempiskan mulut dan pipi, sehingga muncullah garis-garis halus di sekitar mulut. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Merokok juga bisa mengurangi produksi oksigen yang dibutuhkan kulit. Padahal, agar kulit terlihat sehat dibutuhkan hidrasi, kolagen, dan elastin yang cukup, serta kadar oksigen yang tepat. Begitupula jika kita terlalu sering minum alkohol. Alkohol bisa menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal, serta memperburuk tegangan otot, dan bisa mengacaukan pembuluh darah. Ngeri banget ya, Ladies!

3. Berada di bawah sinar matahari langsung tanpa sunscreen atau tinggal di daerah yang terlalu dingin dan lembap

Berada di bawah sinar ultraviolet
sumber: freepik.com

 

Penyebab utama munculnya tanda penuaan dini adalah terlalu sering berada di bawah sinar matahari langsung tanpa menggunakan sunscreen atau tabir surya. Tanpa kita sadari, sinar ultraviolet (UV) dapat membuat kerusakan permanen pada kulit kita, jika kita berada di bawah matahari langsung selama lebih dari 20 menit lho, Ladies. Biasanya, tanda penuaan dini yang muncul akibat sinar UV ini adalah bintik-bintik penuaan dan warna kulit yang tidak merata. Sedangkan, jika kamu terlalu lama tinggal di daerah yang memiliki suhu dingin yang lebih sering, kamu juga akan mendapat dampak yang sama, yaitu munculnya tanda penuaan pada wajah. Bedanya, suhu dingin bisa membuat kulitmu kering, dehidrasi, mulai menipis, dan muncul kerutan.

4. Diet memaksa diri menjadi lebih kurus, atau terlalu banyak makan hingga tubuh jadi gemuk

Diet tidak seimbang
sumber: freepik.com

 

Diet yang menjadikan tubuh tak lagi seimbang juga bisa menjadi kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penuaan dini lho, Ladies. Sebab, menjadi terlalu kurus akan mengurangi lemak alami pada wajah, sehingga akan membuat wajahmu kurang berisi dan kulit wajah akan terkesan kendur. Begitu pula sebaliknya, jika kamu memiliki tubuh yang terlalu gemuk, kamu juga akan mendapatkan tanda penuaan dini yang muncul tiba-tiba. Karena, orang yang kelebihan berat badan cenderung tidak aktif bergerak. Sehingga akan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan kronis dan memengaruhi siklus penuaan yang terus berlanjut.

5. Jarang berolahraga dan cenderung mudah stres

Jarang berolahraga dan mudah stres
sumber: freepik.com

 

Tentunya kita tahu, bahwa berolahraga dapat membuat otot-otot di tubuh kita akan menjadi lebih kencang, prima, dan terjaga. Hal itu pastinya berpengaruh terhadap elastisitas dan kesehatan kulit. Jadi, kurang berolahraga akan menyebabkan kulit menjadi kendur dan tidak kencang lagi. Selain itu penyebab penuaan dini yang juga paling utama adalah stres. Keadaan stres akan memicu tumbuhnya kerutan di wajah. Sebab, ketika stres melanda, tak hanya pikiran kita saja yang diserang, tetapi juga kesehatan fisik. Terlalu sering terserang stres juga bisa membuatmu rentan terkena penyakit lho, Ladies!

Kita pasti bisa menjauhkan diri dari segala kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penuaan dini seperti penjelasan di atas. Hindarilah dengan hati yang ikhlas dan pikiran yang tenang ya, Ladies.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel