1. Lifestyle
  2. Universitas Indonesia dan Danone-AQUA Ajak Mahasiswa Bijak Seleksi Produk Konsumsi
Lifestyle

Universitas Indonesia dan Danone-AQUA Ajak Mahasiswa Bijak Seleksi Produk Konsumsi

Universitas Indonesia dan Danone-AQUA Ajak Mahasiswa Bijak Seleksi Produk Konsumsi

Danone-AQUA x Universitas Indonesia - Voice of Youth. (Special)

Ladiestory.id - Pandemi menjadikan pola konsumsi masyarakat mengalami perubahan, di mana masyarakat kini lebih cenderung mengikuti tren kesadaran konsumsi (conscious consumption) dengan konsumen yang tidak hanya memperhatikan nilai ekonomis dan fungsi dari produk yang dikonsumsi, tetapi juga dampak dari produk tersebut baik terhadap lingkungan, kesehatan, maupun sosial.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Danone-AQUA dan BEM UI menginisiasi kesadaran masyarakat terkhusus mahasiswa untuk menyadari pentingnya membangun kebiasaan consious consumption dalam mendukung target pembangunan berkelanjutan pada isu lingkungan, sosial, ekonomi, dan juga kesehatan.

Danone-AQUA x Universitas Indonesia - Voice of Youth. (Special)

Andhyta Firselly Utami  (Afutami) selaku Pakar Ekonomi Lingkungan serta pendiri Lembaga Think Policy menyampaikan bahwa saat ini tren consious consumption semakin meningkat di antara masyarakat seiring dengan meluasnya kesadaran tentang dampak konsumsi mereka terhadap lingkungan dan kesehatan.

“Khususnya di antara orang muda, sebagai generasi yang melek digital dan terpapar terhadap lebih banyak informasi melalui media sosial. Mereka adalah populasi terbesar dalam menerapkan kesadaran konsumsi di kehidupan sehari-hari, dan ternyata terbukti salah satunya lewat hasil voting yang dipaparkan tadi,” kata Afutami.

“Tentunya ini perlu didorong agar terus berkelanjutan, demi membawa manfaat positif dalam jangka panjang,” sambungnya.

Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, menjelaskan bahwa, kesadaran untuk memilih produk yang berkontribusi positif pada berbagai aspek kehidupan, mulai dari lingkungan hingga sosial, menjadi faktor yang penting bagi masyarakat dan generasi muda saat ini dalam mengambil keputusan, yang sekaligus menjadi salah satu penggerak utama tren conscious consumption

“Kami menyadari bahwa kebutuhan serta gaya hidup masyarakat terus berubah dan hal tersebut tentu memiliki dampak terhadap lingkungan maupun sosial. Oleh karena itu, kami yakin bahwa dengan mengadopsi gaya hidup conscious consumption terutama dimulai dari kalangan muda, kita dapat memberikan dampak yang lebih positif bagi berbagai pihak,” ujar Arif Mujahidin.

Danone-AQUA x Universitas Indonesia - Voice of Youth. (Special)

Sejalan dengan hal tersebut, Amelita Lusia selaku Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI menyampaikan bahwa kolaborasi bersama AQUA menjadi bagian dari komitmen UI untuk ikut aktif mendukung upaya pelestarian lingkungan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Dukungan aktif dari mitra kami seperti Danone-AQUA ini memperkuat pesan yang disampaikan dalam sesi diskusi hari ini, yakni tentang cara generasi muda berpotensi menjadi garda terdepan dalam memastikan keberlanjutan atas upaya pelestarian lingkungan, ketahanan sosial, dan jugakesehatan publik,” tutur Amelita.

“Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa mendapat pembelajaran serta perspektif baru dalam menyikapi semangat keberlanjutan,” pungkasnya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel