1. Fashion
  2. UNIQLO Menggandeng Doraemon Sebagai Sustainability Mode
Fashion

UNIQLO Menggandeng Doraemon Sebagai Sustainability Mode

UNIQLO Menggandeng Doraemon Sebagai Sustainability Mode

Uniqlo dan Doraemon kembali berkolaborasi. Kali ini bukan dalam bentuk koleksi kaus seperti sebelumnya, untuk sebuah tujuan baik demi menjaga kelestarian lingkungan. Doraemon secara resmi menjadi duta global untuk kampanye sustainability milik Uniqlo. Merek fashion asal Jepang ini mengumumkan kemitraan baru tersebut dalam sebuah acara virtual di Tokyo, JepangKoji Yanai, Group Senior Executive Officer Fast Retailing, mengatakan sudah hampir 20 tahun Uniqlo melakukan banyak inisiatif terkait keseimbangan ekologi (sustainability). Upaya tersebut akan terus berlanjut dengan membawa pesan 'Mengubah masa depan kita melalui kekuatan pakaian'.

Bersama dengan Doraemon, Uniqlo pun mengubah warna logonya yang selama ini merah menjadi hijau. Warna itu menjadi logo lain dari label peritel pakaian asal Jepang. Lewat logo itu, Uniqlo ingin menggarisbawahi tekad perusahaan untuk mempercepat upaya demi keseimbangan ekologi. Salah satunya dengan menyediakan pakaian berbahan ramah lingkungan. 

Untuk menyampaikan pesan tersebut ke khalayak, Uniqlo menggandeng Doraemon, karakter manga Jepang yang eksis sejak 50 tahun lalu dan telah mendunia. "Diharapkan, Doraemon bisa membawa pesan ini secara lintas generasi," katanya. Sebagai Global Sustainability Ambassador Uniqlo, Doraemon akan membantu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi dunia dengan membawakan brand sustainability initiatives dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dimengerti. Doraemon Sustainability Mode akan ditampilkan di gerai Uniqlo di seluruh dunia, situs web, dan saluran lainnya.

Haruka Ayase, artis Jepang yang ditunjuk menjadi LifeWear Special Ambassador, menyambut baik inisiatif tersebut. Ia mengaku senang bisa terlibat dalam upaya keberlanjutan Uniqlo, termasuk berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan Uniqlo untuk siswa SD, SMP, dan SMA di Jepang dalam kegiatan sustainability pertama.

Tahun lalu, Uniqlo telah meluncurkan program Re.Uniqlo yang bertujuan mendaur ulang pakaian bekas. Upaya lain adalah memproduksi jeans dengan menggunakan air seminimal mungkin. Selain Doraemon, kampanye ini juga melibatkan Haruka Ayase sebagai LifeWear Special Ambassador dan Global Ambassador lainnya seperti petenis Roger Federer, Kei Nishikori, Shingo Kunieda, Gordon Reid, Ayumu Hirano, dan Adam Scott.

Lewat kegiatan ini, Uniqlo tampaknya juga tengah berusaha menghilangkan citra buruknya sebagai pelaku industri fast fashion. Sudah bukan rahasia lagi, sektor fashion menjadi salah satu penyumbang limbah terbesar di dunia dan sebagian besar dari industri fast fashion yang memproduksi barang fashion secara massal.

Sumber Foto Utama: uniqlo.com

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel