1. Fashion
  2. Unik dan Spektakuler, 7 National Costume Terbaik di Miss Grand International 2023
Fashion

Unik dan Spektakuler, 7 National Costume Terbaik di Miss Grand International 2023

Unik dan Spektakuler, 7 National Costume Terbaik di Miss Grand International 2023

National Costume Miss Grand International 2023. (Special)

Ladiestory.id - Kompetisi national costume dalam ajang pemilihan Miss Grand International 2023 telah usai, acara berjalan dengan lancar dan spektakuler dipenuhi decak kagum penonton yang hadir pada pagelaran national costume competition pada Jumat (20/10/2023) di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam. 

Dalam edisi ke-11 Miss Grand International 2023 ini diikuti sebanyak 69 kontestan menampilkan desain dan kostum unik dari negaranya masing-masing, tak hanya unik dan spektakuler 7 national costume terbaik di Miss Grand International 2023 ini memiliki philosopi yang penuh makna, berikut diantaranya.

Vietnam – Rising Dragon

Vietnam – Rising Dragon. (Instagram.com/missgrandvnofficial)

 

National costume terbaik pertama datang dari tuan rumah, Vietnam yang diwakili oleh Le Hoang Phuong. Sang tuan rumah tampil memukau disesi terakhir sesuai dengan urutan abjad dari negara yang dipanggil. Kostum unik berwarna merah dan berukuran sangat besar ini sukses mencuri perhatian dan berhasil masuk dalam Top 5 Best National Costume via voting bahkan berhasil keluar sebagai juaranya.

Kostum ini terinspirasi dari kisah dongeng dan legenda anak-anak. Selain itu, naga juga disimbolkan sebagai kekuatan, wibawa, iman dan harapan bagi kebahagiaan dan kemakmuran negara. Kostum ini juga menghadirkan Ao dai yakni kostum tradisional dari negara Vietnam sebagai simbol kebanggaan, solidaritas, serta bentuk cinta damai masyarakat Vietnam, selain itu kostum ini juga sebagai bentuk dalam menghormati wanita Vietnam yang dikenal kuat, tangguh serta tidak mudah gentar.

Cambodia – Cyclo

Cambodia – Cyclo. (Facebook.com/Miss Grand International)

 

Miss Grand Cambodia 2023, Phoem Sreynor tampil menggagumkan menggunakan national costume bertema kendaraan tardisional asal negaranya yang bernama “Cyclo”. Kostum ini mengingatkan kembali para generasi muda untuk tidak meninggalkan kendaraan ikonik di negaranya terlepas banyaknya industri kendaraan modern yang berkembang. “Cyclo” sendiri merupakan kendaraan ikonik yang sudah ada sejak tahun 1933 di Cambodia bahkan kendaraan ini paling banyak diminati dan digunakan untuk berkeliling kota. Uniknya national costume ini juga didesain dengan tampilan warna bendera dari negara Cambodia dan seni kontemporer yang membuat kostum ini terlihat lebih semarak dan indah.

Ecuador – Goddess of Fertility

Ecuador – Goddess of Fertility. (Facebook.com/Miss Grand International)

 

Penampilan spektakuler dan meriah dibawakan oleh Miss Grand Ecuador 2023 yakni Andrea Ojeda Fernandez dengan national costume bertajuk “Goddess of Fertility”. Penampilannya sukses membuat takjub para penonton yang hadir di stadium,pernak-pernik dan  warna-warni dari kostum ini pun sukses mencuri perhatian. Jumlah warna-warni yang dihadirkan dalam kostum ini merupakan mosaik artistik yang mewakili keragaman, kegembiraan dan vitalitas dari tanah dan rakyatnya, serta melambangkan sklus kehidupan dan kelimpahan yang Tuhan berikan. Fyi, national costume ini pun berhasil masuk dalam Top 10 National Costume dari pilihan juri, lho.

Indonesia – MATAHARI “Goddes of The Sun”

Indonesia – MATAHARI “Goddes of The Sun”. (Instagram.com/yayasanduniamegabintang)

 

Wakil Indonesia, Ritassya Wellgreat juga sukses mencuri perhatian dan atensi dari banyaknya penonton dan pageant lovers yang menyaksikan kompetisi national costume ini. Membawakan national costume bernuansa serba gold yang bertajuk MATAHARI “Goddes of The Sun”, Ritassya tampil memesona dan menawan dalam balutan busana karya desainer tanah air yang sudah go international yakni Rinaldi Yunardi. National costume ini merepresentasikan tentang wujud antar budaya manusi dan dunia sebagai pengingat dalam diri seseorang untuk merayakan kekuatan alam semesta.

Matahari sebagai pusat tata surya melambangkan kehangatan dan cahaya namun juga kehidupan, energi serta interaksi mendalam antara manusia, roh dan alamnya. Sementara itu, national costume Indonesia ini berhasil masuk dalam Top 10 Best National Costume via vote.

Thailand – Golden Garuda

Thailand – Golden Garuda. (Facebook.com/Miss Grand International)

 

Salah satu kostum epik dan spektakuler juga berhasil ditampilkan oleh perwakilan dari Thailand yakni Thaweepon Phingchamrat dengan membawakan national costume bertajuk “Golden Garuda”. Garuda menjadi simbol yang dikenal di negara Thailand, hal ini pun mewakili royalti dan pemerintahan Thailand yang begitu dihormati. Tak hanya itu kostum ini juga terinspirasi dari The Bronze Garuda Statue yang berada di Phra Kaew salah satu tempat wisata paling terkenal di Bangkok, uniknya sayap dari kostum ini dapat digerakkan secara otomatis sebagai wujud kekuatan abadi dan kebebasan tanpa batas.

Japan – Samurai

Japan – Samurai. (Facebook.com/Miss Grand International)

 

Miss Grand Japan 2023, Yayoi Machida juga tampil memukau dalam merepresentasikan national costume asal negaranya yang sarat makna dengan membawakan national costume “Samurai”, ia tampil memukau bak warrior dalam sesi national costume. National costume ini terinspirasi dari para pejuang ikonik di Jepang yang membawa pedang Samurai untuk membantai para musuh dan alat untuk bertempur. Yayoi Machida pun berhasil menyabet gelar Best National Costume lewat kostum bertajuk “Samurai” ini.

Nigeria – Nkwu (Palm Tree)

Nigeria – Nkwu (Palm Tree). (Facebook.com/Miss Grand International)

 

Tampil memesona, wakil black beauty dari negara Nigeria, Boma Dokubo juga tak kalah memukau dalam membawakan national costume terbaiknya bertajuk “Nkwu (Palm Tree)”. National costume ini melambangkan sumber daya alam Nigeria yang melimpah terutama Nkwu (Palm Tree) yang memiliki arti dan makna besar dalam budaya Nigeria.

Tak hanya melambangkan sumber daya yang vital, namun juga sebagai bentuk kemenangan, kedamaian, kesuburan dan pertumbuhan. Hal ini pun sebagai bentuk positif bagi kaum perempuan Nigeria karena mereka bisa memanfaatkan minyak sawit dan produk terkait kelapa sawit untuk mendukung kesejahteraan keluarga mereka sekaligus meningkatkan pendapatan.

National costume ini pun sebagai bentuk merayakan warisan budaya Nigeria serta orisinalitas wanita Nigeria. Jelas saja kostum ini pun berhasil meraih gelar Best National Costume di Miss Grand International 2023.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel