Ladiestory.id - Titipku, aplikasi belanja di pasar dan supermarket terdekat, kini memperluas cakupan pasar di wilayah Bekasi dan Tangerang. Selain itu, demi memaksimalkan layanan, Titipku menyediakan garansi dan akses aplikasi 24 jam.
Di era pelayanan belanja digital saat ini, ada dua hal penting yang bisa memengaruhi keputusan pelanggan selain harga dan promo, yakni garansi dan aksesibilitas aplikasi.
Penelitian dari Shafayet Ullah dari Southeast University dan Rifayat Islam menunjukkan bahwa garansi berperan penting dalam memberikan jaminan produk dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Garansi adalah sumber kekuatan pasar bukan karena adanya jasa perbaikan secara aktual, tetapi karena memberi persepsi pada pelanggan bahwa perusahaan bersedia melakukan perbaikan yang diperlukan.
Sementara, aksesibilitas terhadap aplikasi juga penting. Melansir Woocommerce, proses mengakses aplikasi tiap konsumen berbeda-beda.
Ada konsumen yang lama mengakses aplikasi karena wilayahnya masih belum tersentuh sinyal internet secara baik. Selain itu, ada juga konsumen yang hanya punya waktu membuka aplikasi di jam tertentu, dan kadang tengah malam.
Melihat pentingnya dua faktor ini, aplikasi Titipku berkomitmen untuk memberi fitur garansi dan memberikan aplikasi yang bisa diakses banyak pelanggan.
“Selain kami melatih Jatiper tentang cara memilih produk, kami juga tetap menyediakan garansi, mengingat produk yang tersedia di Titipku kebanyakan adalah produk segar yang murah rusak atau tidak segar,” ungkap Chief Marketing Officer Titipku, Faradhita Delicia.
Sementara itu, Maylinda Permata Kasih selaku Manager of Customer Experience menjelaskan langkah-langkah pengajuan garansi di Titipku.
“Untuk mengajukan garansi, pelanggan bisa menghubungi nomor official Customer Service Titipku untuk menyampaikan kondisi produk belanjaan yang diterima disertai foto. Jika kondisi dan foto sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka produk akan di retur/refund sesuai keinginan konsumen.”
Lebih lanjut, Mytha menjelaskan bahwa produk yang bisa mendapat garansi adalah produk yang tidak segar, produk sayuran layu, gramasi atau berat produk yang kurang, dan produk yang tidak lengkap.
“Tim kami akan menyelesaikan masalah ini maksimal H+0 setelah ada komplain,” tambah Mytha.
Kemudian, terkait akses, aplikasi Titipku sudah bisa diakses 24 jam sehari. Para pelanggan di wilayah Jabodetabek bisa membuka aplikasi dan berbelanja kapanpun mereka mau.
Pelanggan juga bisa menentukan waktu pengantaran belanjaannya secara mandiri. Nantinya, Jatiper akan mengikuti jam pengantaran yang sudah pelanggan tentukan.
“Aplikasi Titipku bisa diakses kapanpun. Mau memproses belanjaan tengah malam pun tidak masalah. Namun, untuk waktu pengantaran yang ada di pengaturan biasanya mengikuti jam operasional pasar,” ungkap Mytha.
Ekspansi Pasar
Selain peningkatan kualitas lewat garansi dan aksesibilitas aplikasi, Titipku juga terus memperluas jangkauan layanan dengan menambah layanan di pasar baru. Pada April 2022, Titipku menambah layanan di empat pasar baru di wilayah Bekasi dan dua pasar baru di wilayah Tangerang.
Adapun pasar tersebut adalah Pasar Rawa Lumbu, Pasar Tanah Merah Narogong, Pasar Modern Plaza Roxy, Pasar Tradisional Pulo Galaxy, Pasar Tradisional Sipon Cipondoh, dan Pasar Kebon Besar.
Head of Merchant and Partnership (M&P) Titipku, Yanuar Rusdianto, mengatakan bahwa pasar-pasar di Bekasi dan Tangerang yang baru bergabung dengan Titipku ini berasal dari permintaan pelanggan dan hasil riset tim M&P.
Yanuar menambahkan, salah satu indikator yang dijadikan penilaian apakah suatu pasar bisa masuk ke Titipku atau tidak adalah kelengkapan produk dan kesegaran produk yang dijual.
Kelengkapan produk ditekankan agar para pelanggan bisa melakukan one stop shopping di satu pasar. Sementara, kesegaran produk ditekankan karena Titipku ingin memberikan yang terbaik pada pelanggan.”