1. Lifestyle
  2. 7 Tips yang Harus Diterapkan saat Pertama Kali Indekos
Lifestyle

7 Tips yang Harus Diterapkan saat Pertama Kali Indekos

7 Tips yang Harus Diterapkan saat Pertama Kali Indekos

Ilustrasi Mahasiswa Baru. (Special)

Ladiestory.id - Sebentar lagi, masa perkuliahan bagi mahasiswa baru resmi dimulai. Mungkin, beberapa darimu berpikir bahwa indekos sangatlah menyenangkan, karena bisa bebas dari orang tua, melakukan apa saja tanpa dilarang, dan tidak ada yang menyuruhmu bersih-bersih. Padahal, indekos tidak seenak dan semudah yang dibayangkan. Kamu harus beradaptasi pada sekitar supaya hari-harimu berjalan lancar. Berikut ini tips yang harus dilakukan saat pertama kali indekos supaya kamu tidak kaget.

Pilih Tempat Nyaman

Kamar Tidur Sederhana (homesthetics.com)

Tentunya, sebelum mulai indekos, kamu harus mencari-cari tempat kos yang menurutmu paling nyaman dan aman. Hal ini dikarenakan kenyamanan adalah nomor satu agar kamu bisa menjalani hari-harimu dengan senang. Selain itu, kamu juga harus memilih tempat kos yang memiliki kemudahan dalam mengakses fasilitas umum atau dekat dengan kampus.

Memilah Barang

Foto: lifehacker

Pilihlah barang-barang yang memang kamu butuhkan di tempat baru. Usahakan jangan terlalu banyak membawa barang yang tidak kamu perlukan, agar kamarmu tidak penuh.

Belajar Mandiri

Menjaga Kebersihan. (Special)

Pada awalnya, mungkin akan terasa berat karena kamu harus melakukan apa-apa sendiri. Namun, kamu tidak perlu khawatir, fase ini membuatmu belajar hidup mandiri dan berkembang lebih baik. Agar tidak terasa berat, usahakan jangan menumpuk pekerjaan.

Mengerti Prioritas

Ilustrasi Belajar. (Special)

Kamu harus berpikir secara rasional dan belajar menentukan prioritasmu, terutama pada pengeluaran. Hal ini diperlukan agar keuanganmu tetap stabil meskipun di akhir bulan. Jangan terlalu sering mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Berbaur dengan Teman Kos

Ilustrasi Mengobrol dengan Teman (Special)

Berbaur dengan teman kos merupakan salah satu hal penting yang harus kamu lakukan. Mulailah coba bersikap ramah dan menyapa terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kamu akan bertemu mereka setiap hari. Selain itu, apabila kamu memerlukan bantuan, mereka juga akan menjadi orang pertama yang membantumu.

Transportasi

Ilustrasi wanita mengendarai sepeda lipat. (mightyvelo)

Pikirkan juga tentang alat transportasi yang akan kamu gunakan saat indekos. Apabila kosmu jauh dari kampus, usahakan kamu sudah mencari tahu transportasi apa yang sekiranya akan kamu gunakan. Apakah itu termasuk opsi yang hemat atau tidak.

Label Penanda

Ilustrasi Makanan. (Special)

Siapkan label penanda untuk memberi tanda pada barang-barangmu, terutama pada kotak makanan. Karena saat di kos, makananmu akan disimpan jadi satu dengan makanan orang lain. Memberikan label penanda bukan berarti kamu pelit, hal ini dilakukan hanya untuk menghindari kekeliruan dalam mengambil barang.

Nah, itu tadi 7 tips yang dapat kamu terapkan saat indekos untuk pertama kalinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel