1. Health
  2. Tips Olahraga untuk Darah Rendah: Jangan Makan dalam Porsi Banyak
Health

Tips Olahraga untuk Darah Rendah: Jangan Makan dalam Porsi Banyak

Tips Olahraga untuk Darah Rendah: Jangan Makan dalam Porsi Banyak

Foto: Ladiestory.id

Olahraga merupakan kegiatan yang sebenarnya wajib dilakukan untuk mejaga kesehatan tubuh. Bahkan beberapa penilitan mengatakan, olahraga terbukti sebagai salah satu resep jitu untuk mencegah dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Olahraga adalah suatu bentuk fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Lebih baik membiasakan diri untuk olahraga dimulai sejak dini sampai usia lanjut agar terhindar dari penyakit. Sebab dengan berkembangnya teknologi semakin membuat orang untuk malas bergerak apalagi olahraga.

Gaya hidup yang terus-menerus bekerja ditambah faktor resiko berupa merokok, pola makan tidak sehat, dapat menimbulkan penyakit yang serius.

Namun untuk kamu yang memiliki darah rendah sebaiknya berhati-hati dalam melakukan olahraga. Pasalnya hemoglobin yang ada di dalam darah seseorang dengan penyakit tersebut akan kekurangan pasokan oksigen, sehingga justru bisa membuat orang tersebut jatuh pingsan.

Mereka yang memiliki darah rendah tetap berolahraga secara teratur justru dapat membuat tekanan darah rendah menjadi stabil atau normal. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kekuatan otot dan kebugaran jantung serta paru-paru. Pemilik darah renda, sebaiknya perhatikan tips olahraga untuk darah rendah seperti dibawah ini

Tips Olahraga untuk Darah Rendah

  1. Minum Banyak Air atau Cairan

Foto: Ladiestory.id

Jika mengalami dehidrasi berarti tubuh berarti kehilangan lebih banyak air sehingga menyebabkan tekanan darah menurun dan juga mengalami mual, lemah, pusing, kelelahan, demam, muntah dan diare parah.

Direkomendasikan untuk minum minuman yang mengandung elektrolit mungkin juga diperlukan. Cairan membantu menjaga volume darah berada dalam level normal. Minuman kaya elektrolit seperti kalium dan sodium bisa lebih bermanfaat dibandingkan air putih biasa.

  1. Mengonsumsi Makanan dalam Porsi Kecil

Foto: Ladiestory.id

Sebelum olahraga hendaknya makan dengan porsi kecil. Sebab tubuh memerlukan darah untuk mencerna makanan. Jika dalam keadaan terlalu kenyang, saat akan berolahraga karena dikhawatirkan kinerja sistem pencernaan akan terlalu berat dan bisa mengganggu tekanan darah.

Selain itu, mengonsumsi makanan asin bisa membantu meningkatkan retensi cairan di dalam pembuluh darah untuk menstabuilkan tekanan darah.

  1. Jangan Terlalu Intens

Perlu diingat bahwa kamu sedang tidak berada dalam kondisi yang 100 persen fit dan sehat. Olahraga yang intens dapat menimbulkan masalah baru bagi pengidap anemia. Intensitas aktivitas olahraga perlu ditingkatkan secara perlahan dan sedikit demi sedikit.

Jika merasakan gejala seperti kelelahan, detak jantung yang beraturan, dan pusing, maka kita tak perlu memaksakan diri mengikuti olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi atau berat.

Ada baiknya untuk mengecek tekanan darah terlebih dahulu sebelum mulai olahraga. Jika tekanan darah terlalu rendah, sebaiknya hindari olahraga yang terlalu berat. Selain itu, upayakan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan di setiap sesi olahraga yang dilakukan.

  1. Pemanasan Sebelum Berolahraga

Foto: Ladiestory.id

Harus meluangkan waktu untuk melakukan pemanasan dan pendinginan yang tepat sehingga detak jantung perlahan naik dan turun.

Inilah tips olahraga untuk darah rendah yang perlu diperhatikan, agar dengan olahraga badan menjadi sehat dan bukan malah sakit.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel