1. Lifestyle
  2. 5 Tips Olah Talas Agar Tak Gatal dan Aman saat Dimakan
Lifestyle

5 Tips Olah Talas Agar Tak Gatal dan Aman saat Dimakan

5 Tips Olah Talas Agar Tak Gatal dan Aman saat Dimakan

Ilustrasi mengolah talas. (Special)

Ladiestory.id - Di Indonesia, terdapat berbagai jenis umbi-umbian yang dapat dikonsumsi, salah satunya talas. Jenis umbi yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari kue, kolak, hingga keripik.

Meski memiliki rasa yang renyah dan nikmat, namun ternyata tidak semua orang dapat mengolah talas menjadi makanan yang enak. Hal tersebut dikarenakan talas memiliki jumlah getah yang relatif banyak dan dapat menimbulkan rasa gatal.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengolah talas agar tidak gatal saat dikonsumsi. Ladies, bagi kamu yang menyukai aneka olahan dari talas, berikut tips mengolah talas agar aman saat dikonsumsi, bahkan tanpa rasa gatal.

Pilih Talas Segar

Ilustrasi mengolah talas. (Special)

Hampir semua jenis makanan akan terasa enak jika menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, hal ini berlaku juga untuk talas. Sebelum memutuskan untuk mengolahnya, kamu disarankan memilih talas yang masih segar dengan tekstur yang agak keras.

Selain itu, talas segar yang sudah tua atau siap dikonsumsi memiliki sedikit bintik-bintik di bagian daging umbinya. Semakin banyak bintik hitam di bagian permukaan talas, maka semakin lama talas disimpan atau sudah tidak segar lagi.

Jemur Talas

Ilustrasi mengolah talas. (Special)

Cara mengolah talas selanjutnya adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Panas yang dihasilkan sinar matahari dapat membantu untuk menguapkan senyawa yang ada di dalam talas penyebab rasa gatal.

Sebelum menjemurnya, kamu bisa kupas terlebih dulu talas dari kulit luarnya. Jemur sekitar 2 jam di bawah sinar matahari secara langsung. Hindari menjemur talas terlalu lama, sebab hal tersebut dapat membuat tekstur talas menjadi kering, sehingga kurang nikmat saat diolah.

Cuci Talas

Ilustrasi mengolah talas. (Special)

Selain dijemur, kamu bisa mencuci talas di air bersih yang mengalir untuk menghilangkan getahnya. Cuci talas yang telah dikupas dan dipotong, sambil menggosoknya secara perlahan. Ulangi proses mencuci talas sampai getah benar-benar hilang dan air bilasan menjadi lebih bersih. Jangan lupa untuk gunakan sarung tangan saat mencuci, agar tidak gatal karena getah talas.

Rendam Talas di Air Garam

Ilustrasi mengolah talas. (Special)

Untuk memastikan bahwa getah talas sudah benar-benar bersih, kamu bisa merendamnya di air garam sebelum diolah menjadi masakan. Air garam mengandung natrium yang dipercaya mampu membuat senyawa menjadi netral, sehingga talas bisa aman saat dimakan.

Kamu bisa rendam potongan talas yang telah dicuci dengan air garam sekitar 30 menit sampai 1 jam. Selain dapat menghilangkan rasa gatal, air garam juga dapat menambah cita rasa gurih pada talas.

Masak Talas

Ilustrasi mengolah talas. (Special)

Terakhir, kamu bisa memasak talas menjadi aneka olahan makanan yang lezat dan nikmat. Pastikan saat kamu memasak talas, seluruh bagian talas telah matang secara sempurna, baik diolah dengan cara dikukus, digoreng, atau dipanggang. Berikut resep talas goreng yang lezat dan simpel yang bisa kamu coba.

Bahan

1 kg talas segar, cuci, parut kasar

250 gram udang haluskan

200 gram tepung terigu

2 sdm tepung beras

6 siung bawang putih, haluskan

2 sdt garam

1 sdt merica

1 sdt gula

1 sdt kaldu atau penyedap rasa

Air dan minyak goreng secukupnya

Cara membuat

Campurkan semua bahan menjadi satu, aduk sampai rata, uleni bulat-bulat sedikit demi sedikit. Simpan adonan talas yang sudah dibentuk bulat-bulat di dalam kulkas minimal 1 jam. Panaskan minyak goreng, goreng adonan talas sampai matang, sajikan selagi hangat dengan potongan cabai atau saus sambal. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel