Tambah Ilmu Pengetahuan, 6 Tips Menumbuhkan dan Mempertahankan Hobi Membaca

Jumat, 4 Maret 2022 | 19:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tambah Ilmu Pengetahuan, 6 Tips Menumbuhkan Dan Mempertahankan Hobi Membaca

Hobi Membaca (Special)

Ladiestory.id - Buku sering dikatakan oleh banyak orang sebagai jendela dunia. Ketika Kamu membaca buku, artinya Kamu juga sedang menjelajahi dunia. Tak hanya itu, buku memiliki banyak manfaat yang akan Kamu dapatkan. Apa saja itu? seperti mengurangi stres, menambah kemampuan untuk berbahasa, bahkan untuk menambah kemampuan kreativitas.

Membaca buku tak hanya dilakukan oleh anak-anak ataupun kalangan anak muda saja. Orang tua atau kalangan dewasa juga bisa melakukan kegiatan tersebut. Karena mencari ilmu pengetahuan itu tidak ada batas usianya.

Untuk saat ini, media membaca tidak hanya buku saja, tetapi ada beberapa macam sepeti koran, novel, majalah, ataupun e-book. Sehingga, tak ada alasan untuk Kamu tidak menumbuhkan atau mempertahankan hobi membaca. Karena dengan membaca, Kamu bisa mendapatkan banyak hal positif.

Lalu bagaimana tipsnya untuk menumbuhkan atau mempertahankan hobi membaca? Nah kali ini Ladiestory.id akan bahas tips menumbuhkan atau mempertahankan hobi membaca.

Menyediakan Waktu

Hobi Membaca (Special)

Membaca buku bukanlah hal yang bisa Kamu lakukan berbarengan dengan aktivitas lainnya. Maka, luangkanlah beberapa menit atau jam yang Kamu miliki untuk membaca buku. Waktu minimal yang dibutuhkan untuk membaca buku hanyalah sekitar 15 menit per hari. Tidak lama bukan? Jadi, luangkanlah sedikit waktumu untuk membaca buku.

Kamu bisa melakukannya di sela-sela kesibukanmu, contohnya setelah selesai zoom atau meeting, Kamu bisa membaca buku. Selain itu, hal ini berguna agar Kamu tidak lupa dengan lanjutan dari buku yang Kamu baca.

Memilih Jenis Buku Yang Kamu Sukai

Hobi Membaca (Special)

Jika Kamu ingin menumbuhkan atau mempertahankan hobi membaca, mulailah dengan membaca buku yang Kamu sukai. Contohnya, Kamu bisa mencoba membaca buku jenis novel.

Setelah membaca jenis buku yang Kamu sukai, barulah Kamu bisa membaca jenis buku lainnya. Karena dalam diri Kamu sudah tertanam minat membaca, jadi tidak sulit untuk mencoba membaca jenis buku lainnya.

Membuat Daftar Bacaan Buku

Hobi Membaca (Special)

Tips selanjutnya yaitu membuat daftar buku bacaan yang Kamu inginkan. Kamu bisa memulainya dengan membuat daftar buku yang sudah Kamu baca. Buat target buku bacaan Kamu untuk hari ini, besok, dan seterusnya.

Dengan membuat daftar buku bacaan yang Kamu inginkan, Kamu akan meningkatkan rasa semangat membaca dan tidak akan terlalu bosan.

Berdiskusi atau Bergabung dengan Komunitas Membaca

Hobi Membaca (Special)

Terkadang jika Kamu membaca sendirian, Kamu akan cepat bosan. Nah, untuk mengatasi hal seperti itu, Kamu bisa dengan mencari komunitas atau teman membaca. Di sana kamu bisa berbagi informasi mengenai buku atau informasi lainnya yang berguna untuk menumbuhkan atau mempertahankan hobi membacamu.

Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Hobi Membaca (Special)

Meningkatkan rasa ingin tahu juga menjadi salah satu tips yang bisa menumbuhkan atau mempertahankan hobi membacamu. Contohnya saja, Kamu hobi dalam memasak, ketika Kamu ingin mencoba memasak menu baru, Kamu belum mengetahui resep dan penasaran dengan cara membuatnya.

Nah, rasa ingin tahumu untuk segera mencoba memasak menu tersebut, mendorong kemauanmu untuk membaca buku resep. Dengan cara inilah Kamu perlahan-lahan bisa menumbuhkan atau mempertahankan hobi membaca.

Membaca Buku di Tempat yang Kamu Sukai

Hobi Membaca (Special)

Tips selanjutnya yaitu membaca buku di tempat yang Kamu sukai. Ketika Kamu ingin membaca buku, Kamu akan membutuhkan suasana dan tempat yang nyaman agar isi buku yang Kamu baca bisa masuk ke dalam pikiran. Jadi, dengan berkunjung ke tempat favoritmu, Kamu bisa menumbuhkan atau mempertahankan hobi membaca.