1. Health
  2. Tips Mengonsumsi Mie Instan Yang Aman Untuk Ibu Hamil
Health

Tips Mengonsumsi Mie Instan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Tips Mengonsumsi Mie Instan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Foto: Ladiestory.id

Bagi ibu hami, sudah biasa memiliki nafsu makan dua kali lipat bahkan lebih dibanding dengan orang biasa. Hal itu dikarenakan ibu hamil butuh banyak cadangan makanan dalam tubuh bukan hanya untuk dirinya saja namun juga untuk janinnya.

Namun, apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh oleh janin yang di kandung. Maka dari itu, perlu diperhatikan apa-apa saja makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Lalu bagaimana jika ibu hamil mengonsumsi mie instan? Apakah akan berbahaya bagi janin? Perlu diketahui bahwa mie instan  memiliki kelezatan tersendiri dan diakui banyak orang. Bahkan, Berdasarkan survei kesehatan nasional, orang di Indonesia hampir mengonsumsi mie instan sebanyak 1-6 kali per minggu, dan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya sekitar 5 persen.

Kandungan Mie Instan

Ilustrasi bumbu dapur gula. (Special)

Bahan untuk membuat mie yang utama yaitu tepung terigu. Menurut pedoman World Health Organization (WHO), semenjak tahun 2001, semua produk mie instan perlu dilaksanakan fortifikasi atau diberikan tambahan nutrisi, layaknya vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi, serta zinc.

Namun di samping itu, mie instan pun mengandung zat pengawet, pewarna, dan perasa. Walaupun kadar dan kandungannya telah dinyatakan aman, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, pastinya tetap tidak baik.

Menurut sebuah studi di Korea Selatan, konsumsi mie instan dua kali per minggu berisiko menghadirkan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah kumpulan gangguan yang terdiri dari tekanan darah tinggi, penumpukan lemak berlebih di perut, kadar kolesterol baik yang rendah, kadar gula darah tinggi, serta kadar trigliserida tinggi.

Perpaduan dari semua kandungan seperti kalori, lemak jenuh, gula, serta garam pada mie instan menjadi pengaruh besar terjadinya sindrom tersebut.

Bolehkah Mie Instan Dikonsumsi Ibu Hamil?

Foto: Ladiestory.id

Pembuatan yang sangat cepat, lezat, dan mempunyai banyak varian rasa menjadikan mie instan sebagai makanan idaman. Sedangkan untuk ibu hamil, perlu diperhatikan seberapa banyak porsi yang diperbolehkan dikonsumsui.

Dalam mie instan, sangat banyak kandungan garam yang dapat memicu gejala hipertensi. Ibu hamil sering kali dapat mengalami tekanan darah naik sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, akan berbahaya jika ibu hamil mengonsumsi mie instan dengan cara yang tidak tepat.

Tidak ada larangan untuk ibu hamil mengonsumsi mie instan. Jika ibu hamil sedang ingin memakan mie instan, ada beberapa tips agar mie instan yang dikonsumsi bisa lebih menyehatkan.

Tips Mengolah Mie Instan

Foto: Ladiestory.id

1. Ketika memasukkan bumbu mie instan, cukup masukkan setengah porsi yang ada, mengingat tingginya kandungan garam dan MSG yang berbahaya untuk tubuh.

2. Usai merebus mie instan, buang terlebih dahulu air rebusan yang sudah berwarna keruh. Rebusan air itu banyak mengandung zat lilin yang sebelumnya menempel di mie instan.

3. Ada baiknya, pakai air rebusan yang baru, bila ibu ingin mengonsumsi mie instan kuah.

4. Tambahkan sejumlah topping seperti jamur, potongan daging ayam, atau telur rebus sebagai pendamping nutrisi pada santapan mie instan kamu.

5. Ingat tambahkan sayuran layaknya kacang, bayam, kembang kol, wortel, kacang polong, bawang, dan tomat guna memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Mie instan adalah makanan olahan. Di sini, ibu hamil tetap diharuskan mengonsumsi makanan yang lebih sehat ketimbang mie instan. karena hal baik yang dikonsumsi ibu hamil juga akan terdampak pada janin kelak saat lahir ke dunia.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel