1. Lifestyle
  2. Tips Mencegah Penyakit Autoimun Seperti Ashanty
Lifestyle

Tips Mencegah Penyakit Autoimun Seperti Ashanty

Tips Mencegah Penyakit Autoimun Seperti Ashanty

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Penyakit ini mulai terkenal sejak penyayi yang juga istri dari Politikus Anang Hermansyah mulai membagikan pengalaman ya berjuang melawan penyakit auto imun yang sedang Ia alamai beberapa bulan terakhir.

Ashanty mengklaim penyakit ini muncul karena perilaku gaya hidup dirinya beberapa tahun belakangan seperti mengkonsomsi obat diet tanpa konsultasi dengan dokter dan pola istrahat yang tidak menentu karena rutinitas ya sebagai artis dan ibu rumah tangga yang membutuhkan ekstra tenaga.

Apa Itu Penyakit autoimun?

Penyakit autoimun bisa berdampak pada banyak bagian tubuh. Ada lebih dari 100 jenis penyakit autoimun mulai dari yang ringan sampai berat. Namun, ada kalanya sistem kekebalan tubuh itu mengalami gangguan dan penyimpangan fungsi sehingga keliru menyerang sel-sel tubuh itu sendiri, ibarat istilah senjata makan tuan.

Itulah yang dikenal dengan sebutan gangguan autoimun. ?Jika ini dibiarkan berlarut-larut, maka fungsi tubuh akan terganggu dan rusak karena serangan sistem imun tersebut.

Apa Gejala Penyakit autoimun?

Gejala yang dirasakan penderita, bisa ringan dan bisa juga parah tergantung kondisi tubuh. Namun demikian, terdapat sejumlah gejala sama yang dirasakan penderita penyakit langka dan unik ini.

Seperti lelah berlebihan dan berkepanjangan (fatigue), kesemutan pada tangan dan kaki, nyeri di sekujur tubuh, sering terserang sariawan, rontoh parah pada rambut, brain fog (otak seperti tertutup kabut, sehingga sulit konsentrasi, hilang memori dan fokus saat Anda sedang beraktivitas), serta ruam pada kulit (contohnya muncul ruam berbentuk kupu-kupu pada pipi).

Bagaimana cara mencegah penyakit autoimun ini

Lantas bagaimana cara mencegah Penyakit autoimun? Tentunya selain berkonsultasi pada dokter anda juga harus menjaga pola sehat yang baik seperti mengkonsumsi sayur dan buah, serta memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi vitamin. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa mencegah Penyakit autoimun.

1.Konsumsi Vitamin D

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan pengobatan penyakit autoimun adalah dengan mengkonsumsi vitamin D. Selain sebagai bahan baku pembentukan tulang dan gigi, vitamin D juga berfungsi mengatur keseimbangan kalsium dan fosfat dalam darah. Vitamin D juga ndisebut berkontribusi besar dalam mempertahankan kekebalan tubuh.

2. Hindari Stress

Gangguan kesehatan yang berlarut-larut akan menurunkan kemampuan sistem imun tubuh. Maka dari itu, cari cara-cara yang nyaman bagi anda untuk relaksasi dan mencegah stres dalam aktivitas sehari ? hari.

3. Berjemur Di Pagi Hari

Meski peran vitamin D sangat penting untuk tubuh namun kebanyakan orang Indonesia yang tinggal di lingkungan tropis kurang asupan vitamin D lantaran takut terkena sinar matahari.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anda hanya perlu terpapar sinar matahari setidaknya 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, dan wajah setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Semoga informasi tentang penyakit autoimun ini bisa membuat kita lebih sadar akan pentingnya kesehatan ya. Bergantung pada jenisnya, penyakit autoimun ini dapat memengaruhi satu atau banyak jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan pertumbuhan organ menjadi abnormal dan mengakibatkan perubahan fungsi pada organ. Lebih baik mencegah daripada mengobati seperti kata papatah. Salam Sehat Ladies.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel