1. Lifestyle
  2. Cocok untuk Fresh Graduate, 7 Tips Melamar Kerja Tanpa Pengalaman
Lifestyle

Cocok untuk Fresh Graduate, 7 Tips Melamar Kerja Tanpa Pengalaman

Cocok untuk Fresh Graduate, 7 Tips Melamar Kerja Tanpa Pengalaman

Ilustrasi melamar kerja. (Special)

Ladiestory.id - Sering kali kita menemukan jenis lowongan pekerjaan yang mengutamakan pengalaman di bidangnya. Hal ini tentunya membuat fresh graduate merasa tidak memiliki kesempatan dalam bekerja atau berkarier. Namun, tak perlu berkecil hati, karena beberapa perusahaan juga membuka kesempatan kerja dan berkarier bagi Kamu yang fresh graduate.

Kamu bisa mengambil peluang tersebut untuk mendapatkan pekerjaan serta menggapai mimpimu sebagai perempuan karier. Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa tips yang bisa Kamu lakukan saat melamar pekerjaan meski tanpa pengalaman.

Buat Tampilan Resume yang Menarik

Ilustrasi resume. (Special)

Langkah pertama untuk melamar pekerjaan bagi Kamu yang tidak memiliki pengalaman adalah dengan membuat resume yang menarik. Buatlah resume secara kreatif, sehingga menarik minat perusahaan untuk membacanya.

Gunakan huruf yang mudah dibaca dan hindari penggunaan warna yang berlebihan. Pastikan resume sudah berisi informasi lengkap tentang diri Kamu, misalnya mama, pendidikan, email atau nomor hp.

Tunjukkan Prestasi Akademik

Ilustrasi melamar kerja. (Special)

Selain pengalaman kerja, nilai prestasi akademik juga bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menilai kemampuan seseorang. Bagi Kamu yang belum memiliki pengalaman kerja, Kamu bisa cantumkan prestasi akademik yang Kamu miliki. Kamu bisa melengkapi resume atau surat lamaran kerja dengan menambahkan hobi yang menunjukkan prestasi, atau pengalaman aktif organisasi saat di kampus.

Tunjukkan pengalaman tersebut dalam sesi wawancara. Ceritakan semua pengalaman yang Kamu peroleh dari kerja tim atau kegiatan yang pernah Kamu ikuti. Hal tersebut akan menjadi poin tambahan dan menjadi tolok ukur bagi perusahaan untuk memilihmu.

Tampilkan Kemampuan Khusus yang Dimiliki

Ilustrasi bermain laptop. (Spesial)

Setiap orang pasti memiliki kemampuan atau keterampilan khusus yang ada pada diri mereka. Hal ini bisa Kamu tuliskan dalam resume atau surat lamaran kerja. Umumnya, perusahaan menyukai pelamar yang memiliki kemampuan khusus, sesuai yang dibutuhkan.

Kamu bisa presentasikan kemampuan atau keterampilan khusus yang Kamu miliki secara detail kepada perusahaan. Misalnya Kamu ahli dalam desain grafis, Kamu bisa jelaskan jika Kamu dapat mengoperasikan CorelDraw atau Adobe Photoshop.

Gunakan Platform Terpercaya

Ilustrasi melamar kerja. (Special)

Dalam melamar pekerjaan, pastikan Kamu menggunakan platform yang terpercaya, seperti JobStreet, Linkedin, atau Indeed. Ketika lamaranmu direspon oleh salah satu perusahaan, segera persiapkan diri untuk menuju sesi wawancara.

Sebagai pencari kerja, sebaiknya Kamu harus mengetahui semua informasi dasar dari perusahaan yang mengundang Kamu untuk wawancara. Pemahaman pengetahuan tentang informasi dasar tersebut menunjukkan keseriusanmu untuk bergabung atau bekerja dalam suatu perusahaan.

Sesuaikan dengan Jurusan dan Kemampuan

Ilustrasi melamar kerja. (Special)

Langkah selanjutnya adalah melamar pekerjaan sesuai dengan jurusan dan kemampuan yang Kamu miliki. Jangan sampai Kamu melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah. Pasalnya, Kamu belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Sehingga, jurusan pendidikan atau kemampuan yang Kamu miliki akan menjadi pertimbangan bagi sebuah perusahaan.

Lamar ke Banyak Lowongan

Ilustrasi melemar kerja. (Special)

Meski belum memiliki pengalaman kerja, namun tidak ada salahnya untuk Kamu memasukkan banyak lamaran ke beberapa perusahaan sekaligus. Tidak memungkiri mencari pekerjaan pada zaman ini bukan hal yang mudah.

Jadi, Kamu harus bisa menciptakan peluang atau kesempatan kerja dengan cara melamar sebanyak mungkin di berbagai perusahaan. Hal tersebut akan memungkinkan Kamu memiliki peluang lebih besar untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Manfaatkan Relasi

Ilustrasi diterima kerja. (Special)

Cara terakhir untuk melamar pekerjaan tanpa pengalaman kerja adalah dengan memanfaatkan relasi yang Kamu punya. Tak dimungkiri ,banyak orang yang mendapatkan pekerjaan mereka karena relasi atau teman semasa kuliah dulu.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan kenapa kita harus pandai bersosialisasi dengan orang lain. Sebab, kita tidak tahu suatu saat mungkin ada peluang dari orang tersebut untuk membantu membuka pintu rezeki kita.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel