Ladiestory.id - Bagi pelaku bisnis, Ramadan merupakan momen tepat untuk mengembangkan bisnis dengan memenuhi permintaan pasar yang meningkat pesat. Brand serta UKM perlu mempersiapkan diri untuk menjangkau dan berinteraksi dengan konsumen secara efektif, khususnya para pengguna platform digital, seperti TikTok.
Konten dalam format video singkat dapat menjadi sarana bagi para pelaku bisnis merangkul konsumen mereka, saling berinteraksi, dan mewujudkan tujuan bisnis dalam rangka menyukseskan kampanye Ramadan.
Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia menyampaikan bahwa, kreativitas menjadi kunci yang perlu dimiliki oleh semua pelaku bisnis untuk dapat menangkap peluang Ramadan di TikTok.
“Momen Ramadan bisa menjadi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk ikut mengambil bagian membantu masyarakat menemukan kebahagiaan mereka dengan cara-cara yang kreatif dan relevan dengan kondisi saat ini," ungkap Sitaresti.
Nah, berikut tips memaksimalkan kampanye Ramadan ala TikTok yang bisa ditiru para pelaku bisnis.
Konten yang Relevan
Berdasarkan guidebook TikTok mengenai Ramadan 2022, terdapat empat kategori konten yang menjadi inspirasi pengguna TikTok untuk memaknai kebersamaan Ramadan, yaitu entertainment; tradisi memberi hadiah dan berbelanja; kebiasaan Ramadan; dan perayaan lebaran.
Para pelaku bisnis bisa mendistribusikan konten-konten sesuai dengan momen-momen Ramadan. TikTok membagi momen kunci ini ke dalam tiga fase, yaitu fase Persiapan, fase Bulan Ramadan, dan fase Perayaan Lebaran.
Di fase persiapan, pebisnis retail bisa menghadirkan konten menyambut bulan suci dengan mengajak konsumen membersihkan rumah dengan tagar #bersihbersih.
Memasuki bulan puasa, pebisnis fast moving consumer goods (FMCG) juga bisa menghadirkan konten mukbang, berupa pengalaman virtual yang seru saat menyantap produk lezat sembari ngabuburit lewat tagar #bukabarenglagi.
Selanjutnya memasuki Hari Kemenangan, di mana konsumen merayakannya dengan bersilaturahmi dengan keluarga, pebisnis fashion bisa memberi inspirasi seputar konten mix and match outfit lebaran dengan koleksi terbaru produk mereka.
Maksimalkan Fitur dan Ekosistem TikTok
Perkaya konten Ramadan bisnis Kamu dengan memaksimalkan creative tools yang terintegrasi dengan platform TikTok, mulai dari stiker, filter, dan musik spesial Ramadan, hingga fitur 'Duet' maupun 'Stitch'. Hal ini bisa memancing interaksi antara brand dengan pengguna.
Misalnya, untuk pebisnis fintech, kreasikan konten bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) secara virtual lewat fitur Duet dan tambahkan tagar THR #DapetApa di akhir video. Sebagai secret ingredients menciptakan konten yang engaging, manfaatkan elemen penting ekosistem TikTok, yaitu kreator konten untuk mengajak komunitas terlibat ke dalam kampanye Ramadan Kamu.
Pilih kreator yang memiliki kesamaan value dengan bisnis Kamu. Jangan ragu memberi ruang kreatif pada kreator untuk mengekspresikan sisi otentiknya, termasuk dalam mengkreasikan fitur kreatif TikTok agar video yang dihasilkan semakin engaging.
Libatkan Komunitas TikTok
Agar semakin berkesan, pelaku bisnis bisa melibatkan kreativitas komunitas untuk merayakan kebersamaan Ramadan secara virtual. Hadirkan konten marketing yang otentik untuk mewakili pesan kampanye Ramadan dan undang konsumen yang ada di TikTok untuk menikmati keseruannya.
Brand maupun UKM bisa mendistribsukan konten tersebut lewat beragam solusi yang tersedia di TikTok, mulai dari fitur Hashtag Challenge, Brand Takeovers, Top Views, In-feed Ads, hingga One Day Max Ads. Lewat solusi bisnis ini, pelaku bisnis bisa mengajak konsumen untuk mengekspresikan sisi otentik mereka ke dalam konten pemasaran bisnis Kamu.
Salah satu brand yang merasakan manfaat langsung dari arahan kreatif di atas adalah AQUA. Berkat memahami momen kunci dan perilaku konsumen selama Ramadan, konten kreatif yang dihadirkan oleh AQUA berhasil membuat brand tersebut menghadirkan kampanye yang bermakna untuk komunitas TikTok.
Intan Andini, Digital Lead, Danone Waters mengatakan, Ramadan di tengah pandemi menjadi momen yang tidak bisa diprediksi. Namun, Aqua tetap berusaha mempertahankan nilai-nilainya, sambil beradaptasi dengan berbagai cara untuk menjangkau konsumen.
“TikTok memungkinkan AQUA untuk menciptakan komunikasi dua arah, yang tidak hanya membantu kami mengingatkan mereka agar tetap terhidrasi, tetapi juga memungkinkan konsumen terlibat ke dalam kampanye kami melalui video yang mereka buat sendiri." ungkap Intan Andini.
Lewat kampanye bermakna yang dihadirkan AQUA di TikTok pada Ramadan 2021, AQUA berhasil mencatat penjualan hingga 10 persen lebih besar dibanding Ramadan tahun sebelumnya.
Selain itu, konten AQUA juga mendatangkan 50 juta lebih pasang mata untuk akun TikTok-nya, serta mendorong kreativitas pengguna menciptakan lebih dari 10 ribu video TikTok untuk AQUA.