1. Mom & Kids
  2. Tak Perlu Malu, 5 Tips Ibu Menyusui di Tempat Umum
Mom & Kids

Tak Perlu Malu, 5 Tips Ibu Menyusui di Tempat Umum

Tak Perlu Malu, 5 Tips Ibu Menyusui di Tempat Umum

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Ladiestory.id - Dimana pun dan juga kapan pun, menyusui merupakan hak setiap ibu. Oleh karenanya, Kamu tidak perlu malu saat akan menyusui sang buah hati di tempat umum. Walaupun begitu, hambatan ketika menyusui di tempat umum juga terkadang dapat ditemui, salah satunya adalah munculnya rasa tidak nyaman.

Hingga sekarang, tidak semua tempat umum memiliki area menyusui yang aman untuk sang ibu. Hal ini membuat Kamu harus memiliki sejumlah persiapan agar tidak terkendala dalam memberikan nutrisi bagi buah hatimu. Berikut beberapa tips yang telah Ladiestory.id rangkum untuk Kamu jika ingin menyusui sang buah hati di tempat umun.

Pahami jika Menyusui Merupakan Hak Seorang Ibu

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Setiap ibu memiliki hak untuk menyusui anaknya. Meskipun berada di tempat umum, Kamu mestinya tetap dapat melakukan aktivitas ini. Dengan memahami peran Kamu sebagai ibu menyusui, berarti Kamu juga ikut memenuhi hak anak guna memperoleh nutrisi berupa air susu ibu (ASI).

Komisi Hak Asasi Manusia Ontario bahkan secara khusus mengungkapkan jika,

“Tidak seorang pun yang bisa mencegah aktivitas menyusui hanya karena seorang ibu berada di tempat umum.”

Maka dari itu, seorang ibu dapat merasa yakin melakukan aktivitas menyusui meskipun berada di tempat umum. Hal tersebut dikarenakan dalam hatinya sendiri sudah memahami betul jika menyusui merupakan hak setiap ibu yang tidak dapat diganggu gugat.

Berlatih di Depan Cermin

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Kamu dapat berlatih menyusui di depan cermin apabila Kamu merasa khawatir terlalu terlihat terbuka saat akan menyusui anak di tempat umum. Kamu harus mempercayai dirimu sendiri jika cara menyusui yang Kamu lakukan tidak akan memperlihatkan tubuhmu secara terbuka ketika berada di tempat umum.

Hal ini dikarenakan ketika anak sedang menyusu, ia cenderung akan menutupi hampir semua bagian payudara ibunya. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir untuk menyusui anak di khalayak umum. Yang perlu Kamu ingat adalah gunakan pakaian yang memiliki akses mudah untuk menyusui dan pastinya nyaman digunakan.

Pakai Pakaian yang Mudah Diakses dan Nyaman

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Seperti yang ditulis di atas, seorang ibu mestinya menggunakan pakaian khusus yang memudahkan Kamu ketika akan menyusui. Umumnya, pakaian seperti ini memiliki akses mudah pada area dada. Contohnya, seperti pakaian yang memiliki kancing ataupun resleting di bagian depan. Dengan demikian, menyusui anak di tempat umum tidak akan membuat Kamu kerepotan.

Menggunakan baju khusus menyusui akan membuat Kamu tidak kesulitan saat sedang membukanya. Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan berbahan lembut.

Bahan seperti ini akan membuat Kamu tidak begitu merasa lembab pada area dada karena air asi yang berlebihan. Faktor gerah yang disebabkan karena menyusui di tempat umum juga biasanya cenderung membuat tubuh terasa lembab.

Manfaatkan Kain Gendongan atau Penutup

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Nursing cover atau penutup khusus untuk menyusui akan memudahkanmu untuk menyusui. Tapi, jika Kamu tidak memilikinya, gendongan adalah benda yang bisa Kamu manfaatkan, loh.  Sembari beraktivitas, Kamu juga tetap dapat memberikan nutrisi kepada si buah hati. Pakaian menyusui seperti yang ditulis di atas juga akan lebih memudahkanmu saat akan menyusui.

Gunakan Bra Khusus Menyusui

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Selain menggunakan pakaian busui (ibu menyusui), agaknya bra khusus menyusui juga harus Kamu miliki di rumah. Kamu akan mendapatkan kemudahan saat akan menyusui karena bra ini dilengkapi dengan kancing dan bukaan.

Kamu akan menjadi semakin terbiasa untuk menyusui di tempat umum jika sering menggunakan bra yang satu ini. Menyusui dapat menjadi lebih praktis dengan menggunakan bra khusus menyusui tersebut.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel