1. Lifestyle
  2. 6 Tips Desain Kafe Minimalis untuk Pemula, Bikin Betah dan Rame
Lifestyle

6 Tips Desain Kafe Minimalis untuk Pemula, Bikin Betah dan Rame

6 Tips Desain Kafe Minimalis untuk Pemula, Bikin Betah dan Rame

Ilustrasi Kafe Minimalis. (Special)

Ladiestory.id - Di Indonesia kafe tidak hanya menjadi tempat untuk menjual makanan dan minuman saja. Kafe saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Menyajikan beragam desain dan interior menarik menjadi salah satu ciri unik sebuah kafe.

Tips Desain Kafe Minimalis

Berbicara mengenai desain interior sebuah kafe sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan bagi para pengunjungnya. Salah satunya desain kafe minimalis yang saat ini populer digunakan sebagai konsep beberapa kafe di Indonesia.

Buat Kamu yang sedang ingin membuka usaha kafe dengan konsep minimalis, berikut beberapa tips cara mendesain kafe minimalis yang bisa Kamu jadikan referensi.

1. Gunakan Perpaduan Warna Cerah

Perpaduan warna, atau kombinasi pilihan warna cat merupakan cara paling mudah untuk menjadikan interior kafe minimalis. Pilihan warna yang tepat bisa melahirkan daya tarik orang-orang terhadap sebuah ruang.

Kombinasi warna abu-abu dan putih menjadi dua warna yang paling tepat untuk memunculkan kesan minimalis ke dalam interior kafe. Warna putih direkomendasikan karena dikenal dapat membuat ruang tampak lebih besar, jauhi warna-warna gelap karena akan membuat ruangan tampak lebih sempit.

2. Papan Nama Outdoor Minimalis

Jika Kamu melihat bagaimana signage atau papan nama masa kini bersifat minimalis, di berbagai kafe atau butik kecil di berbagai belahan dunia, hal serupa juga berlaku untuk kedai kopi kecil.

Kafe besar sering menerapkan prinsip desain seolah-olah mereka sedang mendesain kedai kopi kecil dan menjaga papan nama sangat kecil dan minimal. Hal ini menunjukkan kesederhanaan, kebersihan dan minimalis.

3. Papan Menu Minimalis

papan menu
Ilustrasi Papan Menu Minimalis. (Special)

 

Mengikuti tren serupa, hal ini juga berlaku untuk tampilan papan menu di dalam ruangan. Tampilan format sederhana ini juga dapat dicapai melalui medium papan tulis atau stiker.

Dengan tujuan agar pengunjung bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan saat membaca menu yang terpampang, tanpa adanya ditraksi. Hal ini bisa Kamu coba terapkan di kafe yang akan Kamu buka, dengan menggunakan papan menu, akan lebih menghemat biaya daripada menyajikan buku menu yang rentan rusak.

4. Jendela Ekstra untuk Takeaway

jendela
Ilustrasi jendela kafe minimalis. (Special)

 

Desain kafe minimalis berkaitan dengan pemanfaatan ruang terbaik, adalah memiliki jendela di dinding di sebelah kasir atau barista, di mana orang dapat memesan dari luar.

Jadi konsumen dapat memesan melalui jendela, lalu duduk di luar dan menunggu. Hal ini memiliki nilai nostalgia atau kesan tersendiri bagi konsumen, ketika memesan kopi melalui jendela.

5. Menggunakan Ornamen Cermin

Kamu bisa melihat trik ini digunakan di banyak interior kafe minimalis yang sudah ada. Menggunakan cermin besar di sepanjang satu dinding, bisa memberikan ilusi seperti membuat ruang terasa lebih besar. Cara ini bisa Kamu jadikan referensi untuk desain kafe minimalis.    

6. Pencahayaan dan Lampu Dekoratif

lampu menggantung
Ilustrasi desain kafe lampu menggantung. (Special)

 

Lampu atau pencahayaan memiliki efek paling penting dalam sebuah ruang, tidak terkecuali di kafe minimalis. Pencahayaan kafe perlu dipertimbangkan secara serius. Pilihan pencahayaan kafe bisa mempengaruhi kenyamanan dari sebuha kafe itu sendiri.

Pencahayaan terdiri dari dua jenis, artifisial dan natural atau alami. Jenis pencahayaan artifisial berhubungan dengan pilihan lampu. Dengan modelnya yang menarik, ia bisa mendatangkan daya tarik.

Kamu perlu mengenali berbagai jenis pencahayaan yang bisa menjadikan interior cafe minimalis semakin menarik secara visual. Kamu bisa memasangkan jenis lampu yang berwarna warni atau lampu menggantung yang bisa menonjolkan kesan minimalis di kafe.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel