Tips dan Cara Penggunaan Test Pack yang Benar dan Akurat

Minggu, 12 Desember 2021 | 17:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tips Dan Cara Penggunaan Test Pack Yang Benar Dan Akurat

Ilustrasi pasangan melihat hasil test pack. (Spesial)

Ladiestory.id - Test pack adalah alat pemeriksa kehamilan dengan sistem mendeteksi kandungan hormon human chorionic gonadotropin atau hCG dalam urine dengan akurasi tinggi mencapai 99 persen.

Tips dan Cara Menggunakan Test Pack yang Akurat

Cara menggunakan test pack terlihat mudah. Namun, penggunaan dengan cara yang tidak tepat akan membuat hasil tidak akurat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara yang benar untuk menggunakan alat tes kehamilan ini. Ada beberapa tips dan cara menggunakan test pack dengan hasil yang akurat yaitu:

Pilih Test Pack yang Kondisinya Baik

Kamu bisa membeli test pack secara bebas dipasaran, misalnya di apotek atau supermarket. Pastikan test pack yang kamu beli masih dalam kondisi yang bagus dan tidak melewati masa kedaluwarsa. Test pack yang telah kedaluwarsa akan memiliki akurasi yang kurang tepat.

Pilih Test Pack yang Sensitif

Ketika kamu akan membeli test pack, alangkah baiknya kamu berkonsultasi kepada apoteker atau dokter untuk memilih test pack yang memiliki sensitivitas tinggi. Pasalnya, kandungan hormon hCG  yang terdapat di urin akan cenderung rendah di awal kehamilan sehingga berakibat sulitnya dibaca ketika menggunakan test pack. Umumnya, perempuan satu dengan yang lain memiliki kuantitas hormon hCG yang berbeda pula.

Gunakan Test Pack di waktu yang Tepat

Kalau kamu menggunakan test pack setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, maka tidak menutup kemungkinan hasilnya bisa saja negatif. Hal tersebut karena hormon hCG belum maksimal atau masih sangat rendah. Waktu yang tepat untuk kamu menggunakan test pack adalah saat hari pertama terlambat datang bulan atau sekitar 2 minggu setelah berhubungan intim.

Selain itu penggunaan test pack disarankan pada pagi hari setelah bangun tidur. Kondisi urine pada pagi hari masih sangat pekat, sehingga hasil test pack yang di dapat bisa lebih akurat dibandingkan dengan siang atau malam hari.

Gunakan Test Pack Sesuai dengan Petunjuk

Ilustrasi test pack. (Spesial)

Sebelum menggunakan test pack, pastikan kamu sudah membaca petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan produk. Test pack terdiri dari beberapa jenis, sehingga memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Umumnya ada tiga jenis test pack yang sering digunakan yaitu:

  • Test pack strip: Alat tes kehamilan berbentuk strip plastik. Cara penggunaanya, kamu bisa menampung urine pada suatu wadah, kemudian celupkan test pack strip kedalam wadah tersebut sesuai batas yang ada pada  test pack strip, tunggu sekitar 5 sampai 10 detik untuk mengetahui hasilnya. Jika yang muncul hanya satu strip artinya negatif, dan jika dua strip maka hasilnya adalah positif.
  • Pregnancy Cassette Test: Alat deteksi kehamilan yang memiliki stick yang lebih kuat dibandingkan dengan test pack strip. Cara penggunaanya hampir sama dengan  test pack strip, kamu bisa menampung urine di sebuah wadah, lalu teteskan urine pada test pack tersebut dengan pipet yang sudah ada pada kemasan. Tunggu beberapa detik untuk mengetahui hasilnya.
  • Test Pack Digital: Alat test kehamilan yang berbentuk stick dan ujungnya dapat dipasang strip untuk menyerap urine. Cara penggunaanya sama seperti  test pack strip, hanya saja  tesp pack digital dapat digunakan berulang kali dengan cara mengganti strip di dalamnya dengan strip yang baru.

Nah, itulah tips dan cara menggunakan test pack yang benar dan akurat. Semoga kamu mendapatkan kabar yang baik dari hasil penggunaan test pack-mu, ya.