1. Lifestyle
  2. Tetap Terawat, 7 Tips Bersihkan Oven dari Kerak Membandel
Lifestyle

Tetap Terawat, 7 Tips Bersihkan Oven dari Kerak Membandel

Tetap Terawat, 7 Tips Bersihkan Oven dari Kerak Membandel

Ilustrasi oven. (Special)

Ladiestory.id - Oven merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang harus dibersihkan secara berkala. Biasanya oven akan digunakan lebih sering saat Ramadan untuk membuat aneka kue kering. Membersihkan oven bukan perkara yang mudah, sisa-sisa makanan yang menumpuk bisa menyebabkan kerak dan karat di bagian oven yang sulit dibersihkan.

Jika diabaikan, hal tersebut akan membuat oven cepat rusak. Berikut beberapa tips yang mudah dilakukan untuk membersihkan oven.

Berikan Jeda Waktu

Ilustrasi bersihkan oven. (Special)

Langkah pertama dalam membersihkan oven adalah memberikan jeda waktu pemakaian. Biarkan oven yang telah digunakan dalam waktu beberapa menit, agar suhu oven dingin sehingga mudah dibersihkan. Setelah itu, keluarkan semua rak yang ada di dalam oven.

Untuk bagian rak oven, Kamu bisa rendam dalam bak cuci piring. Gunakan air hangat yang telah dicampur dengan air jeruk nipis. Rendam rak oven beberapa menit sebelum disikat atau dibersihkan.

Bersihkan Rak Oven

Ilustrasi bersihkan oven. (Special)

Setelah rak oven direndam maka Kamu bisa melanjutkan dengan cara disikat atau digosok secara perlahan. Hindari menggosok dengan terlalu keras, karena akan merusak komponen rak oven.

Setelah menggunakan oven, sebaiknya Kamu langsung membersihkan bagian raknya. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama  maka kotoran yang menempel akan semakin mengeras dan akan sulit dibersihkan. Selain itu, membersihkan kotoran yang mengeras atau karat yang menempel pada oven, membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Gunakan Cuka

Ilustrasi cuka. (Special)

Cuka merupakan salah satu bahan yang dinilai ampuh untuk menghilangkan karat pada oven. Memiliki sifat asam yang kuat, cuka dipercaya mampu melepaskan kotoran yang membandel pada bahan stainless steel.

Cara penggunaanya adalah dengan memberikan beberapa tetes cuka pada bagian oven yang akan dibersihkan. Setelah itu panaskan oven sekitar 5 menit agar cuka bisa menguap dengan sempurna. Kemudian matikan oven, tunggu sampai dingin, lalu gosok dengan lap kering. Dengan memanaskan cuka pada oven, akan membuat proses membersihkan lebih mudah dan cepat selesai.

Gunakan Baking Soda

Ilustrasi baking soda. (Special)

Jika cuka menimbulkan aroma asam yang kuat kuat, Kamu bisa membersihkan oven dengan baking soda. Tak hanya dapat membersihkan karat di oven, tapi baking soda juga dipercaya mampu membersihkan marmer yang berkerak.

Cara penggunaanya adalah campur 2 sendok makan baking soda dengan air, aduk sampai larut. Masukkan cairan baking soda ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan cairan baking soda ke bagian oven yang akan dibersihkan. Setelah itu, tunggu sekitar 15 menit sampai kotoran atau kerak di oven melunak. Gosok secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

Gunakan Lemon

Ilustrasi lemon. (Spesial)

Umumnya, cairan yang bersifat asam dipercaya efektif untuk membersihkan perlengkapan dapur yang terbuat dari stainless steel. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan juga dengan menggunakan lemon.

Cara penggunaannya sama seperti sebelumnya, yaitu dengan mencampur perasan jeruk lemon dengan air. Kemudian semprot pada bagian yang akan dibersihkan. Diamkan sekitar 15 menit, lalu gosok perlahan dan bilas dengan air bersih.

Gunakan Garam Dapur

Ilustrasi garam. (Special)

Kamu juga bisa memanfaatkan garam dapur untuk membersihkan oven. Caranya, dengan menaburkan garam dapur ke semua bagian oven yang akan dibersihkan. Biarkan beberapa menit, lalu sikat atau gosok dengan lap. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Gunakan Vanili

Ilustrasi vanili. (Special)

Meski sudah membersihkan oven dengan beberapa bahan di atas, biasanya oven masih meninggalkan bau yang kurang sedap. Untuk mengatasi hal tersebut Kamu bisa menggunakan vanili.

Campurkan satu sendok teh vanili ke dalam campuran cuka, baking soda atau lemon. Vanili dipercaya mampu menghilangkan aroma tak sedap yang ada di dalam oven.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel