1. Lifestyle
  2. Anti Ribet! 5 Tips Belajar agar Mudah Ingat
Lifestyle

Anti Ribet! 5 Tips Belajar agar Mudah Ingat

Anti Ribet! 5 Tips Belajar agar Mudah Ingat

Ilustrasi belajar. (Special)

Ladiestory.id - Terkadang, saat belajar, seseorang mengalami masa-masa kesulitan. Khususnya, dalam proses belajar maupun menerima sebuah materi pelajaran baru. Bahkan, lebih parahnya, dia tidak mengetahui apa yang tengah dipelajarinya.

Tentu saja hal semacam ini akan memberikan dampak buruk, bahkan masalah yang besar. Terutama, ketika menghadapi masa ujian. Hal itu akan terasa sangat sulit. Nah, bagi kamu yang sering mengalami hal tersebut, simak tips belajar supaya mudah ingat berikut. Dijamin anti ribet dan mudah diterapkan.

Jangan Lupa Berdoa

Ilustrasi berdoa. (Special)

Tentu saja, dalam memulai segala hal, kamu memerlukan berdoa. Sebab, dengan berdoa, secara tidak langsung akan memberikan sebuah kekuatan yang menjadi dasar motivasi dalam belajar. Ketika kamu belajar, tentu memiliki harapan dapat menambah ilmu baru dan meningkatkan kemampuan bukan?

Oleh karena itu, jangan lupa berdoa, baik sebelum dan sesudah belajar. Selain belajar dengan giat, berdoa setiap sebelum dan sesudah belajar juga merupakan usaha yang baik, agar kamu diberi kemudahan dalam memahami dan mengingat materi yang dipelajari. 

Catatlah Poin Penting Materi

Ilustrasi membuat to do list. (Special)

Ketika membaca materi yang begitu banyak, tentu hal itu akan membuka celah dan membuatmu lupa. Oleh karena itu, kamu memerlukan langkah untuk mempermudah mengatasi masalahmu. Salah satu cara yang paling efektif adalah mencatat poin-poin penting dari materi tersebut.

Sebab, dengan mencatat, secara tidak langsung kamu akan mengucapkannya dalam hati dan merekamnya dalam memori otak, loh. Misalnya, pada mata pelajaran sejarah perlu mengingat tanggal-tanggal bersejarah. Kamu cukup hanya dengan mencatat tanggal, tempat, dan nama dari peristiwa tersebut.

Belajar Kelompok

Ilustrasi belajar kelompok. (Special)

Bagi kamu yang merasa kesulitan atau kurang fokus saat belajar sendiri, mulailah untuk mencoba belajar kelompok. Sebab, dengan belajar kelompok, hal itu akan meningkatkan motivasi dan membantumu memiliki teman diskusi yang baik dalam memahami dan mengingat materi. Selain itu, perhatikan juga apakah belajar kelompok dapat membantumu secara efektif dalam belajar atau tidak.

Hindari Segala Gangguan

Ketika belajar, tentu sangat membutuhkan suasana yang nyaman dan kondusif. Abaikanlah terlebih dahulu jika kamu memiliki masalah di luar pelajaran. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada saat ujian, maka fokus adalah kunci utamanya. Hal-hal tidak penting hanya akan menjadi hambatan saja.

Ingatlah, bahwa ujian itu sangat penting dan tidak dapat diulang ketika kamu mendapatkan nilai yang tidak sesuai dengan harapan. Lalu, ketika rasa bosan mulai menghampiri, segarkan pikiran dengan sedikit berjalan kaki ke depan rumah dan menghirup udara segar di luar. Selain itu, selalu sediakan air putih dan camilan yang mendukung kesehatan dan meningkatkan konsentrasi.

Yakin Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi percaya diri. (Special)

Langkah terakhir adalah yakin terhadap kemampuan diri sendiri. Dorong diri agar lebih percaya diri untuk menghadapi ujian. Dengan itu, kamu bisa mengerjakan dengan tenang tanpa terburu-buru. Meskipun mungkin ada sedikit kesalahan, maka hadapilah dengan hati-hati dan jangan panik.J

ika diri sendiri sudah yakin terhadap kemampuan yang ada dalam diri, maka secara tidak langsung hal tersebut akan memberikan kekuatan penuh pada dirimu untuk selalu semangat dan bekerja keras.

Itulah lima tips belajar supaya mudah ingat yang bisa kamu lakukan dirumah. Dijamin anti ribet dan mudah diterapkan. Jangan lupa, bagikan informasi penting ini kepada orang-orang tercinta. Menyebarkan kebaikan dan menuainya bersama. Semoga bermanfaat dan semangat, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel