5 Tips Aman Bermain di Playground, Selalu Awasi Anak!

Selasa, 8 November 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Tips Aman Bermain Di Playground, Selalu Awasi Anak!

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Ladiestory.id - Playground atau taman bermain bisa menjadi salah satu tempat yang bisa dipilih orang tua untuk mengajak anak bermain. Sekarang, bukanlah hal yang sulit lagi menemukan playground. Karena hampir di setiap kota terdapat playground, baik indoor maupun outdoor.

Mengajak anak bermain di playground tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya, yaitu mampu mengasah motorik anak melalui berbagai permainan dan juga melatih anak untuk bersosialisasi. Namun, ada juga kekurangannya, yaitu anak bisa mudah tertular penyakit.

Nah, agar anak aman selama bermain di playground, berikut ini lima tips aman bermain di playground yang telah dirangkum oleh Ladiestory.id.

Perhatikan Batasan Usia

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Tips pertama yang perlu orang tua ketahui saat mengajak anak bermain di playground adalah memperhatikan dan mematuhi batasan usia anak. Setiap playground memiliki kebijakan dan aturan masing-masing.

Ada playground yang menerapkan batas usia minimal dua tahun agar bisa bermain di tempat tersebut. Namun, ada juga playground yang bisa digunakan untuk anak dengan usia di bawah dua tahun.

Orang tua perlu mengetahui dan memahami aturan tersebut. Aturan tersebut dibuat bukanlah tanpa alasan, karena umumnya permainan di playground lebih cocok untuk anak usia dua tahun ke atas yang sudah lancar berjalan.

Patuhi Aturan

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Selain batasan usia, biasanya pihak penyedia playground juga memiliki aturan khusus. Seperti, misalnya mewajibkan pengunjung untuk menggunakan kaos kaki, bahkan larangan untuk makan dan minum di area playground.

Aturan tersebut dibuat tentunya memiliki tujuan agar area bermain tidak kotor sehingga aman digunakan anak. Oleh karena itu, untuk kebaikan bersama orang tua perlu mematuhi aturan tersebut. Sebelum datang ke playground, sebaiknya cari tahu terlebih dulu tentang aturannya. Jadi, orang tua bisa menyiapkan hal yang dibutuhkan, misalnya kaos kaki.

Selalu Awasi Anak

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Di playground tentunya akan ada banyak anak yang bermain. Ada anak yang seumuran dan banyak juga yang berusia di atas anak kamu. Sebaiknya orang tua bisa selalu mengawasi anak selama bermain di playground. Jika usia anak masih kecil, orang tua bisa mendampingi anak ketika bermain.

Sedangkan, untuk anak yang berusia lebih besar, orang tua bisa mengawasi dari jauh. Usahakan untuk menghindari penggunaan gadget selama mengawasi anak di playground. Karena gadget dapat membuat orang tua terdistraksi dan lengah untuk mengawasi anak.

Tunda saat Anak Sakit

Ilustrasi anak sakit. (Special)

Playground bisa menjadi salah satu tempat penularan penyakit, lho. Oleh karena itu, jika anak sedang dalam kondisi kurang sehat sebaiknya tunda dulu membawa anak bermain di playground.

Membawa anak yang sedang sakit ke playground akan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, anak yang sedang sakit juga berpotensi menularkan penyakit ke anak lain yang juga bermain di playground. Terlebih jika anak menderita penyakit yang mudah menular seperti common cold dan penyakit kulit.

Segera Ganti Baju

Ilustrasi anak ganti baju. (Special)

Tips terakhir yang bisa dilakukan orang tua agar anak aman bermain di playground adalah dengan mencuci tangan dan mengganti baju anak setelah selesai bermain. Tak dapat dipungkiri, di playground, anak bisa saja terkontaminasi virus, kuman, maupun bakteri.

Virus, kuman, dan bakteri tersebut dapat menempel pada tangan dan juga pakaian anak. Hal inilah yang menyebabkan anak kemudian sakit setelah bermain di playground

Itulah beberapa tips agar anak aman bermain di playground. Orang tua perlu memperhatikan dan melakukan tips tersebut agar anak terhindar dari penyakit dan aman saat bermain di playground.