1. Lifestyle
  2. 5 Tips Agar THR Tidak Langsung Ludes Tak Tersisa
Lifestyle

5 Tips Agar THR Tidak Langsung Ludes Tak Tersisa

5 Tips Agar THR Tidak Langsung Ludes Tak Tersisa

Ilustrasi uang THR. (Special)

Ladiestory.id - Siapa yang sudah dapat uang THR? Pasti semua sedang menantikan Tunjangan Hari Raya (THR). Bahkan, sebelum THR itu cair, terkadang Kamu sudah punya list barang-barang yang ingin Kamu beli.

Tapi setelah dapat uang THR, terkadang Kamu bingung kemana larinya uang tersebut. Pasalnya, baru hitungan hari, uang THR sudah habis ludes. Ya, Kamu harus pintar dalam mengatur THR agar tidak langsung habis. Bagaimana caranya?

Mengetahui Berapa Banyak Uang Masuk dan Keluar

Foto: muslimobsession

Salah satu tips menghemat THR agar tidak langsung habis adalah mengetahui berapa banyak THR yang diberikan. Namun, Kamu juga harus tahu berapa banyak dana yang Kamu butuhkan.

Hal tersebut menjadi langkah awal agar Kamu tidak boros. Bahkan, prinsip ini tidak hanya berlaku untuk THR saja, melainkan untuk gaji bulanan atau pendapatan Kamu. Dilansir berbagai sumber, seorang ahli keuangan di GreenPath yakni Jeff Arevalo mengatakan hal yang serupa.

"Jika tidak, sulit untuk menerapkan pengeluaran yang komprehensif," kata ahli keuangan di GreenPath, Jeff Arevalo.

Mungkin Kamu terlalu malas untuk mencatat atau menghitung secara manual. Jangan khawatir, sebab kini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu Kamu menghitung dan mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Tabung Sebagian THR untuk Dana Darurat

Foto: Ruangmom

Pandemi Covid-19 masih belum kunjung usai. Sehingga hidup selalu dibayangi kekhawatiran tentang hari esok. Pasalnya, pandemi sangat berdampak bagi perekonomian di Indonesia. Oleh sebab itu Kamu membutuhkan atau harus memiliki dana darurat.

Sehingga salah satu cara uang THR tidak langsung ludes adalah menyisihkan THR untuk dana darurat. Dengan begitu, jika nantinya Kamu harus dipermasalahkan dengan perekonomian, setidaknya Kamu punya dana darurat. Sehingga Kamu masih bisa bertahan dengan dana darurat dari uang THR tesebut. Jika perlu, Kamu simpan dana darurat dari THR itu direkening.

Namun usahakan ya, uang tersebut di simpan di rekening khusus. Jangan pernah menabung atau menyimpan uang di rekening utama. Pasalnya, Kamu akan tergoda untuk menggunakannya.

Jangan Lupa Zakat Fitrah, Infak, Sedekah

Sedekah. (Special)

Cara lain agar THR tidak langsung habis yakni dengan membayar zakat fitrah, infak, atau sedekah. Cobalah pikir bahwa THR merupakan suatu hak yang diberikan cuma-cuma untuk Kamu. Sehingga Kamu juga harus membagikan apa yang Kamu terima ke orang lain. Sebenarnya Kamu bisa bersedekah dan berinfak bisa kapan saja.

Namun, waktu pembayaran zakat fitrah, hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Yakni, selama bulan Ramadan berlangsung dan sebelum bulan puasa berakhir.

Selain itu, jangan lupa menyisihkan THR untuk berbagi dengan kerabat, keluarga, dan tetangga. Biasanya orang yang sudah bekerja akan membagi-bagikan uang untuk anak-anak, baik tetangga maupun keluarga. Yuk belajar untuk berbagi!

Buat Rencana Keuangan

Foto: Ladiestory.id

Banyak orang yang mengeluh "wah, tau-tahu THR ku habis." Tahu kah Kamu hal tersebut terjadi karena tidak ada perencanaan keuangan. Biasanya, orang akan merencanakan gaji bulanan untuk pengeluaran bulanan. Hal serupa juga harus diterapkan untuk uang THR.

Jangan karena itu uang THR, Kamu bisa menggunakan dan menghabiskan semau Kamu. Cobalah bijak dalam menggunakan uang THR tersebut. Kamu harus membuat list hal apa saja yang dibutuhkan menggunakan uang THR tersebut. Seperti belanja baju lebaran, beli kue lebaran, dibagikan ke ponakan, dan lain sebagainya.

Sehingga Kamu juga tahu, berapa uang THR yang harus Kamu pakai dan berapa sisanya. Ingat ya, sisanya untuk ditabung jangan dipakai untuk bersenang-senang saja.

Menahan Nafsu

Foto: Ladiestory.id

Nah, poin kelima ini berhubungan dengan poin-poin sebelumnya. Sebab, jika Kamu bisa menahan nafsu, dijamin uang THR Kamu tidak akan langsung habis. Kamu harus selalu bijak dan berhati-hati dalam mengeluarkan uang THR Kamu. Pasalnya, sifat lapar mata terhadap beberapa barang jadi salah satu faktor uang THR cepat habis.

Sering kali Kamu tergiur dengan barang yang sebenarnya tidak terlalu Kamu perlukan. Apalagi kalau barang tersebut diskon atau promo di hari raya. Jangan sampai Kamu terpancing dengan promosi atau diskon dari barang yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, Kamu bisa menggunakan uang THR untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel