1. Health
  2. Anti Rambut Rusak, Ini Tips Agar Rambut Tetap Sehat di Musim Panas
Health

Anti Rambut Rusak, Ini Tips Agar Rambut Tetap Sehat di Musim Panas

Anti Rambut Rusak, Ini Tips Agar Rambut Tetap Sehat di Musim Panas

Ilustrasi rambut sehat. (Special)

Ladiestory.id - Cuaca panas memang sedang melanda sejumlah daerah beberapa hari ini. Panas dari sinar matahari jika terus-menerus mengenai rambut, dapat menghambat sel tertentu yang bertugas untuk membuat rambut hitam, sehingga warna rambut memudar dan tampak kemerahan. Berikut cara yang dapat kamu lakukan agar rambut tetap sehat, meskipun di musim panas.

Gunakan Hair Serum

Ilustrasi serum rambut. (Special)

Saat kamu ingin berpergian keluar, kamu dapat membasahi rambut atau keramas agar rambut lembab. Setelah itu gunakan hair serum dengan mengoleskan pada batang rambut.

Hair serum berfungsi sebagai pelindung rambut dari sinar matahari dan mencegah rambut lepek saat terkena panas yang menyebabkan kulit berkeringat.

Saat terkena panas sinar matahari, sering kali kita merasa gerah dan mengeluarkan banyak keringat di area seperti leher sampai kulit kepala. Jika tidak menggunakan hair serum, keringat akan terus menempel pada kulit rambut, dan menyebabkan rambut mudah lepek dan bau.

Pakai Topi Saat Aktivitas di Luar Ruangan

Ilustrasi Wanita Pakai Topi Foto: Ladiestory.id

Menggunakan topi saat siang hari baik untuk melindungi rambut agar tetap sehat. Tak hanya melindungi rambut dari bau matahari, menggunakan topi juga dapat melindungi kesehatan rambutmu loh.

Sebaiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan topi, pakai jika saat di luar ruangan. Karena menggunakan topi secara terus-menerus dengan kencang, akan menyebabkan kerusakan rambut yang membuat rambut kamu rentan untuk rontok. Selain itu, iritasi pada rambut juga akan terjadi jika pemakaian topi dengan kencang.

Rutin Keramas

Ilustrasi Keramas (Ladiestory.id)

Seperti halnya kulit berminyak, kulit kepala juga akan semakin berminyak jika terkena panas sinar matahari terus-menerus. Lakukan selalu keramas sehari atau dua hari sekali untuk menghindari penumpukan minyak di rambut kamu.

Penting untuk melakukan keramas di musim panas, karena keringat yang dikeluarkan akan lebih banyak yang terdapat debu dan polusi pada minyak kulit rambut. Jika terjadi penumpukan akan menjadi masalah pada rambut.

Gunakan Masker Rambut

Ilustrasi rambut rusak. (Special)

Saat waktu luang atau weekend, jangan lupa untuk atur jadwal penggunaan masker rambut. Tak hanya non hijabers, para wanita yang menggunakan hijab juga. Karena saat pakai hijab akan lebih mudah berkeringat dan menempel pada kulit kepala.

Memakai masker rambut akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas rambut, meminimalisir kerusakan rambut, dan atasi kerontokan.

Pakai Conditioner 

Ilustrasi rambut sehat. (Special)

Buat yang memiliki rambut kering dan mudah rontok, pentingnya menggunakan conditioner terutama saat musim panas yang membuat rambut terpapar sinar matahari. Dengan menggunakan conditioner, akan membuat kelembapan rambut dapat terjaga sehingga rambut akan sehat dan tidak mudah rontok.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel