1. Health
  2. Tingkatkan Kualitas Tidur, Ketahui 5 Manfaat Penggunaan Penutup Mata
Health

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ketahui 5 Manfaat Penggunaan Penutup Mata

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ketahui 5 Manfaat Penggunaan Penutup Mata

Manfaat Penggunaan Penutup Mata Saat Tidur. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Penutup mata yang digunakan saat tidur ternyata memiliki banyak manfaat bagi seseorang. Menggunakan penutup mata saat tidur bisa meningkatkan produksi melatonin yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Hal tersebut akan membantu tubuh mempertahankan siklus tidur-bangun, dan membuat seseorang menjadi lebih segar saat terbangun. Selain itu, penutup mata juga dapat membantu mencegah mata kering dan gatal saat bangun tidur.

Melansir Healthshots, berikut ini manfaat penggunaan penutup mata saat tidur.

Cegah Pancaran Cahaya

Manfaat Penggunaan Penutup Mata Saat Tidur: Cegah Pancaran Cahaya. (Freepik.com)

 

Terpapar cahaya saat tidur dapat mengganggu isyarat tidur alami dari tubuh, karena cahaya buatan akan menekan melatonin. Kekurangan melatonin dapat mengakibatkan gangguan tidur seperti insomnia. Penutup mata dapat membantu menghalangi cahaya yang bisa membuat sulit tidur.

Sebuah penelitian tahun 2017 yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research menemukan bahwa penggunaan masker tidur dan penyumbat telinga dapat memberikan efek positif pada kualitas tidur subjektif pasien di unit perawatan intensif.

Kurangi Risiko Insomnia

Manfaat Penggunaan Penutup Mata Saat Tidur: Kurangi Risiko Insomnia. (Freepik.com)

 

Jika merasa kesulitan untuk tertidur pada malam hari, Penutup mata juga dapat membantu memblokir "suara" tambahan yang datang dari otak. Bahkan dengan mata tertutup, seseorang masih dapat merasakan aktivitas yang terjadi di sekitar. 

Penutup mata dapat memberi ruang bagi perampasan sensorik, menghilangkan gangguan tambahan yang membuat seseorang terjaga di malam hari, seperti cahaya di sekitar yang terus mengganggu tidur.

Redakan Sakit Kepala

Manfaat Penggunaan Penutup Mata Saat Tidur: Redakan Sakit Kepala. (Freepik.com)

 

Menurut Journal of Neuro-ophthalmology, fotofobia atau kepekaan terhadap cahaya merupakan salah satu tanda umum migrain kronis. Siapa pun yang menderita migrain pasti pernah merasakannya saat migrain menyerang di siang hari, sehingga sulit menemukan ruangan gelap untuk kembali ke kondisi normal.

Penutup mata dapat memberikan seseorang waktu istirahat yang dibutuhkan, di mana pun berada. Penutup mata sangat berguna saat berada di tempat yang tidak memiliki tirai gelap atau saat memerlukan istirahat di tempat kerja.

Kurangi Mata Kering

Manfaat Penggunaan Penutup Mata Saat Tidur: Kurangi Mata Kering. (Freepik.com)

 

Penutup mata sangat bermanfaat bagi seseorang untuk mengatasi mata kering saat bangun tidur. Risiko mata kering dapat bertambah parah jika menyalakan pemanas atau pembersih udara saat tidur.

Meskipun tidak dapat menambah kelembapan, penutup mata dapat mengunci kelembapan di sekitar mata, menjaganya tetap terhidrasi, atau melindunginya dari debu dan alergi.

Cegah Kerutan

Manfaat Penggunaan Penutup Mata Saat Tidur: Cegah Kerutan. (Freepik.com)

 

Menurut Aesthetic Surgery Journal, kerutan juga dapat terbentuk dari ekspresi wajah saat kita tidur. Saat kita tidur tengkurap atau menyamping, kita cenderung menekan fitur wajah kita, yang dapat menyebabkan lebih banyak kerutan. Mengenakan penutup mata saat tidur dapat membantu melindungi fitur sensitif di sekitar mata dari kerusakan akibat gesekan.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel