Tingkatkan Kesehatan & Pendidikan Anak, Matahari Donasi Rp1,8 M & Selesaikan Renovasi Perpustakaan

Jumat, 7 Juli 2023 | 19:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Tingkatkan Kesehatan & Pendidikan Anak, Matahari Donasi Rp1,8 M & Selesaikan Renovasi Perpustakaan

Tingkatkan Kesehatan dan Pendidikan Anak, Matahari Salurkan Donasi Rp1,8 M & Selesaikan Renovasi Perpustakaan. (Special)

Ladiestory.id - Matahari mengumumkan penyerahan bantuan dari serangkaian program CSR untuk mendukung kesejahteraan dan pendidikan anak. Program tersebut yakni: Program Donasi Pelanggan dan Renovasi Perpustakaan Sekolah.

Program Donasi Pelanggan merupakan program yang telah menjadi kegiatan rutin tahunan Matahari dimana pelanggan dapat berkontribusi untuk membantu mengentaskan kemiskinan, memperbaiki kesejahteraan masyarakat, dan  meningkatkan pendidikan bagi anak-anak di Indonesia. Tahun ini, Matahari bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa Republika dan Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI) sebagai lembaga penyalur manfaat.

Program Donasi Pelanggan telah berjalan pada periode Lebaran tahun 2023, mulai dari 1 Maret 2023 sampai dengan 31 Mei 2023. Melalui program ini, Matahari berhasil menghimpun donasi dari pelanggan sebesar Rp1,808 miliar yang akan disalurkan melalui Yayasan Dompet Dhuafa dan Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI).

Tingkatkan Kesehatan dan Pendidikan Anak, Matahari Salurkan Donasi Rp1,8 M & Selesaikan Renovasi Perpustakaan. (Special)

 

Donasi sebesar Rp904,404 juta akan disalurkan melalui Yayasan Dompet Dhuafa dan akan digunakan untuk program yang berfokus pada Kesehatan Anak seperti Pencegahan Stunting, Program Kesehatan Ibu dan Anak, Program Anak Indonesia Sehat, Program Remaja Sehat, dan Perbaikan Sanitasi.

“Dompet Dhuafa merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Matahari di program ini. Donasi dari para pelanggan Matahari yang dermawan ini kami harap dapat membantu mewujudkan berbagai program yang telah disepakati. Bersama-sama, kita dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak," ujar Etika Setiawanti, Direktur Mobilisasi Sumber Daya Dompet Dhuafa.

Sementara itu, donasi yang disalurkan melalui YKAI akan digunakan untuk membantu anak pejuang kanker dan keluarganya. Donasi yang jumlahnya juga sebesar Rp904,404 juta ini akan disalurkan melalui program-program YKAI yang meliputi: Pengobatan, Transportasi, Family Support, dan Pendidikan.

“Dukungan dari Matahari dan para pelanggannya tentu saja akan memberikan dampak yang signifikan untuk kehidupan anak-anak yang saat ini tengah berjuang melawan kanker beserta keluarga mereka. Kami berterima kasih atas kemurahan hati dan komitmen Matahari terhadap tujuan kami," ujar Ibu Sallyana Sorongan (Ketua Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI). 

Program Donasi Pelanggan ini mampu meraih respon yang luar biasa serta mengumpulkan nilai donasi yang signifikan berkat dedikasi dan kerja keras tim kasir yang dilakukan oleh tim kasir di masing-masing gerai Matahari. Komitmen dan dedikasi tim kasir berperan sangat penting dalam kesuksesan program ini, oleh karena itu, untuk mengaplikasikan nilai Giving Back yang dianut Matahari, Matahari juga memberikan apresiasi kepada karyawan Matahari khususnya tim kasir melalui Program Apresiasi Kasir Donasi.

Tidak hanya itu, Matahari juga menunjukkan dukungannya di bidang pendidikan anak. Di bulan Juni 2023, Matahari resmi menyelesaikan program renovasi perpustakaan sekolah, yakni sebuah program dimana Matahari melakukan pembangunan dan/atau renovasi perpustakaan sekolah di 10 sekolah di seluruh Indonesia. Lokasi tersebut yakni Kubu Raya (Kalimantan), Palembang, Semarang, Medan, Malang, Tangerang, Kab. Bogor, Palu (Sulawesi), Jakarta Timur, dan Kupang (NTT).

Program ini telah berjalan selama 6 bulan dari Desember 2022 – Juni 2023 dengan penggunaan dana sebesar total Rp906,6 juta. Diharapkan, dengan adanya program ini, Matahari dapat membantu mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk belajar, sehingga anak-anak dapat terus berdaya dan meraih potensi terbaik mereka.

“Matahari percaya, kesehatan dan pendidikan anak sangat penting untuk mengangkat kehidupan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Sesuai dengan target ESG Matahari untuk memberikan perhatian khusus kepada anak-anak, kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem di mana anak-anak Indonesia dapat tumbuh dengan sehat dan merasa nyaman dan aman akan masa depan mereka. Kami harap, bantuan ini dapat memberikan dampak bagi masyarakat secara luas dan mampu meningkatkan kualitas hidup mereka secara jangka panjang,” tukas Terry O’Connor, CEO Matahari.

Seremonial penyerahan Donasi Pelanggan dan penghargaan secara simbolis bertempat di Matahari Taman Anggrek, Jakarta Barat, pada Kamis, 6 Juli 2023. Donasi secara secara resmi diserahkan oleh Herni Dian (Chief People & Culture Matahari) dan Irwin Abuthan (Director Store Planning & Development Matahari) dan diterima oleh Etika Setiawanti (Direktur Mobilisasi Sumber Daya Dompet Dhuafa) dan Ibu Sallyana Sorongan (Ketua Yayasan YKAI).

Program dan inisiatif CSR Matahari diharapkan mampu membuat dampak yang signifikan untuk kehidupan anak-anak di seluruh negeri. Matahari mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pelanggan, karyawan, mitra, dan sukarelawan atas dukungan dan kontribusi mereka pada program CSR ini. Bersama-sama, kita bisa menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak Indonesia.