1. Travel
  2. Tingkatkan Keimanan dengan Wisata Religi di Jakarta, Intip Destinasinya
Travel

Tingkatkan Keimanan dengan Wisata Religi di Jakarta, Intip Destinasinya

Tingkatkan Keimanan dengan Wisata Religi di Jakarta, Intip Destinasinya

Ilustrasi kemeriahan hari raya. (Pixabay/suhailsuri)

Ladiestory.id - Selain menjadi momen silaturahim, Hari Raya Idulfitri juga dijadikan momen berlibur bersama keluarga mengunjungi destinasi wisata.

Agar suasana Hari Raya Idulfitri masihi tetap terasa, kamu bisa ajak keluargamu untuk mengunjungi destinasi wisata religi yang ada di Jakarta, salah satunya adalah masjid yang selalu menjadi tujuan wisata yaitu, Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta Pusat.

Selain Masjid Istiqlal, ada beberapa tempat wisata religi di Jakarta paling terpopuler lainnya yang bisa kamu kunjungi, yang diantaranya adalah sebagaii berikut:

Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa. (Wikipedia)

Destinasi wisata religi pertama yang bisa kamu kunjuungi adalah Masjid Agung Sunda Kelapa. Masjid Agung Sunda Kelapa dibangun pada 1966 oleh swadaya masyarakat Menteng dan dukungan pemerintah daerah DKI Jakarta pada saat itu, yaitu Gubernur Ali Sadikin.

Diresmikan pada 1971 masjid ini diharapkan dapat menjadi tempat warga sekitar melaksanakan ibadah shalat maupun mengikuti kajian-kajian yang diselenggarkan di dalamnya dalam rangka mencerdaskan masyarakat muslim sekitar.

Masjid Perahu Baiturrahman

Masjid Perahu Baiturrahman. (Spesial)

Masjid dengan bentuk bangunan menyerupai perahu ini terletak di Jalan Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Perahu ini melambangkan kisah Nabi Nuh AS yang memberi banyak pelajaran bagi umat Islam.

Dibangun oleh KH Abdurrahman Masum pada tahun 1960-an, masjid ini memiliki beberapa hal unik seperti Al-Quran berukuran 2x1 meter dan setebal 30 cm. Terdapat pula emas seberat 3 kg berjumlah 99 sesuai Asmaul Husnah.

Masjid Si Pitung

Masjid Si Pitung. (Spesial)

Masjid ini erat kaitannya dengan sosok pahlawan asal Suku Betawi yang terletak di tepi Pantai Marunda, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. Masjid ini juga menjadi tempat wisata religi yang bisa dikunjungi di Jakarta.

Dibangun langsung oleh Si Pitung dan keluarganya pada tahun 1600-an, masjid ini memiliki arsitektur yang cukup sederhana dengan ukuran cukup kecil.

Atap yang berbentuk joglo dan ditopang dengan empat pilar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masjid yang telah menjadi Cagar Budaya sejak tahun 1975 ini.

Masjid At-Tin

Masjid At-Tin. (Spesial)

Masjid yang terletak di Jl. Taman Mini I No.3, RW.3, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi di Jakarta yang dikunjungi bersama keluarga.

Masjid dengan bangunan megah yang satu ini mengambil bentuk kubus sebagai dasar rancangannya. Di hampir semua sudut dinding dan ornamen yang menghiasinya, ditonjolkan gaya arsitektur berupa lekukan bentuk anak panah.

Di sekitar masjid ada taman yang dihiasi lampu dan pohon palem yang berjajar lurus, menyerupai suasana di Timur Tengah. Jalan masuknya pun dihiasi lampu dinding berwarna-warni. Setiap sudut masjid juga dihiasi oleh berbagai ornamen mewah.

Masjid Luar Batang

Masjid Luar Batang. (Spesial)

Masjid satu ini selaluu didatangi oleh ribuan peziarah setiap harinya yang hendak mengunjungi makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus, yang berada di area kompleks masjid. Keberadaan makam inilah yang menjadi daya tarik bagi para jemaah.

Para jemaah tidak hanya datang dari wilayah Jakarta, tapi dari seluruh Indonesia. Sejumlah jemaah bahkan datang dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei, dan beberapa negara Timur Tengah.

Masjid sederhana yang dilengkapi dengan dua menara dengan bentuk yang menyerupai mercusuar ini telah menjadi salah satu Cagar Budaya di Jakarta, dan terletak di Jl. Luar Batang V No.10, RT.6/RW.3, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel