1. Lifestyle
  2. Tingkatkan Ekonomi Digital Kreatif dan Pariwisata Indonesia lewat Inisiatif #NgeShortsBareng
Lifestyle

Tingkatkan Ekonomi Digital Kreatif dan Pariwisata Indonesia lewat Inisiatif #NgeShortsBareng

Tingkatkan Ekonomi Digital Kreatif dan Pariwisata Indonesia lewat Inisiatif #NgeShortsBareng

NgeShortsBareng. (Special)

Ladiestory.id - Setiap hari, orang-orang Indonesia membuka YouTube untuk belajar hal baru, menggeluti hobi dan minat, atau menemukan komunitas yang cocok dengan mereka.

Di platform yang inklusif ini, mereka dapat menemukan beragam konten yang memperkaya budaya. Sementara itu, dengan kreator yang berasal dari seantero negeri, YouTube pun mencerminkan keberagaman Nusantara.

Berdasarkan laporan YouTube Impact Report 2022, ekosistem kreatif YouTube berkontribusi Rp7,5 Triliun untuk PDB Indonesia dan mendukung lebih dari 20 ribu pekerjaan setara purnawaktu (FTE) di berbagai bidang ekonomi pada 2021.

Ilustrasi YouTube (Special)

Kreator YouTube Indonesia tidak hanya memberikan informasi, menghibur, dan menginspirasi audiensnya, tetapi juga menstimulasi ekonomi kreatif secara umum. Ketika channel bertambah besar, demikian pula jumlah kru yang direkrut dalam produksi konten. Ekosistem kreatif di Indonesia pun menjadi lebih kuat, dan hal ini berdampak positif pada lapangan kerja dan PDB nasional.

Tidak hanya itu, berdasarkan laporan yang sama, para kreator dan pemangku kepentingan pun setuju bahwa YouTube mendorong keterikatan dan inklusi antar daerah di seluruh Indonesia.

Selain itu juga membantu masyarakat Indonesia dapat menemukan musik dan konten media yang baru dan beragam, sementara artis baru memiliki kesempatan untuk menarik perhatian. Dengan akses ke YouTube, kreator di Indonesia dapat menghadirkan ekspresi, bakat, dan minat yang unik.

Maka dari itu, bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, StarHits, YouTube menghadirkan #NgeShortsBareng.

Sebuah inisiatif peningkatan keterampilan dari Kemenparekraf, StarHits, dan YouTube, yang memungkinkan kreator Indonesia untuk belajar, terhubung, dan berkreasi, serta mendapatkan wawasan dan praktik terbaik dari kreator dan praktisi tentang cara baru bercerita melalui format video pendek.

Pertama digelar pada 2022, inisiatif ini telah dilaksanakan di 5 kota dan dihadiri oleh lebih dari 2 ribu kreator Indonesia. 

Melihat antusiasme dan minat para kreator yang begitu tinggi akan workshop #NgeShortsBareng, inisiatif ini kembali digelar tahun ini dan akan di hadirkan di 10 kota. 

Follow our
media updates!
Ilustrasi YouTube (Special)

"Kami percaya bahwa setiap orang harus dapat menemukan komunitas, mendobrak penghalang, melampaui batas, dan berkumpul bersama untuk kepentingan dan minat atau passion yang sama," ujar Danny Ardianto, Head of Government Affairs and Public Policy di YouTube. 

"Semoga dengan hadirnya workshop ini, komunitas kreator YouTube dapat terus belajar, terhubung, berkreasi, dan terpenting untuk terus berkolaborasi demi menghadirkan konten multiformat yang berkualitas,” tambahnya.

#NgeShortsBareng adalah langkah bijak untuk mendukung pelaku industri kreatif terutama bagi para pembuat konten lokal. Di mana StarHits, melalui jaringan media MNC Group adalah tempat yang tepat dalam membantu para pelaku insan kreatif untuk lebih dikenal secara nasional.

“Saya baru memulai YouTube 2020 sebelum ada shorts, jadi diawali dengan video panjang, tapi semenjak ada YouTube Shorts mulai tahun lalu, ini membuat para kreator berkembang pesat banget, bahkan saya bisa langsung mendapatkan 1,5 juta subscribers hanya dari Shorts saja," ungkap Cheryl Antoinette, kreator YouTube

Menurutnya, YouTube Shorts itu seperti magic, karena saat unggahan pertama masih tahap datar, tapi seminggu kemudian bisa tiba tiba meningkat jadi 5 juta penonton. Jadi, Shorts itu membuat kesempatan yang besar bagi kreator untuk berkembang lebih pesat lagi.

Dapat dilihat dari data internal, peningkatan jumlah omset para UMKM ini karena kontennya selalu dikemas dengan unik dan menarik, maka diberilah apresiasi program #NgeShortsBareng.

Ilustrasi YouTube (Special)

Tahun lalu, program #NgeShortsBareng di 5 kota dan 2 ribu kreator di Indonesia dan harapannya dengan adanya #NgeShortsBareng tahun ini dapat membantu tidak hanya produk-produk UMKM dan destinasi wisata, tapi sektor ekonomi kreatif secara keseluruhan.

Melihat tahun ini akan ada di 10 kota mulai dari 
Medan, Balikpapan, Sorong, Denpasar, Yogyakarta, Pekanbaru, Makassar, Malang, Manado, dan Mataram.

"Harapannya, dengan program ini juga bisa mendorong pergerakan wisatawan nusantara ke 1,4 milyar dan juga kita harapkan pergerakan penjualan produk ekonomi kreatif kita akan tembus ke Rp1,3 Ribu Triliun rupiah,” tutup Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel