Ladiestory.id - Untuk emerging market seperti Indonesia, program loyalitas masih kerap dinantikan oleh para konsumen. Hal ini karena mereka menginginkan benefit lebih untuk setiap transaksi yang mereka lakukan pada brand tertentu. Baik itu berupa potongan harga, point rewards, cashback, stamp dan lain sebagainya. Kondisi ini akan sering kita jumpai pada brand-brand retail. Tetapi bagaimana dengan program loyalitas yang diimplementasikan pada sebuah komunitas?
Salah satu komunitas besar di Indonesia yang sudah menggunakan program loyalitas adalah Bali United. Klub bola asal Pulau Dewata ini baru saja meningkatkan program point rewards baru melalui kerjasamanya dengan OttoPoint, sebuah perusahaan penyedia solusi program loyalitas terkemuka. Melalui langkah ini, mereka menginginkan anggota komunitasnya tetap terkoneksi dengan klub favoritnya dan merasakan manfaat secara berkelanjutan.
“Klub bola tentunya memiliki kebutuhan untuk membuat komunitas bolanya tetap antusias dalam mendukung tim mereka. Untuk itu, Bali United melalui aplikasinya, sudah menerapkan sistem point rewards yang diimplementasikan untuk setiap pembelian tiket pertandingan,” ujar James Hamdani, CEO OttoPoint. Dia juga mengatakan bahwa saat sistem loyalitas yang digunakan oleh Bali United sudah terintegrasi dengan katalog rewards. Sehingga mereka tidak repot untuk mengkurasi rewards dari awal dan anggotanya juga bisa segera menikmati beragam voucher rewards yang menarik seperti voucher pulsa, belanja, uang elektronik, makan, listrik dan masih banyak lagi.
Selain pembelian tiket pertandingan, komunitas dari Bali United juga bisa mendapatkan poin dari penggunaan kode referral. Baik pemilik maupun pengguna kode berkesempatan mendapatkan poin. Disamping itu, poin dapat bertambah saat berhasil melengkapi data diri melalui aplikasi. Hal ini diharapkan oleh Bali United dapat meningkatkan keterikatan dengan komunitasnya, memberi manfaat lebih bagi anggota dan tentunya memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan. Karena saat tidak ada pertandingan yang berlangsung, mereka masih bisa mendapatkan point rewards di OttoPoint.
Berdasarkan studi callminer, 91 persen orang akan tetap setia pada brand atau organisasi tertentu jika terdapat layanan yang memuaskan dan baik. Nah, dalam hal ini ‘layanan’ untuk sebuah komunitas bisa direpresentasikan dalam bentuk program loyalitas. Ketika komunitas Bali United merasa senang dan puas, maka mereka akan terus mengikuti perkembangan dari tim bola kesayangan mereka.
James memaparkan pula bahwa selain Bali United, sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan lain yang mengintegrasikan layanan point rewards OttoPoint, antara lain BPD Jambi, OttoPay, HelloBill, Benerin Motor dan Pede.
“Dalam kurun waktu 9 bulan saja, mitra kami berhasil mengalami peningkatan frekuensi transaksi sebanyak 6 kali. Jadi kami melihat potensi ini juga bisa dirasakan oleh Bali United,” tutupnya.