1. Beauty
  2. Tak Hanya Sebagai UV Protection, Ini Keuntungan Gunakan Sunscreen
Beauty

Tak Hanya Sebagai UV Protection, Ini Keuntungan Gunakan Sunscreen

Tak Hanya Sebagai UV Protection, Ini Keuntungan Gunakan Sunscreen

Ilustrasi penggunaan sunscreen. (Special)

Ladiestory.id - Paparan sinar matahari yang cukup bermanfaat bagi kesehatan tulang dan dapat mengatasi sejumlah permasalahan kulit, seperti psoriasis dan eksim. Namun, jika kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan, muncullah berbagai masalah, misalnya kerutan, hiperpigmentasi, kulit terbakar, dan meningkatkan risiko kanker kulit. Penggunaan sunscreen bisa jadi solusi yang tepat untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar UVA dan UVB. Apa keuntungan menggunakan sunscreen? Inilah dia manfaat menggunakan sunscreen untuk kesehatan kulit!

Sunscreen mencegah penuaan dini

Kulit yang sehat, bercahaya, dan awet muda pastinya jadi idaman setiap orang. Sunscreen dapat jadi solusi untuk kulit yang awet muda. Sinar matahari dapat merusak jaringan kolagen pada kulit. Kolagen penting untuk menjaga kulit tetap elastis dan meminimalkan terjadinya kerutan di wajah. 90 persen kerusakan kulit disebabkan akibat paparan sinar UV.

Sunscreen dapat melindungi kulitmu dari papran sinar UV yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, misalnya garis halus dan kerutan. Menariknya lagi, sunscreen adalah skincare anti-aging paling murah yang bisa kita dapatkan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk gunakan sunscreen mulai dari sekarang!

Sunscreen menurunkan risiko kanker kulit

Sunscreen terbukti mampu menurunkan risiko kanker kulit atau melanoma. Berdasarkan informasi dari CDC, gunakan sunscreen yang memiliki minimal SPF 15 untuk mengurangi risiko carcinoma dan melanoma mencapai 50 persen. 

Sunscreen melindungi kulit dari bahaya sunburn

Selain sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini, sinar matahari juga punya sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar. Sunburn dapat terjadi ketika kamu berada di luar ruangan seharian saat cuaca panas dalam waktu lama. Ketika sunburn terjadi, kulit pun mengelupas, gatal, dan timbul kemerahan. Pemakaian sunscreen sebelum beraktivitas di luar bisa mencegah terjadinya sunburn atau kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Menjaga warna kulit tetap merata

Memakai sunscreen juga dapat menjaga warna kulit tetap merata karena kulit tidak akan terkena sinar matahari yang dapat menyebabkan penggelapan kulit dan warna kulit yang tidak merata. Sunscreen juga dapat mencegah timbulnya flek hitam di wajah.

Sunscreen menjaga kesehatan Kulit secara keseluruhan

Dengan menggunakan sunscreen, jaringan kolagen, elastin, dan keratin jadi terlindungi. Ketiga unsur ini penting dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, kulit pun tampak sehat, bercahaya, dan terjaga keremajaannya. Sesuai namanya, sunscreen dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat memicu sejumlah permasalahan kulit, misalnya kanker kulit, penuaan dini, dan kulit terbakar.

Oh ya, untuk perlindungan yang maksimal, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen maksimal 4 jam sekali. Khususnya jika kamu sering berkeringat dan berada di luar ruangan untuk waktu lama.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel