1. Lifestyle
  2. 8 Tips Memilih Menu Sahur Agar Badan Tidak Lemas
Lifestyle

8 Tips Memilih Menu Sahur Agar Badan Tidak Lemas

8 Tips Memilih Menu Sahur Agar Badan Tidak Lemas

Menu Sahur Sehat (Special)

Ladiestory.id - Menjaga asupan makanan merupakan salah satu hal penting agar tubuh tetap sehat dan segar, terutama saat menjalankan ibadah puasa. Tak hanya saat berbuka saja, makanan yang dikonsumsi saat sahur juga memiliki kontribusi yang besar dalam menjaga kebugaran tubuh kita.

Oleh sebab itu, memilih makanan saat sahur merupakan hal yang penting, karena akan menjadi sumber energi selama berpuasa. Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa tips cara memilih makanan sehat untuk sahur agar badan tetap sehat dan tidak lemas saat berpuasa.

Karbohidrat Kompleks

Menu Sahur Sehat (Special)

Meningkatkan asupan kalori pada saat sahur memang sangat penting. Hal tersebut akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Namun, jangan semua karbohidrat yang Kamu tingkatkan, hindari untuk meningkatkan karbohidrat nasi atau mi.

Kamu bisa menggantinya dengan karbohidrat kompleks seperti oat yang kaya akan serat. Selain itu, Kamu bisa konsumsi nasi merah atau umbi-umbian lain yang mengandung serat alami.

Makanan Tinggi Protein

Menu Sahur Sehat (Special)

Menambahkan protein ke dalam menu sahur akan menjadi pilihan yang baik untuk membantu tubuh lebih berenergi. Konsumsi protein yang tinggi dapat membantu menjaga jaringan tubuh dan imunitas agar tidak mudah lelah, meski seharian berpuasa.

Kamu bisa konsumsi beberapa bahan makanan yang mengandung protein tinggi misalkan daging ayam tanpa kulit, daging sapi, ikan dan susu rendah lemak.

Konsumsi Lemak Sehat

Menu Sahur Sehat (Special)

Sumber energi dalam tubuh lainnya berasal dari lemak. Kamu bisa konsumsi lemak yang sehat saat sahur, agar tubuh tetap kuat dan tidak lemas saat berpuasa.

Lemak sehat dapat membuat Kamu merasa kenyang sepanjang hari, sehingga puasa akan lebih berstamina. Makanan yang mengandung lemak sehat diantaranya kacang-kacangan atau biji-bijian, dan alpukat.

Konsumsi Buah

Menu Sahur Sehat (Special)

Mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin dan mineral terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah dapat mengubah cadangan makanan menjadi energi serta dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, konsumsi buah juga mampu mencegah terjadinya dehidrasi selama berpuasa. Kamu bisa konsumsi tiga porsi buah seperti jeruk, pir, melon atau buah lainnya.

Konsumsi Makanan Zat Besi dan Magnesium

Menu Sahur Sehat (Special)

Nutrisi lain yang bisa Kamu tambahkan ke dalam menu sahur adalah zat besi dan magnesium. Dua nutrisi tersebut sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh sebagai sumber energi, dan mencegah anemia saat berpuasa. Zat besi bisa Kamu dapatkan dalam ikan atau sayur bayam. Sedangkan magnesium bisa Kamu dapatkan saat mengkonsumsi kacang-kacangan.

Hindari Minuman Manis Ketika Sahur

Menu Sahur Sehat (Special)

Mengkonsumsi minuman manis pada saat sahur memang terasa nikmat. Minuman manis juga bisa memberi tambahan energi. Namun, hal tersebut tidak disarankan, karena energi yang dihasilkan dari gula pasir yang dilarutkan akan cepat hilang dan membuat tubuh menjadi cepat lemas.

Saat sahur lebih disarankan mengkonsumsi air putih lebih banyak sebagai cadangan cairan selama berpuasa. Hindari konsumsi minuman manis seperti kopi, teh terlalu banyak karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Hindari Makanan Berminyak

Menu Sahur Sehat (Special)

Saat sahur sebaiknya hindari makanan berminyak seperti gorengan, karena memiliki kandungan minyak yang tinggi. Mengkonsumsi makanan berminyak saat sahur akan membuat tubuh mudah merasa mengantuk pada siang hari.

Selain itu konsumsi minyak berlebih bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang.

Suplemen Makanan

Menu Sahur Sehat (Special)

Bagi Kamu yang memiliki aktivitas padat saat bekerja. Mengkonsumsi suplemen makanan saat sahur dapat membantu Kamu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Pilih suplemen makanan yang mengandung vitamin, mineral dan omega-3 sehingga tubuh tetap sehat dan bugar sampai menjelang buka puasa.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel