1. Lifestyle
  2. Ternyata, Ini 5 Penyebab Perut Buncit yang Sering Kamu Lakukan Tanpa Sadar
Lifestyle

Ternyata, Ini 5 Penyebab Perut Buncit yang Sering Kamu Lakukan Tanpa Sadar

Ternyata, Ini 5 Penyebab Perut Buncit yang Sering Kamu Lakukan Tanpa Sadar

Ilustrasi perut buncit. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah mengalami perut buncit? Jika iya, bisa jadi karena kamu melakukan beberapa penyebab perut buncit secara tidak sadar. 

Perut buncit terjadi karena tubuh mengalami penumpukan lemak di area perut. Lemak ini biasa disebut sebagai lemak viseral. Meski terlihat sepele, nyatanya kondisi ini jika dibiarkan bisa menyebabkan penyakit obesitas hingga masalah kesehatan jantung. Nah, kira-kira apa saja sih penyebab perut buncit yang sering kamu lakukan tanpa sadar? Yuk, simak lima daftarnya berikut ini. 

Makan Ketika Emosi Tidak Stabil

Ilustrasi Makan. (Special)

Penyebab perut buncit yang sering kamu lakukan tanpa sadar pada urutan pertama adalah makan ketika emosi tidak stabil. Misalnya, kamu tengah bersedih atau marah. Kemudian, melampiaskannya dengan mengkonsumsi makanan manis sebanyak mungkin yang kamu bisa. 

Ternyata, kebiasaan ini dapat menjadi penyebab perut buncit. Kondisi semacam ini disebut dengan emotional eating. Dimana kamu mengkonsumsi makan bukan hanya untuk mengatasi rasa lapar. Namun, sebagai bentuk pengalihan perhatian yang tujuannya menenangkan. Sayangnya, ketika kamu melakukan ini secara berlebihan justru hanya akan membuat tubuh mudah mengalami kegemukan dan obesitas. 

Tidak Melakukan Olahraga dengan Teratur

Ilustrasi Malas Berolahraga. (Special)

Siapa nih yang merasakan perut buncit tanpa tahu penyebabnya? Bisa jadi, karena kamu tidak melakukan olahraga dengan teratur. Kok bisa ya?

Nah, ternyata olahraga yang kurang tepat bisa menyebabkan perut buncit. Oleh karenanya, kamu wajib mengetahui lingkar pinggang untuk menemukan jenis olahraga dan durasi yang pas. Sehingga, frekuensi olahraga bisa dilakukan lebih teratur dan terhindar dari perut buncit. 

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Ilustrasi Makanan Junkfood. (Special)

Penyebab perut buncit yang sering kamu lakukan tanpa sadar berikutnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak. Gorengan seringkali menjadi pilihan yang tepat kapan saja dimana saja. Sebab, sensasi panas, gurih dan pedasnya sebuah daya tarik tersendiri.

Alhasil, ketika mengkonsumsinya sebagian orang tidak sadar telah menghabiskan dalam jumlah banyak. Padahal, setiap gorengan mengandung kalori, lemak, hingga garam yang tinggi. Ketiga hal tersebut lah yang merupakan faktor utama penyumbang masalah perut buncit, obesitas hingga masalah kesehatan jantung. 

Jarang Mengkonsumsi Air Putih

Ilustrasi Minuman. (Special)

Apakah kamu mengalami perut buncit dan jarang mengkonsumsi air putih? Jika iya, maka dua hal ini adalah faktor utama yang saling berkaitan. Mengapa bisa?

Ternyata, hasil studi dai Frontiers in Nutrition menemukan bahwa dehidrasi ringan mengakibatkan penurunan lipolisis yang menyebabkan adanya perubahan hormonal. Sehingga, mengkonsumsi air putih menjadi hal yang sangat penting dan berperan dalam lembaga berat badan supaya berada dalam kondisi ideal. Sebab, terjadi percepatan lipolisis yang membantu proses pembakaran lemak tubuh untuk menjadi energi.

Sering Makan Ketika Larut Malam

Ilustrasi Makan Larut Malam. (Special)

Penyebab perut buncit yang sering kamu lakukan tanpa sadar terakhir adalah sering makan ketika larut malam. Bagi kamu yang sering begadang, mungkin kebiasaan ini paling sering kamu lakukan tanpa sadar. Bahkan, dengan dalih hanya sesekali dan tidak sering.

Ternyata, kebiasaan ini dapat memicu terjadinya perut buncit. Sebab, waktu malam hari yang seharusnya dilakukan untuk beristirahat. Namun, kamu gunakan untuk makan maka akan membuat proses pembakaran kalori dan mengubah lemak menjadi energi tidak optimal. 

Tak hanya itu, kondisi ini juga menimbulkan GERD dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, kebiasaan telat makan dan terbiasa berbaring usai makan juga menimbulkan perut buncit. Hal ini dikarenakan adanya perubahan gravitasi sehingga tubuh kesulitan untuk menarik makanan di perut menuju organ pencernaan selanjutnya. 

Itulah informasi mengenai penyebab perut buncit yang sering kamu lakukan tanpa sadar. Nah, semoga melalui pembahasan kali ini kamu bisa lebih sadar dan mulai menghindar. Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel