Terinspirasi dari Sosok Raden Saleh, Begini Seragam Defile Tim Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo

Senin, 29 Juli 2024 | 09:56:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Terinspirasi Dari Sosok Raden Saleh, Begini Seragam Defile Tim Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo

Seragam Defile Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (Instagram.com/_wms_)

Ladiestory.id - Sejumlah atlet Indonesia saat ini tengah bertolak ke Paris, Prancis, untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024, yang secara resmi dibuka pada Jumat (26/7/2024 pukul 17:45 waktu setempat, atau pada Sabtu (27/7/2024) pada pukul 00:45.

Nantinya, sebanyak 14 atlet dan ofisial ikut serta dalam defile ini, termasuk Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie, atlet judo Maryam March Maharani sebagai pembawa bendera Merah Putih, pembalap sepeda Bernard Bernjamin van Aert, serta dua atlet renang Azzahra Permatahani dan Joe Aditya.

Pada opening ceremony Olimpiade, para atlet Indonesia akan mengenakan seragam defile yang dirancang oleh Didit Hediprasetyo.

Seragam Defile Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (Instagram.com/_wms_)

Seragam defile kontingan Indonesia untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024 tak didesain secara sembarangan.

Desain busana tim Indonesia dikerjakan dengan teknik tangan berkualitas tinggi serta menggabungkan modernitas dengan kesederhanaan filosofi tradisional Indonesia.

Karya Didit Hediprasetyo memberikan perspektif baru pada desain yang memuliakan performa atletik sekaligus kekayaan budaya.

Setiap koleksi busana tersebut adalah bentuk penghormatan terhadap warisan budaya Indonesia, sejalan dengan asal usul para atlet, serta membangkitkan semangat persatuan dan nasionalisme. Inspirasi utama dari koleksi ini adalah sosok Raden Saleh, pelukis Romantisme asal Jawa.

Pakaian pria menampilkan denim dan beludru Indonesia yang pudar, memadukan gaya jaket biker dengan Beskap tradisional Jawa, dengan jahitan rumit dan garis-garis kulit merah-putih, dilengkapi dengan hiasan kepala Blangkon kontemporer dari kulit dan denim.

Seragam Defile Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (Instagram.com/_wms_)

Sedangkan seragam wanita memadukan Kebaya Kutubaru dan celana panjang sebagai jumpsuit merah-putih berbahan beludru dan jersey yang menyerap keringat.

Seragam defile tersebut menciptakan tampilan yang sporty namun elegan, ideal untuk Parade of Nations 2024 yang unik, di mana para delegasi akan berlayar menyusuri sungai Seine dengan perahu, bukan berjalan kaki di stadion seperti biasanya.

Jersey atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (Instagram.com/_wms_)

Tidak hanya seragam defile, Didit Hediprasetyo juga merupakan desainer yang merancang jersey kontingen Indonesia yang akan digunakan untuk bertanding di Olimpiade Paris 2024.