Terbukti Secara Sains, Ini Manfaat Berhubungan Seks Bagi Kesehatan Wanita

Senin, 8 Januari 2024 | 13:40:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Terbukti Secara Sains, Ini Manfaat Berhubungan Seks Bagi Kesehatan Wanita

Ilustrasi Pasangan. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Menurut organisasi kesehatan dunia, WHO (World Health Organization), kesehatan seksual yang mencakup orientasi seksual, identitas gender, ekspresi seksual, hubungan dan kesenangan, merupakan hal mendasar bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara menyeluruh.

Melansir Healthnews, penelitian membuktikan bahwa hubungan seksual terbukti memiliki dampak positif bagi kesehatan biologis maupun psikologis wanita. 

Berikut manfaat hubungan seksual bagi wanita yang telah terbukti secara ilmiah.

Perkuat Otot Dasar Panggul

Ilustrasi. (Pexels.com/Kindel Media)

 

Hubungan seks pada wanita terbukti dapat memperkuat otot dasar panggul karena bisa meningkatkan aliran darah ke area tersebut dan mengerutkan otot selama orgasme. Hal ini sangat berpengaruh baik bagi wanita karena otot dasar panggul yang kuat dapat mencegah inkontinensia (ketidakmampuan untuk mengontrol keluarnya urine dari kandung kemih).

Lebih Bahagia

Ilustrasi. (Pexels.com/Radu Florin)

 

Peneliti mengungkapkan bahwa seorang wanita yang berhubungan seks dengan frekuensi satu minggu sekali adalah yang paling bahagia. Penelitian ini dilakukan terhadap lebih dari 25 ribu orang Amerika dari tahun 1989 hingga 2012.

Namun, dalam penelitian itu disebutkan bahwa seseorang yang melakukan hubungan seks lebih dari satu kali dalam seminggu, tidak meningkatkan kebahagiaan. Peneliti mengatakan bahwa peningkatan kebahagiaan berasal dari keintiman yang diberikan oleh pasangan, bukan dari banyaknya hubungan seks yang dilakukan.

Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

 

Hubungan seks terbukti dapat meningkatkan fungsi otak seorang wanita. Sebuah penelitian yang meneliti seks dan otak menemukan bahwa wanita berusia 50 hingga 90 tahun yang melakukan hubungan seks, memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan hubungan seks.

Sementara itu, studi lain juga menyebutkan bahwa wanita berusia 18 hingga 29 tahun yang melakukan hubungan seksual lebih baik dalam mengingat kata-kata abstrak, sehingga menunjukkan bahwa hubungan seks dapat meningkatkan daya ingat wanita.

Kurangi Hot Flashes

Ilustrasi. (Pexels.com/RDNE Stock Project)

 

Sebuah penelitian pada tahun 2007 mengungkapkan bahwa hubungan seks dapat meredakan hot flashes (rasa panas) yang dialami seseorang. Hot flashes merupakan sensasi atau perasaan hangat yang tiba-tiba muncul di tubuh bagian atas terutama wajah, leher, dan dada yang umumnya dialami wanita yang telah menopause. 

Seorang wanita yang sering berhubungan seks dengan pasangan, mengalami hot flashes yang lebih ringan dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan hubungan seks.

Kurangi Sakit Kepala

Ilustrasi. (Pexels.com/)

 

Ilmuwan menemukan bahwa hubungan seks dapat membantu meringankan sakit kepala. Sebuah penelitian menemukan bahwa 60% orang yang berhubungan seks saat mengalami migrain melaporkan bahwa gejala mereka telah membaik bahkan hilang sama sekali. Namun, hanya ada 37% orang yang berhubungan seks saat mereka sedang sakit kepala.

Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi. (Pexels.com/Marcus Aurelius)

 

Mereka yang mengalami orgasme bersama pasangannya dilaporkan memiliki kualitas tidur malam yang lebih baik. Peningkatan kualitas tidur sedikit lebih baik saat bersama pasangan dibandingkan masturbasi dalam keadaan sendiri.

Tingkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi. (Pexels.com/)

 

Dari pengamatan 2.204 orang pada tahun 2016, menemukan bahwa kualitas hubungan seks yang baik dapat membantu kesehatan kardiovaskular pada wanita. 

Tentunya kesehatan kardiovaskular yang baik memiliki banyak manfaat pada wanita, seperti meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko hipertensi, osteoporosis, serta diabetes.