1. Travel
  2. Catat, Ini Lokasi Kwetiau Goreng Ayam Ternikmat di Jogja
Travel

Catat, Ini Lokasi Kwetiau Goreng Ayam Ternikmat di Jogja

Catat, Ini Lokasi Kwetiau Goreng Ayam Ternikmat di Jogja

Ilustrasi mie. (Special)

Ladiestory.d - Kwetiau jadi makanan Tionghoa yang banyak diminati. Dari segi bentuk, sekilas berbentuk seperti mie namun agak lebih lebar. Sedangkan dari segi rasa tentu memiliki cita rasa yang berbeda.

Beberapa tempat makan kwetiau goreng ayam enak dapat ditemukan di Yogyakarta yaitu:

1. Kwetiau Kalimatan

Ilustrasi Kwetiau Kalimantan. (Special)


Kelezatan makanan buatan rumah ini memiliki bentuk yang kenyal dengan perpaduan kuah gurih kental, potongan daging, sawi dan taoge. Sedangkan lokasinya beralamat di di Pringgokusuman GT II/ 169, Yogyakarta Selain itu, makanan ini biasanya disajikan dengan potongan daging ayam, babi, atau campur kemudian disertai dengan sawi dan taoge untuk menutupi kwetiau.

Fakta unik lainnya,disini kita dapat menemukan berbagai jenis kwetiau dari Kalimantan yang berukuran sedang, Medan dengan ukuran yang lebih tipis dan kwetiau Bangka yang lebih tebal.

Bicara tentang keamanan sudah menjadi pilihan nomor satu karena dibuat secara tradisional, tanpa bahan pengawet, sehingga hanya dapat bertahan selama dua hari. Setelah itu, kwetiau menjadi lembek dan hancur.

Sekalipun salah satu jenis chinese food, namun masakan ini memiliki cita rasa rumahan dengan dengan bumbu yang sederhana. Kwetiau Kalimantan satu-satunya restoran yang memiliki cita rasa berbagai daerah. 

Biasanya restoran ini buka setiap hari pukul 12.30-22.00. Ruang makannya tak terlalu luas sehingga cukup nyaman untuk bersantap. Jika tidak ingin keramaian, usahakan untuk datang di siang hari atau menghindari malam. 

2. Mie Thoyonk

Ilustrasi Mie Thoyonk. (Special)

 
Salah satu tempat yang tidak asing adalah Mie Ayam Pak Thoyonk atau Mie Pigura. Tempat makan yang berlokasi di Prof Herman Yohanes. Selain mudah dijangkau, tempat ini menyediakan berbagai menu pilihan dari mie ayam, tapi juga ada nasi goreng, bakmi, hingga kwetiau goreng.

Banyak pengunjung yang datang karena sudah jatuh cinta dengan cita rasa menu yang ditawarkan dengan varian menu yang menarik.

Meskipun terkenal dengan menu mie ayamnya, tapi kwetiau goreng di tempat ini tidak kalah enak. Kwetiau yang disediakan dengan irisan daging ayam, telur dan bakso membuat rasanya semakin nikmat, apalagi diberikan tambahan acar.

Jika dilihat dari porsinya nampak cukup mengenyangkan perut dalam menyelamatkan dari kelaparan di tengah malam.

Harganya terjangkau dengan porsi yang sesuai sehingga banyak orang khususnya mahasiswa yang datang ke warung ini. Warung makan Pak Thoyonk biasanya buka dari jam 5 sore hingga jam 12 malam.

Usahakan untuk tidak datang saat jam makan, karena pembeli yang datang cukup banyak sehingga ada kemungkinan harus antre dengan pembeli lain ketika ingin makan menu andalan dari Mie Thoyonk. Warung makanan ini bukan hanya enak, tapi sudah berdiri lama sejak 1989 muncul dan ramai dikunjungi warga lokal maupun wisatawan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel