1. Beauty
  2. Teknologi AI & AR Kini Dapat Identifikasi Masalah Kulit dengan Akurasi Lebih Tinggi
Beauty

Teknologi AI & AR Kini Dapat Identifikasi Masalah Kulit dengan Akurasi Lebih Tinggi

Teknologi AI & AR Kini Dapat Identifikasi Masalah Kulit dengan Akurasi Lebih Tinggi

Ilustrasi Kulit Wajah Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, layanan yang personal telah menjadi kebutuhan bagi para konsumen, dan mereka memiliki ekspektasi bahwa brand dan perusahaan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Ini tercermin dalam laporan State of the Connected Customer edisi keenam oleh Salesforce, yang menyebutkan bahwa 65% konsumen memiliki ekspektasi bahwa brand dan perusahaan dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan preferensi mereka.

Hal ini merupakan tantangan yang harus dipenuhi oleh brand kecantikan dan penyedia layanan kecantikan, baik klinik kecantikan dan medical spa. Jika tertinggal, maka konsumen berpotensi untuk beralih ke brand atau penyedia layanan kecantikan lainnya. Apalagi dalam laporan yang sama disampaikan bahwa saat ini semakin banyak brand yang telah bergerak cepat untuk mewujudkan ekspektasi tersebut.  

Salah satu layanan personal yang dapat disediakan untuk konsumen adalah analisis kulit yang efektif dan efisien agar memberi hasil akurat, yang dapat dilakukan dengan penerapan teknologi AI dan AR (augmented reality). Sebagai informasi, dalam sepuluh tahun terakhir, kedua teknologi ini telah digunakan oleh dunia medis untuk menganalisis berbagai masalah kulit berdasarkan foto kulit pasien dan bank data, mulai dari jerawat, psoriasis, dan eksim.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, teknologi AI dan AR yang canggih kini juga dapat digunakan oleh brand dan penyedia layanan kecantikan untuk menganalisis kulit konsumen. Layanan ini membantu mendeteksi masalah di kulit wajah konsumen, sehingga dapat memberi rekomendasi produk dan/atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan kulit konsumennya.

Potensi AI dan AR yang besar dalam menganalisis kulit membuat Perfect Corp, penyedia teknologi kecantikan dan fesyen AI dan AR terkemuka serta pengembang solusi 'Beautiful AI’, terus berinovasi untuk mengembangkan solusi analisis kulit yang dapat digunakan oleh brand dan penyedia layanan kecantikan untuk para konsumen mereka. Untuk itu, Perfect Corp meluncurkan HD Skin Analysis yang memperbarui solusi Skin Analysis yang sudah ada dengan pemindai kulit dengan definisi lebih tinggi.

HD Skin Analysis memberi hasil dengan akurasi tinggi karena pemanfaatan algoritma AI yang presisi. Model AI yang baru dilatih menganalisis kumpulan data gambar dengan definisi dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan definisi standar. Dengan keunggulan ini, HD Skin Analysis dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalah kulit dengan akurasi lebih tinggi, sehingga brand dan penyedia layanan kecantikan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang kebutuhan perawatan kulit dari setiap konsumen.

Inovasi ini juga dapat mendeteksi masalah kulit berdasarkan area wajah. Hasil analisisnya membuat AI dapat memberi gambaran lebih detail tentang kulit wajah konsumen, sehingga dapat memberikan rekomendasi perawatan kulit  wajah yang tepat.

Teknologi AI di HD Skin Analysis dilengkapi dengan perangkat AR yang dapat menampilkan penandaan kulit untuk memberi visual yang sangat detail tentang masalah kulit konsumen. Kombinasi keduanya memberi:

  • Penandaan yang lebih tepat: Masalah-masalah di kulit ditampilkan dengan sangat jelas, sehingga konsumen dapat mengetahui area wajah yang membutuhkan fokus perawatan kulit.

  • Peningkatan kejernihan: Kulit ditampilkan dengan jelas dan tajam untuk meningkatkan pemahaman tentang kulit wajah.

Fitur-fitur ini tak hanya bermanfaat bagi konsumen dengan memberi wawasan tentang kulit wajah mereka, tapi juga bagi brand, ahli kecantikan, dan dokter kulit karena mereka dapat memberikan rekomendasi perawatan kulit wajah yang tepat bagi konsumen sesuai masalah kulit yang teridentifikasi.

"Di Perfect Corp., kami terus-menerus mengeksplorasi apa yang mungkin dilakukan dalam Skin AI,” kata Alice Chang, Founder dan CEO Perfect Corp.

“Solusi HD Skin Analysis yang baru saja kami perbaharui ini mewakili suatu kemajuan yang signifikan. Dengan melatih model AI menggunakan gambar berdefinisi 2x lebih tinggi, kami dapat meningkatkan presisi dan personalisasi agar konsumen dapat  mencapai tujuan perawatan kulit mereka. HD Skin Analysis memungkinkan brand perawatan kulit, ahli kecantikan medis, dan dokter kulit untuk menawarkan perawatan terbaik berdasarkan kasus per kasus," ujarnya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel