Tekanan Darah Rendah Saat Menstruasi? Simak Tips Hadapinya!

Kamis, 11 Juli 2024 | 17:31:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Tekanan Darah Rendah Saat Menstruasi? Simak Tips Hadapinya!

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir tiap perempuan, pasti mengalami beberapa gejala saat sedang menstruasi. Mulai dari kram, pusing, hingga rasa lelah luar biasa. Selain itu, pada beberapa perempuan juga ada yang mengalami tekanan darah rendah.

Gejala dari tekanan darah rendah adalah merasa pusing saat berdiri dan ingin pingsan. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengelola stres, dan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi.

Melansir Healthshots, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi tekanan darah rendah saat menstruasi.

Tetap Terhidrasi

Ilustrasi Perempuan Minum Air. (Freepik.com)

 

Dehidrasi dapat memperburuk tekanan darah rendah, terutama saat menstruasi, dan gejala lain seperti pusing, dan mual. Untuk mengatasi gejala-gejala ini, tetap terhidrasi dengan minum banyak air sekitar 2 hingga 3 liter sehari sangatlah penting. 

Selain itu, air kelapa dan air jeruk nipis juga bisa membantu. Hindari minuman tinggi gula seperti minuman berkarbonasi dan jus buah kalengan serta hindari kafein dan alkohol berlebihan, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Tetap Aktif

Ilustrasi Perempuan Bergerak Aktif. (Freepik.com)

 

Pastikan untuk melakukan aktivitas fisik ringan hingga sedang secara teratur seperti jalan kaki, yoga, meditasi, atau latihan pernapasan dalam setidaknya selama 30 menit sehari. 

Selama berolahraga, detak jantung akan mulai meningkat, mendorong jantung untuk memompa lebih banyak darah kaya oksigen dan meningkatkan tingkat tekanan darah. Selalu dengarkan tubuh dan hindari aktivitas berat jika merasa terlalu lelah selama menstruasi.

Perbanyak Asupan Garam

Ilustrasi Perempuan Makan. (Freepik.com)

 

Peningkatan asupan garam dan natrium berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, asupan garam dalam jumlah sedang selama menstruasi dapat membantu mengelola dan menjaga tekanan darah rendah. 

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa makanan asin harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. Sertakan acar buatan sendiri, dan gorengan buatan sendiri, sebagai pilihan untuk asupan natrium cukup tinggi dan yang terpenting diimbangi dengan konsumsi air minum yang cukup.

Kelola Stres

Ilustrasi Perempuan Sedang Stres. (Freepik.com)

 

Stres adalah salah satu penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi yang diketahui. Namun, hal ini juga dapat memperburuk gejala tekanan darah rendah dan ketidaknyamanan menstruasi. Latih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, yoga, atau latihan peregangan lembut untuk membantu mengelola tingkat stres selama menstruasi.

Makan Makanan Kaya Zat Besi

Ilustrasi Perempuan Makan Makanan Zat Besi. (Freepik.com)

 

Pendarahan menstruasi yang banyak dapat menyebabkan hilangnya zat besi dan anemia, yang dapat memperburuk gejala tekanan darah rendah. Gabungkan makanan kaya zat besi seperti bayam, daging merah, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya untuk menjaga kadar zat besi dan mendukung sirkulasi darah yang sehat.