1. Health
  2. Tekan Prevalensi Kebutaan Akibat Katarak, BCA Gelar Operasi Katarak di Cianjur
Health

Tekan Prevalensi Kebutaan Akibat Katarak, BCA Gelar Operasi Katarak di Cianjur

Tekan Prevalensi Kebutaan Akibat Katarak, BCA Gelar Operasi Katarak di Cianjur

BCA Gelar Operasi Katarak di Cianjur. (Dok. BCA)

Ladiestory.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melanjutkan komitmennya terhadap penurunan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia, dengan melaksanakan bakti sosial operasi katarak di RSUD Sayang, Cianjur, pada Sabtu (26/10). Bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI), kegiatan ini disiapkan untuk menjangkau 300 mata dari masyarakat di Kota Cianjur dan sekitarnya.

Seremoni pembukaan acara bakti sosial operasi katarak BCA ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr. Cecep Juhana, Wakil Direktur Pendidikan & Pengembangan Mutu RSUD Sayang Kabupaten Cianjur dr. Sanny Sanjaya, Bendahara SPBK PERDAMI dr. Rio Rhendy, serta Kepala Operasional KCU BCA Cianjur Pierdijono Hartono. 

BCA Gelar Operasi Katarak di Cianjur. (Dok. BCA)

 

“Melalui Bakti Kesehatan, BCA telah lama berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan angka prevalensi katarak, mengingat kondisi ini masih menjadi salah satu penyebab utama gangguan penglihatan di Indonesia. Dalam implementasinya, kami senantiasa bekerja sama dengan SPBK PERDAMI untuk menyelenggarakan program bakti sosial operasi katarak. Kali ini, kami menyelenggarakan bakti sosial di Cianjur, untuk memberikan harapan kepada masyarakat setempat untuk tetap menjaga kesehatan, tetap produktif, dan terus berkontribusi aktif bagi masyarakat," ujar EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn.

Bakti sosial operasi katarak BCA di Cianjur dimulai dengan agenda skrining untuk memeriksa kesiapan fisik pasien, dilanjutkan dengan tindakan operasi bagi pasien yang memenuhi kriteria, dan diakhiri dengan kontrol pascaoperasi untuk memastikan pemulihan yang optimal. Besarnya kebutuhan akan operasi katarak di kota ini, menjadikan Cianjur salah satu kota yang BCA pilih untuk penyelenggaraan bakti sosial katarak.

BCA Gelar Operasi Katarak di Cianjur. (Dok. BCA)

 

Program baksos operasi katarak telah rutin dilakukan BCA sejak 2001 di hampir seluruh daerah di Indonesia. Hingga akhir 2023, program operasi katarak dari Bakti BCA telah memberikan manfaat kepada lebih dari 8.100 pasien. Sementara sejak awal tahun 2024 hingga saat ini, lebih dari 650 pasien telah mendapatkan perbaikan kondisi penglihatan setelah mengikuti operasi katarak dari BCA bersama SPBK PERDAMI di 6 lokasi, yakni:
1. Namrole, Maluku
2. Banda Neira, Maluku
3. Pasangkayu, Sulawesi Barat
4. Bengkulu Tengah, Bengkulu
5. Kota Banjar, Jawa Barat
6. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Di samping rutin mengadakan operasi katarak, BCA juga secara proaktif memberikan dukungan dengan menyediakan bantuan alat-alat operasi katarak untuk mendukung SPBK PERDAMI, serta beberapa cabang PERDAMI. Lewat kolaborasi kuat bersama SPBK PERDAMI, program bakti sosial operasi katarak diharapkan dapat melaksanakan prosedur dengan memanfaatkan teknologi, meminimalkan risiko dan memaksimalkan hasil yang positif.

BCA melalui Bakti BCA juga senantiasa berupaya memberdayakan setiap individu agar hidup lebih sehat, dengan memberikan akses berkualitas kepada masyarakat kurang mampu. Prinsip ini diyakini dapat menciptakan individu mandiri dan sehat yang mampu memajukan komunitasnya, sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan. Sejumlah inisiatif yang telah dilakukan Bakti BCA di bidang Kesehatan di antaranya pemberian bantuan biaya pengobatan bagi lebih dari 159.000 pasien di Klinik Binaan Bakti BCA, "Bakti Sehat untuk Balita", "Edukasi Pencegahan Stunting kepada Remaja", dan donor darah. BCA juga bekerja sama dengan BKKBN dan mitra lainnya dalam program PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia) untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan edukasi pencegahan stunting serta penerapan gaya hidup sehat di 4 provinsi di Indonesia yaitu Banten, Kalimantan Barat, NTT, dan Jawa Timur.

Sebagai informasi, BCA baru saja menerima penghargaan dengan nominasi Aksi Keberlanjutan Bank Unggul dan Berdampak dari Detik Awards. Penghargaan ini diberikan kepada Bakti BCA atas sejumlah program yang dilaksanakan seperti Bakti Kesehatan, Bakti Pendidikan, Bakti Budaya, Desa Bakti BCA, dan Bakti Lingkungan, yang memberikan dampak besar kepada masyarakat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel