1. Mom & Kids
  2. Tantangan dan Tips Menjadi Mama Muda Millennials
Mom & Kids

Tantangan dan Tips Menjadi Mama Muda Millennials

Tantangan dan Tips Menjadi Mama Muda Millennials

zaskia mecca dan anak-anaknya. (IDN Times)

Ladiestory.id - Menikah di usia muda menjadi pilihan atau keinginan sebagian orang. Menikah di usia muda memiliki tantangan tersendiri, terutama bagi Kamu yang ingin menjadi seorang mama muda.

Namun sebelum Kamu menjadi seorang ibu atau mama muda, Kamu harus mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang mama muda.

Tantangan dan Tips Menjadi Mama Muda

Mengetahui tantangan atau hal-hal yang akan Kamu hadapi setelah mempunyai anak merupakan hal utama yang mesti Kamu ketahui. Hal tersebut akan membantu Kamu dalam mempersiapkan mental sebagai mama muda, dan solusi bagaimana cara menghadapinya.

Bagaimana Kamu yakin sudah siap menjadi mama muda? Simak terus penjelasan tentang tantangan menjadi mama muda, serta solusinya, ya.

1. Perubahan Bentuk Tubuh

bentuk tubuh
Ilustrasi Perubahan Bentuk Tubuh. (Special)

 

Perubahan pertama yang sangat mencolok adalah bentuk tubuh yang awalnya langsing saat ini  melebar. Kehamilan dan menyusui merupakan dua hal yang memberikan perubahan pada bentuk tubuh.

Kamu mesti kerja ekstra keras untuk menurunkan berat badan dan mengembalikan tubuh seperti semula. Jika Kamu bergabung di kelas aerobik atau gym, perlu ada penyesuaian waktu karena tidak bisa meninggalkan anak sesukanya kalau tidak ada yang menjaga.

2. Extra Sabar

Salah satu hal paling berat menjadi mama muda adalah ketika anak mulai tantrum di muka umum. Menjadi mama muda memang perlu serba ekstra, salah satu ekstra yang lain adalah ekstra sabar. Kamu tidak bisa lagi menikmati shopping, karena harus menjaga anak yang lari-lari di mal.

3. Selalu Mendahulukan Anak

Akan tiba masanya di mana Kamu harus memilih membeli sepatu baru atau down payment untuk uang sekolah anak. Saat menjadi mama muda, segala sesuatu pasti akan mendahulukan kebutuhan anak. Membeli makeup, fashion, atau belanja-belanja, akan menjadi urutan terakhir setelah kebutuhan anak terpenuhi semua.

4. Mulai Membandingkan Anak dengan Anak Lainnya

Kamu juga akan merasakan perbandingan yang sering dilakukan orangtua kepada anak-anaknya. Perasaan tidak mau kalah jika  anak teman lebih keren dandanannya, atau masuk ke play group di mana fasilitasnya lebih mewah dan menarik , serta hal-hal lainnya yang akan sering Kamu banding-bandingkan secara sadar atau tidak.

5. Tidak Bisa Traveling On the Spot Lagi

Satu hal yang paling terasa saat menjadi mama muda adalah Kamu tidak bisa melakukan perjalanan mendadak seperti yang sering dilakukan sebelum mempunyai anak. Pastinya, Kamu tidak mungkin meninggalkan anak atau membawanya ikut ke acara pendakian gunung, atau berkemah di hutan.

Banyak sekali ya, tantangan menjadi mama muda, namun Kamu tidak perlu optimis dengan semua hal tersebut karena semua tantangan pasti ada solusinya. Berikut beberapa tips menjadi mama muda yang bisa Kamu coba untuk menghadapi tantangan-tantangan di atas:

1. Hindari Stres dan Perluas Pengetahuan tentang Parenting

membaca buku
Ilustrasi perempuan membaca buku. (Special)

Banyak hal yang berubah dalam hidup ketika menjadi seorang mama muda, tak sedikit orang mengalami stres karena perubahan tersebut. Hal utama yang mesti Kamu lakukan sebagai mama muda adalah menghindari stres.

Jangan teralu serius dalam menghadapi situasi yang baru, berusahalah tetap rileks sambil menikmati momen yang ada. Ketahuilah momen bersama si kecil akan menjadi hal yang paling menarik dalam hidupmu.

Selain itu, Kamu perlu menambah pengetahuan tentang dunia parenting. Hal ini sangat berguna ketika Kamu menjadi mama muda, Kamu akan mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan ketika menghadapi anak tantrum, komposisi makan anak, dan yang lainnya. Ketika Kamu sudah siap dengan semua pengetahuan tentang parenting, maka Kamu tidak perlu takut untuk menjadi mama muda.

2. Dukungan dari Pasangan

keluarga bahagia
Ilustrasi dukungan pasangan. (Special)

Menjadi mama muda tentunya perlu dukungan, terutama dukungan dari pasangan atau suami. Sebab, untuk mendidik anak diperlukan kerja sama antara suami dan istri.

Jadi, Kamu bisa menjalin komunikasi yang intens dengan suami, dan Kamu juga bisa mengutarakan pendapat Kamu tentang hal-hal yang berhubungan dengan si kecil. Dengan begitu, suami akan membantu Kamu dalam menghadapi tantangan menjadi mama muda.

3. Terapkan Pola Hidup Sehat

Mama muda tetap bisa memiliki bentuk tubuh yang ideal. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Menjaga asupan dan pola makan merupakan hal utama dalam menjaga kesehatan.

Makanan yang seimbang antara karbohidrat, protein, sayur, buah, dan air putih akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuhmu.

Idealnya, seseorang diharuskan berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Namun, jika tidak mempunyai waktu sebanyak itu, sempatkan aktivitas membersihkan rumah atau joging saat menemani si kecil bermain di taman pada pagi atau sore hari. Selain sehat, Kamu juga memiliki waktu yang berkualitas bersama si kecil.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel