1. Health
  2. Kenali 5 Tanda Sinusitis Akut yang Diidap Ashanty
Health

Kenali 5 Tanda Sinusitis Akut yang Diidap Ashanty

Kenali 5 Tanda Sinusitis Akut yang Diidap Ashanty

Ashanty dan Anang Hermansyah. (instagram.com/ashanty_ash)

Ladiestory.id - Belum lama ini penyanyi Ashanty sempat mengalami kondisi kesehatan yang memburuk. Bahkan, istri dari Anang Hermansyah tersebut harus dilarikan ke rumah sakit. Belakangan, diketahui bahwa yang menyebabkan kondisi kesehatannya memburuk adalah karena ia mengidap sinusitis akut.

Menurut Ashanty, ini baru pertama kali ia mengalami sinusitis akut. Ia juga tidak pernah menyangka akan mengidap penyakit ini. Hal ini dikarenakan sebelumnya ia hanya mengalami batuk dan flu. Seiring berjalannya waktu, kesehatannya semakin menurun dan membuatnya pusing serta sesak napas.

Ladies, belajar dari kasus Ashanty ternyata ada beberapa gejala dari penyakit sinusitis akut. Nah, kamu perlu mengetahui beberapa gejala tersebut agar kamu bisa melakukan deteksi lebih dini. Berikut ini lima gejala sinusitis akut yang telah dirangkum Ladiestory.id.

Flu dan Batuk

Ilustrasi batuk. (Special)

Penderita sinusitis akut akan mengalami flu dan batuk sebagai gejala awal. Gejala flu yang dialami juga sama seperti flu pada umumnya, yaitu pilek dan hidung tersumbat. Hanya saja jika pada flu biasa pilek dan hidung tersumbat hanya terjadi sekitar empat hari.

Namun pada sinusitis akut, penderita bisa merasakan pilek dan hidung tersumbat lebih dari seminggu. Selain itu, penderita juga akan mengalami batuk dan demam. Dari hidung juga akan keluar cairan kental berwarna kuning atau kehijauan. 

Jika kamu mengalami tanda awal berupa flu dan batuk lebih dari seminggu dan tak kunjung sembuh, maka sebaiknya kamu bisa pergi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah termasuk gejala sinusitis atau bukan. Selain itu, dokter juga akan memberikan resep obat untuk mengatasi gejala tersebut. 

Sakit Tenggorokan

Penyebab Tenggorokan Gatal (Special)

Jika sinusitis tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Cairan sinus akan mengalir ke bagian belakang tenggorokan dan menimbulkan peradangan. 

Peradangan yang terjadi pada tenggorokan akan membuat penderita mengalami batuk terus menerus disertai dengan bau mulut yang tidak sedap. Bahkan penderita juga akan mengalami kondisi yang lebih buruk yaitu batuk secara terus menerus tanpa henti saat malam hari atau setelah bangun tidur. 

Nyeri Wajah

Bahaya rebahan setelah makan. (Special)

Gejala selanjutnya yang dirasakan oleh penderita sinusitis adalah merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian wajah. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan cairan pada bagian belakang tulang wajah.

Sehingga menyebabkan rasa nyeri pada tulang mata dan hidung. Bahkan, dapat menyebabkan pembengkakan pada area wajah dan membuat penglihatan menjadi kabur. 

Sakit Kepala

Ilustrasi pusing. (Special)

Penderita sinusitis juga akan merasakan sakit kepala yang berat seperti tertindih. Dan akan menjadi semakin parah jika kepala digerakkan. Sakit kepala yang dirasakan oleh penderita sinusitis dengan migrain tentu berbeda.

Pada sinusitis, penderita akan merasakan sakit kepala yang luar biasa disertai dengan wajah membengkak dan telinga terasa penuh. Bahkan tak jarang penderita sinusitis juga akan mengalami muntah saat membungkukkan badan. 

Indra Penciuman Berkurang

Titik Pijat Redakan Pilek dan Pusing (Special)

Gejala terakhir yang mengindikasikan bahwa seseorang menderita sinusitis adalah berkurangnya indra penciuman. Hal ini dapat disebabkan karena adanya penumpukan lendir sehingga membuat hidung tersumbat.

Lendir tersebut juga menyebabkan bagian sinus menjadi bengkak sehingga menghalangi reseptor bau pada bagian hidung. Bahkan penderita bisa saja mengalami penurunan indra penciuman hingga 60 persen, lho. Selain itu, terkadang ditemukan juga penurunan indra perasa pada penderita sinusitis. 

Ladies, itulah beberapa tanda jika seseorang mengidap sinusitis akut. Nah, jika kamu mengalami tanda tersebut maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, ya. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel