1. Beauty
  2. 5 Tanda Maskara Sudah Kedaluwarsa, Jangan Sepelekan Dampaknya!
Beauty

5 Tanda Maskara Sudah Kedaluwarsa, Jangan Sepelekan Dampaknya!

5 Tanda Maskara Sudah Kedaluwarsa, Jangan Sepelekan Dampaknya!

Ilustrasi Maskara. (Special)

Ladiestory.id - Semua perempuan pasti mengenali produk kecantikan yang satu ini, yaitu maskara. Karena kurang lengkap rasanya jika dalam  berdandan tanpa menggunakan maskara untuk menonjolkan bagian mata.

Maskara yang berfungsi sebagai kosmetik untuk mempercantik bulu mata ini, seringkali tidak diketahui risiko dalam penggunaannya. Apalagi  jika sudah melewati  waktu kedaluwarsa. 

Penggunaan maskara memang tidak terlalu sering jika dibandingkan dengan produk kosmetik lainnya seperti bedak. Terutama bagi mereka yang tidak perlu berpenampilan cetar untuk menunjang aktivitasnya. Alhasil maskara lama-kelamaan akan terlupakan untuk digunakan dan tanpa sadar sudah melewati masa kedaluwarsanya. 

Tahukah kamu, jika produk maskara yang sudah kedaluwarsa bisa  membahayakan mata saat digunakan? Yup, maskara yang kedaluwarsa bisa menyebabkan gangguan pada mata yang disebut blefaritis, yaitu peradangan di bagian kelopak mata yang bisa memengaruhi bulu mata hingga produksi air mata.

Tentunya kamu tidak mau kan mengalami kondisi demikian? Maka dari itu, ketahui tanda-tanda maskara kedaluwarsa berikut ini.

Berbau Tidak Sedap

Tanda-tanda Maskara Kedaluwarsa. (Special)

Maskara yang dibeli akan berbeda baunya jika sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Maskara kedaluwarsa akan berbau tidak sedap atau sangat mengganggu ketika dicium.

Nah, kalau sudah seperti ini jangan tunggu lagi untuk membuang maskara kamu ya, Ladies. Segeralah ganti dengan maskara yang baru.

Tekstur Sudah Berubah

Tanda-tanda Maskara Kedaluwarsa. (Special)

Maskara dengan tekstur yang bagus saat dibeli akan menempel pada bulu mata dengan sempurna dan terasa nyaman saat digunakan.

Biasanya teksturnya ini agak cair dan kental. Tetapi, jika tekstur dari maskara sudah berubah menjadi gumpalan dan susah untuk menempel di bulu mata, maka itu tandanya maskara sudah kedaluwarsa.

Sudah Mengering

Tanda-tanda Maskara Kedaluwarsa. (Special)

Tanda-tanda lain yang bisa kamu perhatikan saat maskara sudah kedaluwarsa yaitu sudah mulai mengering. Produk kecantikan yang satu ini dalam penggunaannya lama-lama memang akan mengering.

Oleh karena itu, selalu perhatikan produk kosmetik yang kamu gunakan. Karena setiap produk memiliki ciri-ciri yang berbeda saat sudah mendekati waktu kedaluwarsa, seperti salah satunya maskara.

Kamu bisa searching di Google dengan melakukan riset kecil-kecilan tentang produk kosmetik yang digunakan. Hal ini akan berguna tentunya, apalagi bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif. 

Usia Pemakaian Sudah Lebih dari Tiga Bulan

Tanda-tanda Maskara Kedaluwarsa. (Special)

Biasanya ketika perempuan membeli alat kosmetik, cenderung suka ditumpuk atau sekaligus dalam jumlah banyak. Namun usahakan di saat setelah membeli produk kecantikan ini, catat tanggal berapa kamu membukanya. Biasanya untuk setiap produk kosmetik akan berbeda waktu pemakaiannya.

Untuk produk maskara biasanya hanya bertahan sebentar, yaitu sekitar tiga bulan saja. Jadi jika kamu merasa sudah menggunakan produk maskara selama tiga bulan, segeralah ganti dengan yang baru.

Jangan pura-pura lupa kalau produk ini sudah lebih dari tiga bulan pemakaian, hanya karena sayang untuk membuangnya. Sebaiknya lagi kamu juga jangan nekat memakainya, jika tidak ingin timbul efek negatif bagi kulit di sekitar matamu.

Timbul Iritasi Saat Digunakan

Tanda-tanda Maskara Kedaluwarsa. (Special)

Tanda-tanda yang satu ini  sangat perlu untuk diperhatikan. Maskara yang sudah kedaluwarsa akan sangat tidak nyaman saat digunakan sehingga membuat kulit di sekitar mata dan bulu mata mengalami iritasi.

Jika sudah seperti ini, segeralah ganti dengan maskara yang baru dan jangan menggunakannya lagi.

Itu tadi tanda-tanda maskara sudah kedaluwarsa yang perlu kamu perhatikan. Memperhatikan masa pakai seperti ini tidak hanya berlaku untuk maskara saja, tetapi juga untuk produk kecantikan kamu yang lainnya.

Agar jangan sampai kecolongan, usahakan untuk mencatat tanggal berapa produk kecantikan yang dimiliki dibuka. Tak hanya itu, lakukan juga riset berapa lama waktu pemakaian dari produk tersebut, sehingga kamu tidak akan menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa.

Karena produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa dan dipaksakan untuk digunakan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan penggunanya.  Entah itu jangka pendek ataupun jangka panjang.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel