1. Lifestyle
  2. Tanda Kesuksesan Itu Jika Tabunganmu Melimpah! 5 Cara Konsisten Menabung Inilah Kuncinya
Lifestyle

Tanda Kesuksesan Itu Jika Tabunganmu Melimpah! 5 Cara Konsisten Menabung Inilah Kuncinya

Tanda Kesuksesan Itu Jika Tabunganmu Melimpah! 5 Cara Konsisten Menabung Inilah Kuncinya

Menabung adalah hak dan kewajiban setiap orang. Menjadi penabung yang handal juga tak memerlukan bakat alami kok, Ladies. Siapapun bisa menabung asal punya niat dan mau melakukannya. Termasuk, merelakan beberapa kebiasaan boros yang kerap membelanjakan uang hanya untuk membeli segala yang diinginkan dan bukan dibutuhkan. Memang, menabung itu tidaklah mudah. Sebab, kamu perlu menjadi seorang yang fokus dan disiplin agar bisa menjadi penabung yang konsisten dan berhasil. Lantas, bukan berarti seorang yang kerap boros sepertimu tidak bisa menabung. Bisa kok, asalkan kamu mau mengubah pandanganmu tentang uang dan belajar konsisten. Berikut ini ada 5 cara konsisten menabung agar tabunganmu melimpah!

1. Buatlah daftar yang berisi kebutuhan dan keinginan

Buatlah daftar yang berisi kebutuhan dan keinginan
sumber: freepik.com

Kamu bisa memulainya dengan mengambil selembar kertas, atau mencatatnya di ponsel pintarmu, atau bahkan di laptopmu. Lalu, buatlah daftar tentang apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginanmu. Misalnya, segala yang disebut kebutuhan adalah apa yang benar-benar kamu butuhkan, jika kamu tidak memiliki barang atau jasa itu, maka kamu akan merasakan kesulitan ketika bertahan hidup. Sementara, yang disebut dengan keinginan, adalah segala yang sekadar kamu inginkan saja. Jadi, kalau pun benda-benda itu tidak kamu miliki, kamu bisa tetap hidup dengan aman dan nyaman.

Kalau kamu masih bingung membedakan keduanya, Ladiestory beri contohnya deh, yang dimaksud kebutuhan, seperti ponsel, laptop untuk bekerja, makan dan minum, jas hujan atau payung, jaket tebal musim dingin, kemeja untuk bekerja, dan lainnya. Sedangkan, yang disebut keinginan adalah blouse koleksi terbaru dari perancang favorit, tote bag dengan ilustrasi kekinian, satu rangkaian lipstik dengan 10 shade berbeda supaya bisa merasakan apa yang dirasakan beauty vlogger ketika memakai lipstik beraneka warna namun tidak dimanfaatkan sebagai lahan penghasilan, dan lain sebagainya.

2. Tracking keluar dan masuknya uangmu

Tracking keluar dan masuknya uangmu
sumber: freepik.com

Selanjutnya, kamu perlu membuat pelacakan uang masuk dan uang keluar setiap kali akan menggunakan uang atau menabungnya. Sudah banyak aplikasi money tracking yang bisa kamu unduh secara gratis di PlayStore atau App Store. Nah, kamu perlu menuliskan dari mana saja uangmu berasal, misalnya dari gaji bulanan ketika bekerja di perusahaan A, lalu ada juga penghasilan dari freelance di perusahaan B, atau kiriman bulanan dari ayah di London, dan sebagainya. Setelah itu, kamu juga mesti menuliskan untuk apa saja kamu mengeluarkan uangmu, misalnya untuk transport naik ojek online saat bertemu teman, atau untuk membeli skincare bulanan, dan lainnya. Sebaiknya, buatlah pelacakan sedetail mungkin ya, Ladies.

3. Buatlah rekening tabungan yang baru dari bank yang sama dengan rekening pendapatan

Buatlah rekening tabungan yang baru dari bank yang sama dengan rekening pendapatan
sumber: freepik.com

Sebaiknya, hindari menyatukan tabungan pribadi dengan rekening untuk menerima transferan gaji bulanan atau penghasilan tambahan. Buatlah rekening tabungan baru dari bank yang sama agar ketika kamu mentransfer uang ke rekening tabungan, kamu tak perlu membayar biaya transfer alias gratis. Nah, kalau kamu sudah membuat rekening yang baru, kamu bisa konsisten untuk menabung setiap hari dengan cara mentransfernya secara langsung lewat mobile banking, Ladies. Tapi, usahakan tidak menggunakan aplikasi mobile banking untuk rekening tabunganmu, ya.

4. Pangkas keinginanmu, alihkan dengan sesuatu yang lebih murah bahkan gratis

Pangkas keinginanmu, alihkan dengan sesuatu yang lebih murah bahkan gratis
sumber: freepik.com

Jika kamu terbiasa untuk nonton film setidaknya 3 kali sebulan, sebaiknya pangkas kebiasaanmu itu menjadi 1 kali sebulan saja. Kamu juga bisa menonton film lain dari Youtube atau aplikasi film streaming lainnya dengan harga yang lebih murah, kok. Contoh lainnya, kalau kamu terbiasa ngopi di kafe yang cozy dengan back sound musik lagu-lagu jazz, kamu juga bisa kok membuat “kafe” di rumahmu sendiri. Kamu tinggal membuat kopi atau kentang goreng sendiri di rumah, sambil menyalakan lagu-lagu jazz dari ponsel, dan siapkan pengharum ruangan dengan aroma kopi yang bisa digunakan selama satu bulan. Tentu, dengan begitu kamu pun akan lebih hemat.

5. Say no to credit card!

Jangan pernah mau membuat credit card!
sumber: freepik.com

Ingatlah, Ladies, bahwa yang namanya belanja pakai kartu kredit itu sama saja dengan berhutang. Tentu kamu tak mau kan, kalau nilai hutangmu lebih besar dari pendapatan? Terlebih, ingatlah keinginanmu untuk membesar nilai tabungan. Jadi, jangan mau kalah dengan rayuan sales kartu kredit dan segala janjinya. Lagipula, daripada kamu membeli sesuatu secara kredit, akan lebih baik jika kamu bersabar sembari menabung untuk punya uang yang cukup untuk membelinya. Jadi, kamu pun tak perlu pusing membayar cicilan yang adalah hutang!

Selain menjadi tanda kesuksesan, 5 cara konsisten menabung tadi juga punya banyak manfaat untukmu. Misalnya saja, mengajarimu untuk bersabar, konsisten, dan tentu punya uang banyak di masa depan! Selamat menabung, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel