1. Lifestyle
  2. Cemas Dapat Notif WA? 5 Tanda Gejala WhatsApp Anxiety yang Tidak Disadari
Lifestyle

Cemas Dapat Notif WA? 5 Tanda Gejala WhatsApp Anxiety yang Tidak Disadari

Cemas Dapat Notif WA? 5 Tanda Gejala WhatsApp Anxiety yang Tidak Disadari

Ilustrasi tanda WhatsApp anxiety. (Special)

Ladiestory.id - WhatsApp merupakan aplikasi media sosial yang bermanfaat untuk memudahkan kita berkomunikasi jarak jauh. Apalagi saat ini pekerjaan dilakukan dari rumah atau work from home (WFH).

Namun siapa sangka, dengan segala manfaat dari WhatsApp, rupanya memiliki sisi negatif yang berdampak bagi mental seseorang. Ada yang namanya kondisi WhatsApp anxiety, di mana seseorang merasa cemas jika ada pesan WhatsApp tentang pekerjaan.

Sebab pada dasarnya, tidak ada 'aturan sosial' bagi penggunaan WhatsApp. Namun memang ada beberapa mindset yang tertanam dalam menggunakan sarana elektronik tersebut.

Bagi beberapa orang, pesan pekerjaan melalui WhatsApp terlihat seperti momok yang mengerikan. Rasa cemas akibat slow respon, memikirkan hal penting apa yang terjadi, hingga kerjaan yang datang meski di luar jam kerja.

Oleh sebab itu, beberapa hal inilah yang menyebabkan gangguan WhatsApp anxiety. Beberapa orang tidak menyadari gangguan tersebut sebab menganggap hal yang lumrah. Yuk ketahui lima gejala WhatsApp anxiety.

Gelisah Melihat Notifikasi Grup Kantor

Ilustrasi tanda WhatsApp anxiety. (Special)

WhatsApp memudahkan untuk kita berkomunukasi terutama dalam hal pekerjaan. Terlebih ada fitur grup yang bisa digunakan tanpa harus mengirim pesan ke satu demi satu orang. Di dalam grup WhatsApp kita bisa berdiskusi ataupun memberikan informasi mengenai pekerjaan

Namun siapa sangka, beberapa orang merasa terganggu jika melihat notifikasi grup kantor. Biasanya mereka akan merasa gelisah dan cemas jika muncul notifikasi.

Padahal belum tentu, pesan dari grup tersebut ditujukan untuk Kamu. Namun tetap saja, Kamu merasa gelisah jika dalam grup WhatsApp tersebut membahas suatu topik pekerjaan. Jika Kamu gelisah melihat notifikasi WhatsApp dari grup kantor, bisa jadi Kamu menderita WhatsApp anxiety.

Berharap Segera Mendapat Balasan

Ilustrasi tanda WhatsApp anxiety. (Special)

Pernah tidak Kamu merasa cemas saat menunggu balasan WhatsApp? Namun bukan ketika Kamu menunggu balasan chat dari doi ya, melainkan dari kolega atau rekan kerja.

Follow our
media updates!

Nah tanda lain Kamu mengidap WhatsApp anxiety adalah berharap mendapat balasan dari rekan kerja secepat mungkin. Sebelum chat-mu dibalas, Kamu akan merasa cemas dan tidak tenang. Bahkan Kamu akan tetap menunggu balasan chat tersebut meskipun sudah di luar jam kerja.

Susah Konsentrasi Saat Menerima Chat Pekerjaan

Ilustrasi tanda WhatsApp anxiety. (Special)

Tanda selanjutnya orang yang mengidap WhatsApp anxiety adalah sulit berkonsentrasi ketika menerima chat mengenai pekerjaan. Misalnya, Kamu sedang melakukan pekerjaan atau aktivitas A. Tiba-tiba Kamu mendapat pesan WhatsApp mengenai pekerjaan.

Kamu langsung tidak bisa fokus dan konsentrasi dengan aktivitas A yang sedang Kamu kerjakan tadi. Kamu akan terditraksi dan merasa tidak tenang sembari memikirkan pesan pekerjaan tersebut.

Tentu saja, perasaan ini akan menurunkan kualitas berpikir hingga memicu terjadinya stres. Pada akhirnya akan membuat orang merasa tidak nyaman.

Mengecek Handphone Terus Menerus

Ilustrasi tanda WhatsApp anxiety. (Special)

WhatsApp anxiety juga ditandai dengan Kamu yang akan sering melihat ponsel. Kamu akan terus mengecek apakah ada pesan yang bersangkutan dengan pekerjaan atau tidak.

Meskipun itu di luar jam kerja ataupun hari libur, Kamu akan cemas jika ada pesan masuk yang membahas mengenai pekerjaan. Namun Kamu akan tetap berpikir keras dan berusaha untuk membalas chat tersebut.

Kepikiran dan Merasa Bersalah Jika Belum Membalas Chat

Ilustrasi tanda WhatsApp anxiety. (Special)

Sebenarnya merupakan hal yang wajar jika pesan di WhatsApp tidak langsung dibalas. Hal ini disebabkan oleh beberpaa faktor, salah satunya karena tidak selalu kita membuka ponsel.

Namun bagi penderita WhatsApp anxiety, rasa bersalah dan cemas akan timbul jika belum membalas pesan tersebut. Bahkan tak jarang bagi penderita merasa jantung berdebar hingga kepikiran sepanjang hari.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel