1. Health
  2. 5 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan
Health

5 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan

5 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Ilustrasi ruangan dengan tanaman. (special)

Ladiestory.id - Kehadiran tanaman hias dalam suatu ruangan tentunya akan memberikan dampak positif pada penghuninya. Dengan menatap tanaman hijau selama beberapa jam, dapat membantu Kamu merasa rileks, dan menenangkan pikiran.

Saat ini ada beragam jenis tanaman hias yang bisa diletakkan dalam ruangan. Tak hanya untuk keindahan saja, ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa menghasilkan oksigen meski berada di dalam ruangan. Hal ini tentunya akan bermanfaat sekali untuk kesehatan.

Kamu tetap bisa merasakan kesegaran oksigen alami meski berada di dalam ruangan. Nah, penasaran tanaman hias apa saja yang bisa bertahan dalam ruangan dan bermanfaat bagi kesehatan? Ladiestory.id mernagkum beberapa tanaman hias yang punya manfaat untuk kesehatan.

1. Peace Lily

Ilustrasi Peace Lily. (special)

Tanaman hias Peace Lily mampu membuat ruanganmu tampil lebih segar dan indah. Pesona kelopak putih dan daun hijau tanaman ini tak hanya menyejukkan mata saja. Peace Lily memiliki kemampuan untuk menyerap zat kimia beracun dalam suatu ruangan. Selain itu, Peace Lily juga mampu mengurangi spora jamur yang terbawa oleh udara.

Seperti yang diketahui, spora jamur dapat mengganggu kesehatan, di antaranya bisa menyebabkan alergi, hingga sesak pernapasan. Oleh sebab itu menempatkan Peace Lily dalam ruangan merupakan suatu keputusan yang tepat. Kamu bisa membuat ruangan lebih indah, segar dan juga sehat.

2. Lidah Mertua

Ilustrasi Lidah Mertua. (special)

Bagi Kamu yang menyukai tanaman hias, tapi tidak punya banyak waktu untuk mengurusnya, tanaman lidah mertua bisa menjadi solusinya. Tanaman yang memiliki nama lain Sansevieria atau Snake Plant ini tidak membutuhkan banyak perawatan.

Selain itu, lidah mertua juga bisa menyaring udara yang berbahaya bagi kesehatan, misalnya karbondioksida, benzena dan formalin. Kamu bisa menanam lidah mertua dalam pot dan meletakkanya di sudut ruangan agar udara bersih dan segar.

3. Bunga Lavender

Ilustrasi Bunga Levender. (special)

Umumnya tanaman lavender sering ditanam di taman, atau di pekarangan rumah. Namun ternyata tanaman hias tersebut bisa juga ditanam menggunakan pot sehingga dapat diletakkan dalam ruangan.

Mengandung minyak esensial yang begitu wangi, membuat lavender sangat cocok digunakan untuk relaksasi di rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di sudut kamar mandi.

Nikmati sensasi berendam sambil menghirup aroma lavender, dapat membantu Kamu menenangkan pikiran sehingga lebih fresh. Tak hanya itu, aroma dari lavender terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk.

4. Tanaman Pachira atau Money Plant

Ilustrasi Tanaman Pachira. (special)

Jenis tanaman hias yang satu ini cukup populer di kalangan pecinta tanaman. Pasalnya sebagian orang percaya bahwa tanaman hias ini bisa mendatangkan aura positif, atau feng shui yang baik yang berkaitan dengan keuangan.

Selain memiliki bentuk yang unik, perawatannya juga tidak ribet. Tanaman ini tidak membutuhkan cahaya matahari secara langsung, Kamu hanya perlu menyiramnya satu minggu sekali. Simpel banget, 'kan? Kamu bisa memiliki tanaman hias yang unik serta udara di ruanganmu juga akan jadi lebih sejuk.

5. Tanaman Hias Ivy

Ilustrasi Daun Ivy. (special)

Tanaman hias ivy atau sering disebut daun ivy merupakan salah satu tanaman hias gantung. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan memiliki bentuk serta corak daun yang unik.

Meski membutuhkan perawatan cukup ekstra, tanaman ini mampu menyaring racun di udara serta mengurangi spora jamur. Selain itu tanaman ini juga bisa mengobati penderita asma dan meredakan gejala stres.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel