1. Mom & Kids
  2. Tak Cuma Lezat, Ini 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil Agar Janin Selalu Sehat
Mom & Kids

Tak Cuma Lezat, Ini 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil Agar Janin Selalu Sehat

Tak Cuma Lezat, Ini 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil Agar Janin Selalu Sehat

Berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan memanglah sebuah kewajiban bagi umat muslim. Terlebih bagi siapapun yang memiliki jiwa dan raga yang sehat, tak terkecuali ibu hamil. Meskipun harus menahan hasrat untuk makan dan minum, berpuasa nyatanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho, Ladies. Tentunya, hal itu juga berdampak baik untuk ibu hamil. Misalnya saja, menghindarkan ibu hamil dari risiko kelebihan berat badan, serta dapat menyehatkan jantung. Akan tetapi, ketika berbuka puasa ibu hamil tetap harus memperhatikan makanan apa saja yang layak dikonsumsi agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Lantas, apa saja sih menu buka puasa yang tepat untuk ibu hamil?

1. Salad alpukat, mangga, pisang

Asupan kaya serat dan vitamin seperti buah dan sayur sangat dibutuhkan ibu hamil. Seperti halnya alpukat yang bisa membantu mengurangi rasa mual, serta dapat meningkatkan perkembangan otak janin. Begitu pula dengan mangga yang mengandung vitamin c yang dapat membantu menghindari risiko cacat lahir pada janin, serta kandungan dalam pisang yang dapat menjaga tekanan darah ibu hamil menjadi stabil. Nah, untuk dapat mengonsumsi perpaduan ketiganya, kamu bisa membuat salad buah yang terdiri dari alpukat, mangga, dan pisang, sebagai menu buka puasamu, Ladies.

 

2. Sayur bening bayam dan jagung

Siapa yang tidak senang menyantap hidangan berkuah bening seperti sayur bayam dan jagung? Makanan utama yang satu ini tak hanya bisa melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil, tetapi juga bisa membuat tenggorokan terasa segar setelah belasan jam berpuasa. Tak cuma itu, sayuran yang mengandung vitamin A, C, dan K ini juga dapat membantu memenuhi asam folat dan zat besi yang sangat dibutuhkan ibu hamil sepertimu, lho.

3. Spaghetti carbonara dengan salmon

Selain buah dan sayur, ibu hamil juga butuh mengonsumsi segala jenis makanan yang mengandung susu, keju, daging sapi, dan salmon segar. Nah, jika kamu yang sedang hamil juga sekaligus pencinta pasta, kamu bisa menyiapkan spaghetti carbonara dengan salmon sebagai menu buka puasamu, Ladies. Pastikan susu dan keju yang kamu gunakan juga masih segar dan tidak terlalu lama disimpan dalam lemari es, ya.

4. Sate ayam saus kacang

Hampir setiap orang di negeri ini menyukai sate ayam. Bahkan, kebanyakan turis yang lagi mampir ke Indonesia juga kerap menjadikan sate ayam sebagai makanan khas favoritnya. Ibu hamil pun juga boleh banget mengonsumsi sate ayam dengan saus atau sambal kacang yang lezat. Sebab, ibu hamil memang disarankan mengonsumsi daging ayam dan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang merah, atau kacang almond untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkannya. Tapi, ada baiknya jika kamu mengonsumsi sate ayam dengan saus kacang yang tidak terlalu banyak mengandung minyak, ya!

5. Tumis labu siam dengan ayam suwir

Tak ada salahnya menyatukan sayur dan daging menjadi satu masakan yang enak dan menyehatkan. Seperti halnya memasak labu siam dengan daging ayam suwir yang ditumis dengan sedikit minyak. Menu buka puasa yang satu ini tentu akan membuat ibu hamil dan janinnya bisa tumbuh sehat dan bahagia. Jika bosan, kamu bisa mengganti labu siam dengan jenis sayuran lainnya, seperti jagung, buncis, dan kembang kol. Selain rasanya sama-sama enak, berbagai jenis sayuran ini juga sangat kaya akan nutrisi lho, Ladies!

Jadi, menu buka puasa untuk ibu hamil yang mana nih yang akan kamu santap saat berbuka nanti?

*sumber foto cover: freepik.com
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel