1. Health
  2. Susah Tidur? Ini Sleep Hacks Dari Berbagai Dunia Yang Bisa Kamu Coba
Health

Susah Tidur? Ini Sleep Hacks Dari Berbagai Dunia Yang Bisa Kamu Coba

Susah Tidur? Ini Sleep Hacks Dari Berbagai Dunia Yang Bisa Kamu Coba

Ilustrasi susah tidur. (Pinterest.com/sparkpeople)

Ladiestory.id - Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting. Bagi kamu yang gampang tidur di mana saja bisa menjadi salah satu keuntungan yang belum tentu orang lain rasakan. 

Banyak orang yang kesusahan saat ingin tidur, bahkan dalam kondisi lelah pun ia tetap tidak bisa memejamkan matanya. Jika ia berhasil tidur biasanya akan merasa gelisah seperti terganggu, efeknya orang tersebut tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan tak produktif saat beraktivitas. 

Berikut cara mendapatkan waktu tidur dengan menerapkan budaya di berbagai negara.

Rendam Kaki - China

Ilustrasi rendam kaki. (Pinterest.com/juicingforhealth)

Menurut Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM), merendam kaki dengan air hangat yang dicampurkan berbagai bahan seperti garam epsom, kulit buah, minyak esensial. Cara ini bagus untuk melepas lelah, menenangkan pikiran hingga melemaskan urat-urat kaki yang tegang karena dipakai untuk berjalan.

Tradisi yang dilakukan sebelum tidur ini juga berfungsi melemaskan sistem limbik yang akan memberi sinyal ke otak dan tubuh untuk rileks.

Konsumsi Oat dan Susu - Swedia

Ilustrasi oat susu. (Pinterest.com/everblossom)

 

 

Trik klasik turun temurun yang dilakukan orang Swedia adalah memakan Valling. Olahan makan ini merupakan sebuah susu hangat yang dicampur dengan oat, tradisi ini bahkan juga diikuti, baik oleh orang dewasa dan anak-anak.

Susu hangat sendiri diketahui dapat menyebabkan kantuk karena mengandung zat senyawa seperti triptofan, magnesium, melatonin hinggan serotonin.  

Sauna - Finlandia

Ilustrasi sauna. (Pinterest.com/wellgood)

 

 

Tradisi pengantar tidur versi Finlandia adalah sauna di malam hari. Hal ini bisa meningkatkan suhu tubuh, melemaskan otot yang membuat kamu akan mengantuk.

Sauna juga memiliki manfaat kesehatan seperti pemulihan otot depresi dan kecemasan, penyakit arteri perifer hingga gagal jantung kongestif. Sebelum sauna, pastikan kamu minum banyak air putih agar tidak dehidrasi. 

Tidur di Shikibuton - Jepang

Ilustrasi kasur shikibuton. (Pinterest.com/sparkpeople)

 

Shikibuton adalah kasur khas Jepang yang tak hanya menghemat ruangan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kasur yang dibuat dari katun atau wol ini diyakini dapat membantu mencegah atau meringankan nyeri pinggang dan memberikan menjaga area tulang belakang.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel