Simak, 5 Manfaat Kunyit untuk Wajah dan Cara Pakainya yang Benar

Minggu, 19 Mei 2024 | 19:38:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Simak, 5 Manfaat Kunyit Untuk Wajah Dan Cara Pakainya Yang Benar

Ilustrasi kunyit bubuk. (Special)

Ladiestory.id - Kamu tentu sudah tak asing dengan nama kunyit bukan? Namun, pernahkah kamu mengetahui manfaatnya? 

Ternyata, selain berguna dalam melezatkan masakan bahan alami ini juga bisa membuat wajah lebih sehat dan glowing. Bahkan, sejak dahulu masyarakat menggunakannya secara tradisional sebagai perawatan kulit. 

Nah, untuk kamu yang belum pernah mencobanya maka artikel ini sangat tepat. Karena, kamu akan diajak untuk mengetahui beragam manfaat dan juga cara pakainya. 

Rempah satu ini memiliki kandungan utama berupa antioksidan, antimikroba hingganatiiflasmi. Kombinasi ini tentu sangat bermanfaat dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit bukan? 

Jadi, buat kamu yang enasara wajib simak pembahasannya sampai akhir ya. Beirkut inia dalah informasi lengkapnya yang sudah dirangkum dari skinkraft.com khusus unuk kamu, ladies!

Membuat Wajah Glowing Alami

Ilustrasi Wanita dengan Wajah Glowing.(Canva)

 

Manfaat kunyit untuk wajah yang pertama adalah membuatmu tampak glowing alami. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada kunyit. Alhasil, membantu mengurangi adanya flek hitam hingga mencegah hiperpigmentasi.

Tak berhenti disitu, ada juga kandungan berupa anti inflamasi yang membantu mencegah kemerahan serta iritasi di kulit. Sehingga, efeknya membantu ecnarkan kilau menawan wajahmu secara alami. Menarik, bukan?

Mengobati Masalah Jerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (Freepik)

 

Jika kamu tengah mengalami masalah kulit berjerawat. Maka, kunyit bisa adi obat alami yang tepat. 

Diketahui terdapat kandungan berupa bakteri cutibacterium acnes. Kandungan ini kemudian bekerja secara efektif dalam mencegah bakteri jerawat berkemabng biak.

Selain itu, ada juga kandungan aktif bernama kurkumin yang memproduksi antioksidan. Hal inilah yang kemudian menantu mencegah jerawat, mengurangi peradangan, kemerahan hingga membantu menyembuhkan kulit secara perlahan dan optimal.

Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Ilustrasi Wajah Awet Muda. (Spesial)

 

Manfaat kunyit untuk wajah berikutnya yaitu mencegah munculnya tanda penuaan. Hal ini tentu sangat membahagiakan bagi kamu yang kerap terpapar sinar matahari maupun radikal bebas. Mengapa begitu?

Adanya kurkumin dengan kadar antioksidan yang tinggi di dalamnya memberi banyak manfaat. Salah satunya meningkatkan produksi kolagen alami kulit. 

Kandungan tersebut kemudian membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda penuaan seperti garis halus, kerutan maupun bintik hitam di wajah. Selain itu, tuut menantu meregenerasi sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. 

Melembabkan Kulit Wajah

Ilustrasi Kulit Lembap. (iStock)

 

Seiring bertambahnya usia dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Kamu tentu kenapa merasakan kulit yang mudah kering dan kusam bukan? 

Jika saat ini masalah ini tengah kamu hadapi. Maka, menggunakan kunyit sebagai perawatan kulit adalah solusi yang tepat. 

Adanya kandungan berupa kurkumin didalamnya berfungsi dalam membersihkan sel kulit mati dan mersnagnrang regenesasinya secara otpimal. Alhasil, membuat kulit lebih segar lembab dan cerah. Selain itu, bahan alami ini juga tidak menyebabkan iritasi atau efek samping lainnya. 

Menyamarkan Lingkaran Hitam di Mata

Ilustrasi Mata Panda. (SHEfinds)

 

Bagi kamu yang tengah emgalami msalah lingkaran hitam di mata. Maka, kunyit bisa jadi salah satu solusi tradisional yang cocok untuk kamu coba. 

Sebab, salah satu manfaat kunyit untuk wajah adalah menyamrkan lingkaran hitam di mata. Munculnya lingkaran hitam dimata kerap dipicu oleh berbagai faktor. Beberapa diantaranya seperti kurangnya istirahat, pola makan tidak sehat hingga sering berada di depan layar komputer atau ponsel. 

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang efektif dalam mencegah munculnya lingkaran hitam dan melancarkan sirkulasi darah di area mata terbulat. Hal inilah yang kemudian membantu mengurangi adanya bengkak di wajah dan mencerahkan mata. 

Cara Pakai Kunyit untuk Wajah

Kunyit. (Freepik)

 

Usai mengetahui deretan manfaatnya, tentu tidak lengkap jika melewatkan cara pakainya. Nah, untuk kamu yang ingin mencobanya berikut ini adalah panduan lengkapnya;

Pertama, siapkan 1 sendok uyir bubuk, 1 sendok teh dan air secukupnya.

Masukan ketiga bahan dalam satu mangkuk yang sama dan aduk hingga kalis.

Berikutnya, oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan.

Diamkan masker supaya meresap selama 15 menit kedepan. 

Terakhir, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. 

Jika kamu ingin hasil yang maksimal, setelah wajah dikeringkan jangan lupa oleskan pelembab ya. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam tiap minggunya. Mudah bukan? Yuk, coba sekarang Ladies! (*)