Simak, 5 Manfaat Es Batu untuk Wajah yang Wajib Kamu Tahu!

Rabu, 14 Juni 2023 | 17:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Simak, 5 Manfaat Es Batu Untuk Wajah Yang Wajib Kamu Tahu!

Ilustrasi es batu. (Special)

Ladiestory.id - Es batu sering digunakan sebagai penyelamat ketika panas melanda bukan? Padahal, selain dijadikan minuman segar. Ternyata ada lima manfaat es batu untuk wajah lho. 

Selain bantu atasi mata yang bengkak, es batu juga dapat meredakan jerawat hingga masalah kulit lainnya. Tentunya, hal ini menjadi kabar gembira. Mengingat perawatan menggunakan es batu membuatmu tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Sebab, bahan satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di dalam kulkas rumah.

Nah, supaya tidak penasaran. Apa aja sih manfaat es batu untuk wajah? Yuk, langsung simak lima daftarnya berikut ini. 

Redakan Jerawat Membandel

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Special)

 

Manfaat es batu untuk wajah yang pertama adalah meredakan jerawat membandel. Salah satu sifat baik yang mampu mengatasi masalah ini yaitu anti-inflamasinya. Sifat inilah yang secara efektif mengurangi dan menyembuhkan jerawat. 

Selain itu, mampu menenangkan, mengurangi kemerahan hingga mengecilkan pori-pori. Bahkan, mampu mengurangi produksi sebum yang berlebih. Kamu pun bisa menggunakan es batu ketika mulai mengalami tanda awal jerawat atau bagi pemilik kulit yang mudah berjerawat.

Bantu Cerahkan Wajah

Ilustrasi wajah sehat. (Special)

 

Selain membantu mengurangi masalah jerawat, manfaat es batu selanjutnya adalah mampu mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan efek dingin pada es batu mampu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lancar dan memberikan efek cerah di wajah.

Peningkatan oksigen di area kulit karena es batu ini juga membantu memasok nutrisi secara maksimal. Tak hanya itu, menggunakan es batu dengan cara digosokkan pada area wajah juga mampu meningkatkan penyerapan produk skincare atau makeup di wajah. Sebab, terjadi peningkatan pembuluh darah kapiler yang semakin lancar.

Atasi Mata Bengkak dan Hitam

Ilustrasi mata sembap. (Special)

 

Apakah kamu sering mengalami mata bengkak dan berwarna hitam di sekitarnya? Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kurangnya waktu beristirahat atau kelelahan akibat terjadi ketegangan di area mata. 

Nah, jika kamu membutuhkan solusi cepat untuk mengatasi hal ini. Maka, kamu bisa menggunakan es batu sebagai penyelamat. Caranya sangat mudah. Kamu hanya elu mengompresnya pada area mata yang bengkak selama 1 menit. Kamu juga bisa mencampurkan kopi ubuk dan mengompreskan bersama es batu dalam kantong kompres. Sehingga, dalam waktu singkat kamu bisa kembali mendapatkan mata segar yang indah.

Kurangi Tanda Penuaan Dini

Cegah Penuaan Dini. (Special)

 

Manfaat es batu untuk wajah yang tak kalah penting adalah membantu mengurangi tanda penuaan dini. Apalagi untuk kamu yang berusia 30 tahun ke atas tentu mulai mengalami tanda seperti kerutan atau garis halus di area wajah. 

Nah, ternyata dengan menggunakan es batu setiap pagi dapat mengatasi masalah ini. Caranya cukup menggosoknya dengan teratur di area kulit. Rutinitas baik ini nyatanya mampu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lancar dan membantu mengecilkan serta mengencangkan pori-pori kulit. Alhasil, tanda penuaan bisa dikendalikan dan dicegah dengan baik.

Sebagai Eksfoliasi Wajah dan Serap Skincare Secara Maksimal

Ilustrasi eksfoliasi wajah. (Special)

 

Manfaat es batu untuk wajah yang terakhir adalah berfungsi sebagai eksfoliator wajah serta membantu penyerapan skincare secara maksimal. Efek dingin pada es batu mampu berfungsi sebagai eksfoliator yang alami dengan memberikan hasil yang instan. 

Caranya cukup oleskan es batu pada wajah dengan mencampurkannya bersama susu dengan kandungan asam laktat. Kandungan inilah yang kemudian membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan wajah. Sedangkan, dengan mengoleskannya sebelum menggunakan skincare membantu kulit lebih siap dalam menerima manfaat produk perawatan. Alhasil, efek dari produk perawatan dapat terasa lebih maksimal.