1. Entertainment
  2. “Shanghai Mooncake Festival", Old Shanghai Tampilkan Perpaduan Budaya Nusantara & Tionghoa
Entertainment

“Shanghai Mooncake Festival", Old Shanghai Tampilkan Perpaduan Budaya Nusantara & Tionghoa

“Shanghai Mooncake Festival", Old Shanghai Tampilkan Perpaduan Budaya Nusantara & Tionghoa

“Shanghai Mooncake Festival", Old Shanghai Tampilkan Perpaduan Budaya Nusantara & Tionghoa. (Dok. Old Shanghai)

Ladiestory.id - Old Shanghai kembali mengadakan “Shanghai’s Mooncake Festival” – acara tahunan yang diselenggarakan oleh Old Shanghai, Sedayu City, Kelapa Gading, dan didukung oleh Perempuan Indonesia Tionghoa (PINTI), sayap organisasi dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI); Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Acara ini akan berlangsung selama 10 sepuluh) hari, mulai dari hari Jumat (13/09) hingga Minggu (22/09).

Shanghai’s Mooncake Festival menyuguhkan sejumlah pertunjukan seni, bazar kuliner Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), panggung hiburan rakyat (kolaborasi tari-tarian, musik & budaya Tionghoa dan Nusantara), lomba menyanyi lagu Mandarin dan kegiatan doorprize dengan hadiah-hadiah menarik. Festival Mooncake, yang juga dikenal sebagai Festival Pertengahan Musim Gugur, merupakan salah satu perayaan paling penting dalam budaya Tionghoa. Dirayakan sejak 3.000 tahun lalu, festival ini melambangkan kebersamaan, kesatuan keluarga, dan rasa syukur atas panen yang melimpah.

“Shanghai Mooncake Festival", Old Shanghai Tampilkan Perpaduan Budaya Nusantara & Tionghoa. (Dok. Old Shanghai)

 

“Konsep acara 'Shanghai’s Mooncake Festival' yang diselenggarakan oleh Old Shanghai ini mengusung konsep perpaduan budaya Nusantara dan Tionghoa, dimana seluruh masyarakat dapat merayakan suasana kebersamaan dan keharmonisan di satu tempat. Acara ini bukan sekadar perayaan budaya, tetapi juga merupakan upaya kami untuk memperkuat tali persaudaraan antar komunitas serta memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat luas. Melalui berbagai kegiatan yang kami sajikan, kami berharap dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan bermakna bagi para pengunjung, sekaligus mendukung para pelaku UMKM lokal dalam mengembangkan usaha mereka," ujar Jarenta Sinaga, Operation Commercial Retail 1 Deputy Division Head - Commercial Retail 1 Sedayu City.

Acara yang berlangsung selama 10 hari ini terdiri dari berbagai macam rangkaian, seperti Wayang Hokkian (13/09), Tari Wayang Jekdong Performance (14/09), Wushu Kids Performance (15/09), Pelepasan Balon Zeppelin (17/09), Lomba Menghias Lampion (18/09), Demo Cooking Class Membuat Mooncake (19/09), Lomba Fashion Show (20/09), Barongsai Performance (21/09), Magician Show (22/09), dan banyak acara dan doorprize yang tak boleh dilewatkan.

Old Shanghai juga akan mengadakan program menarik bagi para pengunjung, berupa program penukaran struk dengan stiker “Flight to the Moon” dan mengikuti “Doorprize” yang diundi selama 5 hari untuk 200 orang pertama. Pengunjung dengan pembelanjaan minimum Rp100 ribu berhak melakukan penukaran stiker harapan khusus yang dapat ditempel pada balon Zeppelin serta mendapatkan kupon Doorprize. Periode pemasangan stiker pada Zeppelin berlangsung sejak tanggal 13 September 2024 mulai pukul 10.00 WIB hingga 17 September 2024 pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, pada tanggal 17 September 2024, balon Zeppelin akan diterbangkan menuju bulan membawa ratusan harapan pengunjung Old Shanghai pada pukul 19.30 WIB.

Berlokasi di Sedayu City Kelapa Gading, Old Shanghai mengurasi lebih dari 80 tenant (F&B dan non F&B) dimana 70%-nya merupakan tenant HALAL dan menjadi lokasi wisata kuliner dengan sajian mulai ala kaki lima, Peranakan, hingga restoran ternama legendaris, sehingga sangat cocok untuk bersantai bersama teman dan keluarga. K3 Mart, Bulgogi Yaa, PIN Grocery, Amazon, Quinn Kitchen, Laota Ge Express, Teh Kotjok adalah beberapa dari puluhan tenant lainnya yang ada di Old Shanghai. Pengunjung juga bisa menikmati potongan diskon atau harga-harga spesial yang diberikan khusus selama bulan September ini dari
tenant-tenant Old Shanghai.

Didukung arsitektur bergaya otentik suasana kota Shanghai tempo dulu, Old Shanghai kaya akan ragam spot foto yang sangat Instagramable dari mural artistik (Dragon & Phoenix, Barongsai, Kahyangan, Sun Go Kong, Chinese Opera, dan Chinese Village Kiosk), Pagoda 5 lantai, Patung Dewa-Dewi, hiasan/ornamen dinding, lampion-lampion cantik dan masih banyak lagi yang tersebar di berbagai area; Dragon Alley, Empress Garden, Dragon Gate, Tiger’s Gate, Phoenix Gate. Old Shanghai dibuka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. Khusus akhir pekan dan hari libur Nasional, Old Shanghai buka mulai pukul 07.00-23.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi akun Instagram & Tik Tok @oldshanghai.id.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel